Senin, 21 Agustus 2023

Kelas 2. Tema 1 Subtema 4 PB 5 dan 6

 




MATERI AJAR


Hari/ Tanggal :  Selasa, 22 Agustus 2023

Tema 1         :  Hidup Rukun

Subtema 2 : Hidup Rukun di Masyarakat 

Pembelajaran :  5 dan 6


Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kahNak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!


Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 1 mengenai Hidup Rukun.

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 5. Dimana, pada tujuan pembelajaran hari ini Dengan diberikan contoh gerakan melompat dari guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.

Dengan diberikan contoh gerakan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.

Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.

Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masayarakat, siswa dapat menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.

Dengan diberikan teks cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.

Dengan diberikan cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasikan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di masyarakat dengan benar.

 Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Warga lingkungan rumah Udin akan berolahraga

bersama.

Mereka berkumpul di tempat terbuka. Udin dan Edo juga ikut.

Apakah kamu bisa melakukan gerakannya?


Ayo Mengamati

Perhatikan gerakan yang dilakukan Udin.

Lakukanlah gerakan tersebut. Lakukanlah pemanasan terlebih dahulu.




Ayo Mengamati



Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

Siapa yang mengajak berolahraga pada teks di atas?

Jawab:

Apa maksud ajakan tersebut? Jawab:

Siapakah yang menolak ajakan? Jawab:

Mengapa ia menolak ajakan tersebut?

Jawab:


Tuliskan kalimat penolakan yang diucapkan! Jawab:





Bacalah pengalaman Udin di bawah ini!



Olahraga Bersama

Warga di sekitar rumahku akan berolahraga bersama.

Kegiatan tersebut dilakukan di lapangan.

Di perjalanan menuju lapangan, aku bertemu Made. Aku mengajak Made untuk ikut berolahraga.

Namun, Made tidak bisa ikut.

Made akan mengunjungi pamannya.

Tiba di lapangan, sudah banyak anak yang berkumpul.

Mereka sedang melakukan pemanasan. Kami berolahraga dengan kompak.

Kami senang berolahraga bersama.




Jawablah pertanyaan berikut sesuai pengalaman yang ditulis Udin!

Siapakah yang menolak ajakan Udin?

Buatlah kalimat penolakan yang sebaiknya diucapkan teman Udin!




Apakah kamu pernah berolahraga bersama warga di sekitar rumahmu?

Siapa saja yang mengikuti acara olahraga tersebut? Apakah kamu mengajak atau diajak temanmu?


Tuliskan pengalamanmu itu!


Made menolak ajakan Udin dengan sopan.

Sikap Made dan Udin menunjukkan kerukunan dan persatuan.

Menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat, sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.

Tuliskan contoh pengamalan sila ketiga di masyarakat!





Beri tanda  pada kolom yang tepat!

Apakah sikap-sikap berikut ini sesuai atau tidak sesuai sila ketiga Pancasila?


No.

Sikap

Sesuai

Tidak Sesuai


1.

Melakukan ronda menjaga keamanan bersama-sama




2.

Hanya bergaul dengan tetangga dekat saja




3.

Melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan




4.

Ikut serta dalam kegiatan warga.




5.

Lebih menyukai barang-barang dari luar negeri



Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikumWr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...