Kamis, 24 Agustus 2023

Kelas 2. Tema 2 Subtema 1 PB 4

 MATERI AJAR

 

Hari/ Tanggal                   :   Jumat, 25 Agustus 2023

Tema 2                               :  Bermain di Lingkungan

Subtema 1                         :  Bermain di Lingkungan Rumah

Pembelajaran                   :  4

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 4. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan  siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga dengan tepat. siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar. Siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan rinci. Serta, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.

 

 

Ayo Bernyanyi

Nyanyikanlah kembali lagu “Berdayung” bersama temanmu!

 

Sebelumnya, berikan tanda lingkaran atau setengah sesuai jumlah ketukan pada lagu tersebut!

Dengarkan penjelasan guru terlebih dahulu!



Simak panjang pendek nada Lagu Berdayung berikut ini !

  

Ayo Mencoba

Masih ingatkah kamu benda apa saja yang digunakan dalam bermain perahu kertas?

Di antara benda tersebut, benda apa yang bentuknya tetap?

Benda apa yang bentuknya berubah?

 

Ayo, lakukan kegiatan berikut!

Sifat-sifat Benda

Alat dan Bahan yang Diperlukan

1.    Kelereng

2.    Air

3.    Pensil

4.    Sirup

5.    Minyak

6.    Gelas

7.    Botol air mineral

Cara Kerja

1.         Masukkan kelereng ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

2.         Masukkan kelereng tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

3.         Masukkan air ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

4.         Pindahkan air tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

5.         Masukkan pensil ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

6.         Pindahkan pensil tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

7.         Masukkan sirup ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

8.         Pindahkan sirup tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

9.         Masukkan minyak ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

10.     Pindahkan minyak tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

11.     Isikan hasil pengamatanmu pada tabel berikut!

 

No.

Nama Benda

Bentuk Benda

Tetap

Berubah

1.

Kelereng

2.

Air

3.

Pensil

4.

Sirup

5.

Menyak

 

12. Berdasarkan kegiatan ini, apa yang dapat kamu simpulkan? Tuliskan simpulanmu pada kolom di bawah! 

Simpulan:

Kelereng dan pensil adalah benda padat. Sifat benda padat adalah bentuknya tetap, tidak dipengaruhi oleh wadahnya. Sementara air, sirup dan minyak merupakan benda cair, yang sifatnya berubah-ubah bentuknya sesuai wadahnya.

 

Bacakan hasil pengamatanmu!

 

Berikan tanggapan terhadap hasil pengamatan kelompok lain.

 

 

Ayo Membaca

Bacalah teks percakapan berikut!



 

Ibu

:

Kalau Adik tuangkan air ke dalam gelas, bagaimana bentuknya?

Beni

:

Bentuknya seperti gelas, Bu.

Ibu

:

Sekarang, bagaimana kalau air di gelas dipindahkan ke dalam botol?

Beni

:

Bentuknya sama seperti botol, Bu.

Ibu

:

Nah, bagaimana simpulanmu, Adik?

Beni

:

Air, bentuknya dapat berubah tergantung tempatnya, Bu

Ibu

:

Benar sekali, Nak. Air adalah benda cair yang bentuknya dapat berubah mengikuti bentuk wadahnya.

 

Apa yang dibicarakan Beni dan Ibu?

Beni dan Ibu membicarakan tentang bagaimana air jika ditaruh pada gelas ataupun botol. Ternyata air adalah benda cair yang dapat berubah bentuk mengikuti wadahnya.

Ceritakan kembali isi teks percakapan di atas!

 

 

Ayo Menulis

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks percakapan di atas!

1. Bagaimana bentuk air jika dimasukkan ke dalam gelas?

Jawaban: Bentuk air akan seperti gelas.

 

2. Bagaimana bentuk air jika dipindahkan ke dalam botol?

Jawaban: Bentuk air akan seperti botol.

 

3. Bagaimana pula bentuk air jika dipindahkan ke dalam mangkuk?

Jawaban: Bentuk air akan seperti mangkuk.

 

4. Apa saja benda yang sifatnya sama dengan air?

Jawaban: Minyak, sirup, dan kecap.

 

 

Ayo Berlatih

Perhatikan contoh berikut!



Tentukan bilangan yang tepat untuk soal berikut!



5. Beni membeli kelereng. Kelereng tersebut dimasukkan ke dalam 4 kantong.  Setiap kantong berisi 7 kelereng. 

a. Tulislah kalimat matematikanya!

Kalimat matematika: 4 × 7 = ...

 

b. Tentukan hasilnya!

Hasilnya: 4 × 7 = 28

  

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...