MATERI
AJAR
Hari/ Tanggal
: Jumat, 25 Agustus 2023
Tema 2
: Bermain
di Lingkungan
Subtema 1
: Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 4. Dimana, pada
pembelajaran hari ini bertujuan siswa
dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu berbirama dua atau tiga
dengan tepat. siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman
benda di lingkungan sekitar dengan benar. Siswa dapat mencatat isi teks pendek
yang berkaitan dengan keragaman benda dengan rinci. Serta, siswa dapat
menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
Ayo Bernyanyi
Nyanyikanlah kembali lagu “Berdayung” bersama temanmu!
Sebelumnya, berikan tanda lingkaran atau setengah sesuai jumlah
ketukan pada lagu tersebut!
Dengarkan penjelasan guru terlebih dahulu!
Simak panjang pendek nada Lagu Berdayung berikut ini !
Ayo
Mencoba
Masih ingatkah kamu benda apa saja yang digunakan dalam bermain
perahu kertas?
Di antara benda tersebut, benda apa yang bentuknya tetap?
Benda apa yang bentuknya berubah?
Ayo, lakukan kegiatan berikut!
Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
1.
Kelereng
2.
Air
3.
Pensil
4.
Sirup
5.
Minyak
6.
Gelas
7.
Botol
air mineral
Cara Kerja
1.
Masukkan
kelereng ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
2.
Masukkan
kelereng tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
3.
Masukkan
air ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
4.
Pindahkan
air tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
5.
Masukkan
pensil ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
6.
Pindahkan
pensil tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
7.
Masukkan
sirup ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
8.
Pindahkan
sirup tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
9.
Masukkan
minyak ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
10.
Pindahkan
minyak tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
11.
Isikan
hasil pengamatanmu pada tabel berikut!
No. |
Nama Benda |
Bentuk Benda |
|
Tetap |
Berubah |
||
1. |
Kelereng |
✅ |
|
2. |
Air |
✅ |
|
3. |
Pensil |
✅ |
|
4. |
Sirup |
✅ |
|
5. |
Menyak |
✅ |
12. Berdasarkan kegiatan ini, apa yang dapat kamu simpulkan?
Tuliskan simpulanmu pada kolom di bawah!
Simpulan:
Kelereng
dan pensil adalah benda padat. Sifat benda padat adalah bentuknya tetap, tidak
dipengaruhi oleh wadahnya. Sementara air, sirup dan minyak merupakan benda
cair, yang sifatnya berubah-ubah bentuknya sesuai wadahnya.
Bacakan
hasil pengamatanmu!
Berikan tanggapan terhadap hasil pengamatan kelompok lain.
Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut!
Ibu |
: |
Kalau
Adik tuangkan air ke dalam gelas, bagaimana bentuknya? |
Beni |
: |
Bentuknya
seperti gelas, Bu. |
Ibu |
: |
Sekarang,
bagaimana kalau air di gelas dipindahkan ke dalam botol? |
Beni |
: |
Bentuknya
sama seperti botol, Bu. |
Ibu |
: |
Nah,
bagaimana simpulanmu, Adik? |
Beni |
: |
Air,
bentuknya dapat berubah tergantung tempatnya, Bu |
Ibu |
: |
Benar
sekali, Nak. Air adalah benda cair yang bentuknya dapat berubah mengikuti
bentuk wadahnya. |
Apa yang dibicarakan Beni dan Ibu?
Beni
dan Ibu membicarakan tentang bagaimana air jika ditaruh pada gelas ataupun
botol. Ternyata air adalah benda cair yang dapat berubah bentuk mengikuti
wadahnya.
Ceritakan kembali isi teks percakapan di atas!
Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks percakapan di atas!
1. Bagaimana bentuk air jika dimasukkan ke dalam gelas?
Jawaban:
Bentuk air akan seperti gelas.
2. Bagaimana bentuk air jika dipindahkan ke dalam botol?
Jawaban:
Bentuk air akan seperti botol.
3. Bagaimana pula bentuk air jika dipindahkan ke dalam mangkuk?
Jawaban:
Bentuk air akan seperti mangkuk.
4. Apa saja benda yang sifatnya sama dengan air?
Jawaban:
Minyak, sirup, dan kecap.
Ayo Berlatih
Perhatikan contoh berikut!
Tentukan
bilangan yang tepat untuk soal berikut!
5. Beni membeli kelereng. Kelereng tersebut dimasukkan ke dalam
4 kantong. Setiap kantong berisi 7 kelereng.
a. Tulislah kalimat matematikanya!
Kalimat
matematika: 4 × 7 = ...
b. Tentukan hasilnya!
Hasilnya:
4 × 7 = 28
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya
dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap
menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar