MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Senin, 21 Agustus 2023
Tema 1 : Hidup Rukun
Subtema 2 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kahNak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema
1 mengenai Hidup Rukun.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik,
kita akan mempelajari pembelajaran 4. Dimana, pada tujuan pembelajaran hari ini Dengan
diberikan gambar dan teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat, siswa
dapat menemukan kalimat penolakan yang terdapat dalam teks yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun dengan benar.
Dengan
diberikan gambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menuliskan
kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan
bahasa yang santun.
Dengan
diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya
hiasan dari bahan alami dengan benar.
Dengan
diberikan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dengan tepat.
Sebagai catatan
tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran
bersama Bapak/Ibu guru.
Perhatikan gambar
percakapan di bawah
ini!
Menurutmu, manakah kalimat
penolakan yang dapat
menjaga kerukunan?
Ayo menulis
Buatlah cerita sederhana
untuk gambar yang kamu pilih!
Bacakan ceritamu itu di depan kelas dengan
percaya diri.
Udin dan teman-teman juga menikmati kue yang disediakan pada kegiatan gotong-royong.
Bentuk kue itu bermacam-macam. Ada kue berbentuk bunga.
Ada kue berbentuk hewan.
Apakah kamu bisa membuat bentuk-bentuk tersebut?
|
Pada pembelajaran yang lalu, kamu sudah membuat
sketsa yang dihias
dengan biji-bijian.
Lanjutkan kegiatan membuat
hiasan menggunakan biji-bijian pada pembelajaran sebelumnya.
Pajanglah hasil karyamu di depan kelas!
|
Selesaikanlah soal cerita berikut
ini
1.
Ibu membuat 115 kue lemper, 85 kue lapis,
dan 75 kue donat. Berapa jumlah kue seluruhnya?
2. Jumlah minuman mula-mula
336 gelas. Berapakah
sisanya jika sudah diminum 59 gelas dan 92 gelas?
3. Udin mempunyai 180 butir biji-bijian. Mutiara memberikan 125 butir lagi kepada Udin. Biji- bijian tersebut digunakan untuk membuat hiasan
sebanyak 148 butir. Berapa sisa biji- bijian sekarang?
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikumWr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar