MATERI
AJAR
Hari/
Tanggal : Jumat, 4 Agustus 2023
Tema
1 : Hidup Rukun
Subtema
2 : Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran
: 6
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema
1 mengenai Hidup Rukun.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik,
kita akan mempelajari ppembelajaran 6. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan
menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat di dalam teks, menuliskan kalimat
ajakan, menuliskan rumusan sila Pancasila, memasang gambar yang sesuai dengan
sila keempat dan kelima, menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat
Pancasila di tempat bermain, menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima
Pancasila, mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang terkecil sampai
terbesar dan sebaliknya. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja
ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Tibalah
saatnya Pentas Seni Hari Kemerdekaan.
Anak-anak
menyanyikan lagu Wajib Belajar.
Ayo
Mengamati
Simaklah
syair lagu Wajib Belajar di bawah ini!
Wajib
Belajar
Lagu:
Restu Narwan Sutarmas
Syair:
Restu Narwan Sutarmas dan H. Winarno
Arr: F.X.
Sutopo
Mari kita
laksanakan wajib belajar
Putra
putri tunas bangsa harapan negara
Wajib
blajar cerdaskan kehidupan bangsa
Tuk
menuju masyarakat adil sejahtera
Gunakan
waktumu isilah hidupmu
Tekunlah
belajar giatlah bekerja
Berantas
kebodohan perangi kemiskinan
Habis
gelap terbit terang hari depan cerlang
Ayo kita
giatkan wajib belajar
Jangan
putus tengah jalan marilah tamatkan
Tanam
ilmu sekarang petik hari depan
Cerdas
terampil berwibawa penuh daya cipta
Gunakan
waktumu isilah hidupmu
Tekunlah
belajar giatlah bekerja
Jadikan
tunas bangsa inti pembangunan
Adil
makmur sejahtera merata bahagia
Ayo
Berlatih
Tuliskan
kembali kalimat ajakan tersebut dengan ejaan yang benar
1.
Mari kita laksanakan wajib belajar
2.
Ayo kita giatkan wajib belajar
3.
Jangan putus tengah jalan marilah tamatkan
Penentuan
lagu tersebut dilakukan dengan cara bermusyawarah.
Udin
memimpin musyawarah.
Beberapa
lagu ditentukan terlebih dahulu.
Setiap
anak mengemukakan pendapat secara bergantian.
Ada
empat lagu yang diusulkan.
Akhirnya,
lagu Wajib Belajar dipilih untuk dinyanyikan.
Setelah
bermusyawarah, para siswa merapikan kelas.
Ketuakelas
memimpin pembagian tugas.
Setiap
siswa melaksanakan tugasnya masing-masing.
Kelas
menjadi bersih dan nyaman untuk belajar.
Musyawarah
untuk memilih lagu yang akan dinyanyikan merupakan penerapan sila keempat
Pancasila.
Para
siswa bergotong royong merapikan kelas merupakan penerapan sila kelima
Pancasila.
Ayo
Menulis
Tulislah
rumusan sila Pancasila yang sesuai dengan simbolnya!
Ayo
Berlatih
Pasangkan
sikap pada gambar dengan sila yang sesuai!
Tuliskan
contoh lain yang sesuai sila keempat atau kelima ketika bermain dengan teman!
Sila
Keempat |
Sila
Kelima |
1.
Bermusyawarah untuk menentukan aturan
bermain 2.
Bermusyawarah untuk menentukan siapa yang
menjadi pemain 3.
Menjaga kerukunan dengan tidak memaksakan
kehendak 4.
Menghormati keputusan yang telah dibuat
bersama 5.
Menghargai pendapat teman. |
1.
Menentukan pemain dalam sebuah permainan
dengan adil dan secara bergilir. 2.
Tidak pilih kasih ketika bermain dengan
teman-teman 3.
Menghargai dan tidak mengolok teman yang
kalah 4.
Memberikan bantuan jika ada teman bermain
yang kesusahan 5.
Menghindari sikap sombong di tempat bermain. |
Ayo
Mencoba
Ceritakan
pengalamanmu menerapkan sila keempat Pancasila di tempat bermain!
Saat
bermain sepak bola di lapangan, Edo tidak sengaja menyenggol Beni hingga
terjatuh. Beni marah karena mengira Edo melakukannya. Aku dan teman-teman
berusaha melerai dan mendamaikan mereka. Kami mengajak mereka bermusyawarah
untuk menyelesaikan masalah.
Ceritakan
pengalamanmu menerapkan sila kelima Pancasila di tempat bermain!
Aku dan
teman-teman suka bermain kasti bersama. Walaupun kami berbeda agama dan suku
bangsa, kami selalu kompak dalam bermain. Kami saling mendukung dan tidak
membeda-bedakan. Sikap inilah yang membuat bermain menjadi menyenangkan.
Sampaikan
pengalamanmu di depan kelas dengan percaya diri.
Ayo
Berlatih
Penonton
acara pentas seni cukup banyak.
Pada
acara pentas seni juga diundang warga dari perkampungan lain.
Bagian
konsumsi menyediakan kotak makanan dan minuman.
Ada 362
kotak makanan.
Ada 356
kotak minuman.
Ada 348
botol air mineral.
Cara
untuk mengurutkan beberapa bilangan dengan membandingkan nilai ratusan,
puluhan, dan satuannya.
Perhatikan
bilangan 362, 356, dan 348.
Nilai
ratusan ketiga bilangan tersebut sama, yaitu 300.
Nilai
puluhannya tidak sama, yaitu 60, 50, dan 40.
Urutan
puluhan mulai dari yang terkecil : 40, 50, 60
Urutan
bilangan : 348, 356, 362
Urutkan
bilangan-bilangan berikut dari yang terbesar sampai terkecil!
Bilangan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
Bilangan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
||||
623 = |
600 |
+ |
20 |
+ |
.3 |
345 |
300 |
+ |
40 |
+ |
5 |
437= |
400 |
+ |
30 |
+ |
7 |
967 |
900 |
+ |
60 |
+ |
7 |
735= |
700 |
+ |
30 |
+ |
5 |
464 |
400 |
+ |
60 |
+ |
4 |
Nilai ratusan tidak
sama |
Nilai ratusan tidak
sama |
||||||||||
Urutan ratusan
mulai dari yang terbesar : 700, 600, 400 |
Urutan nilai
ratusan mulai dari yang terbesar: 900, 400, 300 |
Urutkan
bilangan-bilangan berikut dari yang terkecil sampai terbesar!
Bilangan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
Bilangan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
||||
352 = |
300 |
+ |
50 |
+ |
.2 |
453 |
400 |
+ |
50 |
+ |
3 |
347= |
300 |
+ |
40 |
+ |
7 |
467 |
400 |
+ |
60 |
+ |
7 |
375= |
300 |
+ |
70 |
+ |
5 |
446 |
400 |
+ |
40 |
+ |
6 |
Nilai ratusan sama |
Nilai ratusan sama |
||||||||||
Urutan puluhan
mulai dari yang terkecil : 40, 50, 70 |
Urutan nilai
puluhan mulai dari yang terkecilr: 40, 50, 70 |
Mengurutkan
bilangan juga dapat dihitung dari banyaknya kubus satuan.
Urutkan
bilangan-bilangan tersebut dari yang terbesar sampai terkecil dengan teliti!
Nilai
ratusan sama
Nilai
puluhan berbeda bilangan 112 memiliki puluhan 1 sehingga menjadi bilangan
terbesar
Nilai
satuan pada bilangan 107 lebih besar dari nilai satuan pada bilangan 103
Jika
diurutkan dari yang terbesar adalah 112, 107, dan 103.
Urutkan
bilangan dengan memperhatikan banyak kubus satuan!
Urutkan
banyak kubus satuan tersebut dari yang paling banyak dengan teliti!
Nilai
ratusan sama
Nilai
puluhan berbeda, urutan puluhan dari yang terbesar: 60, 40, dan 30
Urutan :
364, 342, dan 338
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar