MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Kamis,
10 Agustus 2023
Tema 1 : Hidup
Rukun
Subtema 3 : Hidup
Rukun di Sekolah
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah akan
mempelajari tentang perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila, menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga, manfaat kalimat
perintah dalam teks, menjelaskan prosedur gerakan berlari ke berbagai arah, dan
mempraktikkan gerak berlari ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana. Sebagai catatan tulisan ini hanya
sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran.
Siswa kelas dua bermain dengan penuh
semangat.
Mereka harus membuat kelompok sebanyak
tiupan peluit.
Perhatikan permainan mereka!
Permainan
Membuat Kelompok
Mari melakukan permainan berpasangan.
Ikuti petunjuk gurumu.
Aturan
Permainan
1.
Siswa membentuk formasi lingkaran, guru berada di
luar lingkaran.
2.
Guru membunyikan peluit, siswa memperhatikan jumlah
peluit ditiup.
3.
Siswa membentuk kelompok dengan teman sesuai jumlah
bunyi peluit, misalnya peluit berbunyi 3 kali ( priit, priit, priit) siswa
membentuk kelompok 3 orang.
4.
Begitu peluit berbunyi, siswa harus segera berlari
membentuk kelompok.
5.
Siswa yang tidak mendapat kelompok, diberi sanksi
menyanyi, menari, atau bercerita.
Ayo
Berdiskusi
Perhatikan gambar di bawah ini!
Ceritakan tentang gambar di atas!
Apa yang seharusnya dilakukan oleh dua anak
yang saling berebut :
Harusnya anak
tersebut harus memiliki sikap sabar dan saling menghormati teman. Dengan sikap
sabar, maka mereka tidak akan saling berebut. Mereka harus saling memaafkan
karena sudah berebut dan kerukunan tetap terjaga. Kerukunan akan menjaga
persatuan antar teman. Kerukanan dengan teman merupakan pengamalan sila ketiga
pancasila.
Perhatikan gambar berikut!
Saling memaafkan dapat menjaga persatuan
dan kesatuan.
Menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah
merupakan perbuatan terpuji.
Perbuatan tersebut sesuai dengan pengamalan
sila ketiga Pancasila.
Tuliskan bunyi sila ketiga Pancasila!
Beri tanda ü
pada kolom yang tepat! Perbuatan yang sesuai atau tidak sesuai sila ketiga
Pancasila
No. |
Sikap |
Sesuai |
Tidak
Sesuai |
1. |
Melakukan piket kelas bersama-sama |
ü |
|
2. |
Hanya mau berteman dengan teman satu suku |
|
ü |
3. |
Melakukan upacara bendera dengan tertib |
ü |
|
4. |
Menjaga kebersamaan dengan seluruh siswa
yang berbeda-beda suku bangsa. |
ü |
|
Tuliskan contoh pengamalan sila ketiga
Pancasila di sekolah!
Contoh
pengamalan sila ketiga Pancasila:
1.
Belajar dengan giat agar dapat membanggakan nama baik
sekolah.
2.
Mengembangkan perilaku menghargai sesama teman.
3.
Mengutamakan kepentingan bersama.
4.
Selalu menjaga kerukunan dengan seluruh warga sekolah.
5.
Menghormati dan menghargai perbedaan di sekolah atau di
kelas.
Sampaikan ceritamu di depan kelas dengan
percaya diri.
Ayo
Membaca
Udin dan teman-teman sudah selesai bermain
dan berolahraga
Apakah kamu pernah mendengar kalimat
perintah dari gurumu setelah berolahraga?
Perintah apakah yang diucapkan?
Apa manfaat perintah tersebut?
Tuliskan pada kotak berikut, kemudian peragakan
di depan kelas.
1.
Kalimat perintah :Rajinlah berolah raga agar badan
terasa tetap sehat ! Manfaat supaya badan tetap sehat.
2.
Kalimat perintah : Bermainlah dengan sportif agar
ridak ada yang merasa dicurangi ! Manfaat agar tidak ada yang merasa dicurangi
3.
Kalimat perintah : Gantilah pakaian olah raga dengan
seragammu ! Manfaat agar tertib menggunakan pakaian seragam
4.
Kalimat perintah : Berlarilah dengan cepat agar
menjadi yang tercepat !Manfaat memacu semangat saat berlari.
5.
Kalimat perintah : Lakukanlah pendinginan setelah
berolah raga ! Manfaat agar tidak mengalami kram
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar