MATERI
AJAR
Hari/
Tanggal :
Rabu, 30 Agustus 2023
Tema 2
: Bermain di Lingkungan
Subtema
2
: Bermain di Rumah
Teman
Pembelajaran : 1
dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan
mempelajari pembelajaran 1 dan 2. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan siswa dapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan benar, siswa
dapat mengidentifikasi gerak bagian kepala dengan benar. Serta siswa dapat
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah perkalian dengan
benar.
Beni datang ke rumah Udin bersama Edo, Siti, dan Lani. Mereka
memetik jambu bersama. Mereka bermain dengan riang.
Apa yang sedang dilakukan Beni dan teman-teman?
Bagaimana cara mereka memetik jambu?
Bacalah teks “Memetik Jambu di Rumah Udin” dengan lafal dan intonasi yang tepat.!
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan teks yang telah kamu baca!
1.
Apa yang dilakukan Beni dan teman-teman?
2.
Siapa saja yang ikut bermain di rumah Udin?
3.
Di mana Beni dan teman-teman memetik jambu?
4.
Bagaimana cara Beni dan teman-teman memetik
jambu?
5.
Apa yang digunakan Beni untuk memetik jambu?
Amatilah
gambar di bawah ini!
Jawaban: Jambu yang dipetik:
Beni
= 7 buah
Udin
= 7 buah
Lani
= 7 buah
Jumlah
jambu semuanya: 7 + 7 + 7 = 7 x 3 = 21
1.
Dayu mempunyai 2 buah kotak pensil.
Masing-masing kotak berisi 9 pensil.
Jumlah
pensil Dayu seluruhnya adalah:
Bentuk perkalian : ..... x .....
Hasilnya : .....
2.
Beni membeli permen beraneka rasa.
Permen tersebut dimasukkan ke dalam 7 toples.
Setiap toples berisi 7 permen.
Jumlah permen yang dibeli Beni seluruhnya
adalah?
Bentuk perkalian : ..... x .....
Hasilnya : .....
3.
Beni, Udin, dan Edo diminta meniup balon pada
acara ulang tahun Mey.
Masing-masing mereka meniup 4 balon.
Jumlah balon yang sudah ditiup adalah:
Bentuk perkalian : ..... x .....
Hasilnya : .....
4.
Di atas meja diletakkan 3 tumpuk buku.
Masing-masing tumpukan terdiri atas 8 buku.
Jumlah buku di atas meja seluruhnya adalah:
Bentuk
perkalian : ..... x .....
Hasilnya : .....
5.
Lani, Mey, Siti, dan Dayu berencana bermain
boneka bersama.
Masing-masing mereka membawa 2 boneka.
Jumlah boneka seluruhnya:
Bentuk perkalian : ..... x .....
Hasilnya : .....
Apa yang sedang dilakukan Udin dan
teman-teman?
Pernahkah kamu melakukan permainan tersebut?
Diskusikanlah bersama temanmu!
1.
Apa yang digunakan Beni dan
teman-teman dalam bermain “Lingkaran Simpai”?
2.
Benda apa yang digunakan Beni dan
temanteman dalam memetik jambu?
3.
Bagaimana bentuk benda-benda
tersebut?
4.
Bagaimana wujud benda-benda
tersebut?
Tulislah jawaban dari pertanyaan berikut!
1. Bagaimana bentuk benda padat?
2. Bagaimana ukuran benda padat?
3. Apa yang terjadi jika sebuah buku
dipindahkan dari dalam tas ke dalam lemari?
4. Bagaimana bentuk buku tersebut
setelah dipindahkan?
5. Apa simpulanmu?
Amatilah benda-benda berikut di
rumahmu! Manakah yang termasuk benda padat?
Berilah tanda centang (ü) pada
kolom yang sesuai!
Pernahkah kamu bermain di rumah teman seperti
yang dilakukan Beni?
Bagaimana sikapmu ketika bermain di
rumah teman?
Diskusikanlah bersama temanmu tabel
berikut!
Berilah tanda centang (ü) pada
sikap yang menunjukkan mematuhi
aturan dan tanda silang (x) untuk
sikap yang tidak menunjukkan mematuhi aturan!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar