MATERI AJAR
Hari/ Tanggal
: Kamis, 24 Agustus 2023
Tema 2
: Bermain
di Lingkungan
Subtema 1
: Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 3. Dimana, pada
pembelajaran hari ini bertujuan siswa
dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga
dengan benar. Siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman
benda berdasarkan bentuknya dengan benar. siswa dapat menuliskan hasil
pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan
yang tepat. Serta, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan
dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
Ayo Mengamati
Amati gambar di bawah dengan cermat!
Kira-kira, apa cerita yang cocok untuk gambar di atas?
Menurutku
diatas sedang diadakan lomba tenis meja cilik antar kelas.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut ini dengan cermat!
Lomba Tenis Meja Cilik
Lomba tenis meja cilik kembali digelar.
Lomba dilakukan antarkelas dua SD sekecamatan.
Beni mewakili sekolahnya.
Lomba dilaksanakan di sekolah Beni.
Ia mendapatkan dukungan dari teman dan gurunya.
Beberapa teman Beni seperti Udin, Edo, Lani,
Siti, Dayu, dan Mey memberikan dukungan kepada Beni dari tribun.
Teman Beni didampingi oleh guru kelasnya.
Beni menangkis serangan dari lawan mainnya.
Bola pingpong hampir saja mendarat di bet Beni.
Sementara ini, lawan mainnya sedang bersiap-siap menangkis balik
serangan dari Beni.
Ketika Beni melepaskan serangan balik, langsung ditangkis balik
oleh lawannya dengan gagah.
Namun, bola pingpong menyangkut di net.
Poin untuk Beni, ia menang.
Apa isi teks bacaan di atas?
Perlombaan
Tenis Meja Cilik antar kelas 2 SD sekecamatan.
Bagaimana hasil terkaanmu tadi?
Ternyata
tepat
Apakah sesuai dengan yang kamu baca?
Ya,
sesuai dengan yang aku baca.
Ayo Berdiskusi
Adakah kata yang belum kamu pahami?
Ada
beberapa kata yang belum saya pahami misalnya poin dan cilik.
Jika ada, tuliskan di bawah kata-kata berikut!
Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!
No. |
Kata |
Maknanya |
1. |
tribun |
Kawasan
duduk |
2. |
bet |
Raket
tenis |
3. |
net |
Pembatas
meja tenis di tengah |
4. |
cilik |
Kecil |
5. |
poin |
Skor
berupa angka yang diperoleh pemenang |
Buatlah kalimat dengan kata-kata di atas!
1.
Teman-teman memberikan dukungan kepada Beni dari tribun
2.
Beni memukul bola pingpong menggunakan bet
3.
Bola pingpong yang dipukul lawan menyangkut di net
4.
Lomba tenis meja cilik dilaksanakan di sekolah
5.
Poin untuk Beni bertambah.
Ayo Mencoba
Lakukanlah pengamatan sederhana berikut!
Alat dalam Bermain Tenis Meja
Alat dan bahan: bet, net, meja, dan bola pingpong.
Petunjuk:
1. Sediakan alat dan bahan!
2. Amatilah bahan satu per satu!
3. Isilah titik-titik di bawah!
Hasil pengamatan:
1. Nama benda : Bet
Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, permukaannya datar dan
halus di bagian daun bet, bet juga memiliki gagang untuk pegangan.
2. Nama benda : Net
Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, terbuat dari benang yang
di jalin menyerupai jaring
3. Nama benda : Meja
Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat terbuat dari kayu memiliki
dan memiliki permukaan datar dan halus
4. Nama benda : Bola Pingpong
Ciri-ciri
benda : Berwujud benda padat terbuat dari plastik berbentuk bulat dan memiliki
permukaan yang halus
Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa:
Bet,
net meja dan bola pingong merupakan peralatan yang dibutuhkan dalam permainan
tenis meja. Peralatan tersebut termasuk benda pasat.
Ayo Berlatih
Perhatikan teks percakapan berikut!
Banyak skor yang diperoleh Beni sejak babak penyisihan sampai
akhir permainannya adalah 45 poin. Jika Beni melalui babak penyisihan,
semifinal, dan final, berapakah skor yang diperoleh Beni setiap babak?
Beni memiliki 45 poin.
Dia melewati 3 babak.
Artinya, 45 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3
– 3 – 3 = 0
45 : 3 = 15.
Jadi, skor yang diperoleh Beni setiap babak ada 15 poin.
Selesaikan
soal berikut dengan teliti!
1. Perusahaan mengirim net 4 kali berturut=turut ke sekolah yang
berbeda sebanyak 44. Berapakah banyak net yang dibeli tiap sekolah apabila banyaknya
net untuk tiap sekolah sama? Jawaban :
44 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0
44 : 4 = 11
Banyaknya
net yang dibeli tiap sekolah adalah 11 buah
2. Usai perlombaan, 36 bet dimasukkan ke dalam keranjang. Bet
muat dalam 9 keranjang sama banyak. Berapakah banyak bet dalam setiap
keranjang? Jawaban :
36 – 9 – 9 – 9 – 9 = 0
36 : 9 = 4
Jadi
jumlah bet pada tiap keranjang adalah 4
3. Perusahaan meja tenis memiliki stok meja tenis sebanyak 35
meja yang dibuat selama seminggu penuh. Berapakah banyak meja tenis yang dibuat
dalam sehari? Jawaban :
Seminggu = 7 hari
35 – 7 – 7 – 7 – 7 – 7 = 5
35 : 7 = 5
Jadi
jumlah meja yang dibuat sehari adalah 5 buah
4. Persediaan bola pingpong untuk lomba sebanyak 48 bola
pingpong. Bola pingpong dimasukkan ke dalam 6 kotak. Berapa banyak bola
pingpong dalam tiap kotak? Jawaban :
48 – 6 – 6 -6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 = 0
48 : 6 = 8
Jadi
Jumlah bola pingpong pada tiap kotak adalah 8
5. Tribun barat terdiri atas 32 tempat duduk. Tiap baris terdiri
atas 8 tempat duduk. Berapakah banyak baris di tribun barat? Jawaban :
32 – 8 – 8 – 8 – 8 = 4
32 : 8 = 4
jadi
jumlah baris di tribun barat adalah 4
Ayo Berlatih
Kepala Sekolah punya banyak tiket. Bantulah Kepala Sekolah
membagi tiket lomba tenis ke beberapa siswa!
Berikut datanya.
1.
25
: 5 = (25 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 ) = 5
2.
27
: 9 = ( 27 − 9 − 9 − 9 = 0 ) = 3
3.
28
: 4 = (28 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 ) = 7
4.
30
: 5 = (30 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 ) = 6
5.
42
: 6 = (42 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 ) = 7
6.
36
: 4 = (36 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 ) = 9
7.
45
: 9 = ( 45 − 9 − 9 − 9 − 9 − 9 = 0 ) = 5
8.
49
: 7 = ( 49 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 = 0 ) = 7
9.
52
: 4 = (52 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 ) = 13
10.
54
: 6 = (54 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 ) = 7
Ayo
Berlatih
Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat!
1. |
2 |
2. |
4 |
||||
: |
: |
||||||
12 |
6 |
28 |
7 |
||||
14 |
7 |
32 |
8 |
||||
16 |
8 |
36 |
9 |
||||
18 |
9 |
40 |
10 |
||||
3. |
5 |
4. |
6 |
||||
: |
: |
||||||
30 |
6 |
24 |
4 |
||||
35 |
7 |
30 |
5 |
||||
40 |
8 |
36 |
6 |
||||
45 |
9 |
42 |
7 |
||||
5. |
7 |
6. |
8 |
||||
: |
: |
||||||
42 |
6 |
48 |
6 |
||||
49 |
7 |
56 |
7 |
||||
56 |
8 |
64 |
8 |
||||
63 |
9 |
72 |
9 |
Ayo Berkreasi
Masih ingatkah kamu alat dan bahan yang digunakan untuk
menggambar?
No. |
Alat yang Dibutuhkan untuk Menggambar |
Cara Menggunakan Alat dan Bahan Menggambar |
1. |
Buku
gambar |
Tempat
membuat gambar imajinatif |
2. |
Pensil |
Alat
yang digunakan untuk membuat pola gambar imajinatif |
3. |
Pensil
warna |
Alat
tulis yang digunakan mewarnai gambar imajinatif |
4. |
Penggaris |
Menggaris
pinggir buku gambar dan digunakan untuk membuat pola jika dibutuhkan garis
lurus |
5. |
Penghapus |
Untuk
menghapus pola yang salah |
Perhatikan gambar berikut!
Buatlah gambar berikut di buku gambarmu!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya
dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap
menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar