Senin, 28 Agustus 2023

Kelas 2. Tema 2 Subtema 1 PB 6

 

MATERI AJAR

 

Hari/ Tanggal                   :   Selasa, 29 Agustus 2023

Tema 2                               :  Bermain di Lingkungan

Subtema 1                         :  Bermain di Lingkungan Rumah

Pembelajaran                   :  6

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 6. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan  siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar. Dengan melakukan pengamatan sederhana, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat. Dengan mengetahui manfaat dan akibat tidak mengikuti aturan, siswa dapat membiasakan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar. Serta, , siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.

 

 

Ayo Membaca

Beni berjanji akan bermain pistol air dengan Edo.

Sambil menunggu Edo datang, Beni mengisi pistol mainannya dengan air.

Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!


Apa judul bacaan di bawah?

Menurutmu bacaan ini berisi tentang apa?

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

Kemudian, ceritakan di depan kelas!



Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan temanmu makna kata berikut!


Untuk menguji hasil diskusimu, kerjakanlah   latihan berikut!

Petunjuk:

Temukan kata yang sesuai dengan makna   sebagai berikut!

1. Benda yang isi dan bentuknya tetap.

2. Rupa atau bentuk yang dapat diraba.

3. Bersifat seperti air atau encer.

4. Ringan bersifat seperti udara.

5. Isi atau besarnya benda dalam sebuah ruang.

Dengarkan petunjuk gurumu sebelum mengerjakan latihan!



Ayo Mengamati

Amatilah benda-benda yang ada di rumahmu! Beri tanda centang (√) sesuai dengan wujudnya!


Bacakan hasil pengamatanmu!

Berikan tanggapan terhadap hasil pengamatan temanmu!

 

Amatilah gambar berikut!

Diskusikanlah dengan temanmu jawaban dari pertanyaan berikut!

1. Apa yang dilakukan Beni dan Edo?

............................................................................ ............................................................................

2. Bagaimana aturan dalam bermain pistol air?

............................................................................ ............................................................................

3. Apa yang terjadi jika Beni atau Edo tidak mematuhi aturan dalam bermain?

............................................................................ ............................................................................

4. Mengapa diperlukan aturan dalam bermain?

............................................................................ ............................................................................

5. Apa manfaat aturan tersebut?

............................................................................ ............................................................................

 


Beni mempunyai 1 pistol air. Edo juga mempunyai 1 pistol air. Tiba-tiba Udin datang dan juga membawa 1 pistol air.

Berapa jumlah pistol air semuanya?


Ayo Bernyanyi

Untuk memudahkanmu mengingat perkalian, lagu di bawah ini dapat membantu. 



Ayo Berlatih

Tulis perkalian berikut dalam bentuk penjumlahan berulang.

Kemudian, tentukan hasilnya!

1. 2 x 5  =  ... + ... = ...

2. 4 x 2  =  ... + ... + ... + ... = ...

3. 5 x 7  =  ... + ... + ... + ... + ... = ...

4. 6 x 4  =  ... + ... + ... + ... + ... + ... = ...

5. 2 x 8  =  ... + ...  = ...

6. 7 x 6  =  ... + ... + ... + ... + ... + ... + ... = ...

7. 4 x 9  =  ... + ... + ... + ... = ...

8. 3 x 6  =  ... + ... + ... = ...

9. 5 x 5  =  ... + ... + ... + ... + ... = ...

10. 8 x 3  =  ... + ... + ... + ... + ... + ... + ... + ... = ...

 

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...