MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Selasa,
08 Agustus 2023
Tema 1 : Hidup
Rukun
Subtema 3 : Hidup
Rukun di Sekolah
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya
hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 3 Tema 1
Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah akan mempelajari tentang menemukan makna
perintah yang terdapat dalam teks percakapan, melatih menuliskan kalimat
perintah yang sesuai dengan bahasa yang santun, menyatakan kalimat matematika,
melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang
dan pendek, menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan
pengurangan, mengidentifkasi langkah-langkah menggambar imajinatif, dan
menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang ada di sekitar.
Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan
pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Udin dan teman-temannya selalu menjaga
kerukunan.
Contohnya bersama-sama melakukan tugas
piket kelas.
Ayo
Mengamati
Perhatikan gambar di bawah ini.
Apa yang dilakukan oleh para siswa?
Para siswa
sedang membersihkan ruang kelas.
Apa manfaat kebersamaan dalam melakukan
tugas?
Manfaat
kebersamaan dalam melakukan tugas adalah untuk menjaga kerukunan dan pekerjaan
menjadi lebih ringan. Jika tugas dilakukan sendirian akan membutuhkan waktu
yang lama.
Ceritakan pendapatmu itu kepada teman di
sebelahmu!
Saya pernah
melaksanakan tugas bersama dengan teman-teman. Kami saling membantu satu dengan
yang lainnya. Dengan bekerja sama tugas cepat selesai dan kerukunan diantara
kami tetap terjaga.
Ayo
Membaca
Udin menjadi Ketua kelas.
Ia bertanggung jawab mengatur dan mengawasi
kegiatan piket kelas.
Bacalah percakapan di bawah ini dengan
nyaring!
Udin |
: |
Teman-teman, bersihkanlah kelas sesuai
pembagian tugas! |
|
Siti |
: |
Siap, Din. Aku akan menyapu. |
|
Edo |
: |
Aku akan menghapus papan tulis sampai
bersih. |
|
Beni |
: |
Aku akan membereskan lemari buku. |
|
Udin |
: |
Terima kasih teman-teman. Ayo, kita
bersihkan kelas sebaik-baiknya |
|
Jelaskan maksud kalimat perintah yang
diucapkan Udin!
Udin selaku
ketua kelas memerintahkan saya untuk membersihkan kelas sesuai pembagian tugas.
Ayo
Menulis
Pikirkan kalimat yang sesuai dengan gambar
yang ada!
Tuliskan kalimat itu dengan menggunakan
huruf tegak bersambung dengan rapi!
Beni bertugas membereskan lemari kelas.
Di lemari terdapat kotak kapur tulis.
Mula-mula ada 242 kapur tulis.
Kapur tersebut digunakan 38 buah.
Sisa kapur dihitung dengan pengurangan.
Jadi, sisa kapur ada 204
Pengurangan dapat dilakukan dengan cara
panjang atau pendek.
Ayo
Berlatih
Tentukan hasil pengurangan berikut dengan
cara panjang!
Tentukan hasil pengurangan dengan cara
pendek!
Ayo
Berkreasi
Selain dibersihkan, kelas Udin juga dihias
agar lebih indah.
Para siswa menghias kelas dengan gambar.
Hiasan berupa gambar benda-benda atau
makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah.
Mula-mula dibuat sketsa gambar pada kertas
gambar menggunakan pensil.
Gambar imajinatif adalah gambar yang dibuat
berdasarkan imajinasi atau khayalan pelukisnya sendiri. Jadi gambar imajinatif
mencerminkan apa yang sedang dirasakan atau sedang dipikir oleh pelukis. Gambar
imajinatif satu orang dengan orang lain berbeda-beda.
Buatlah gambar imajinatif dengan membuat
sketsa terlebih dahulu. Gambar imajinatif yang akan dibuat adalah gambar bunga
dan daun. Sketsa yang dibuat nantinya akan diberi warna dengan alat warna yang
sudah dipilih.
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar