MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Senin,
07 Agustus 2023
Tema 1 : Hidup
Rukun
Subtema 3 : Hidup
Rukun di Sekolah
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah
masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah akan
mempelajari tentang isi teks yang berisi perintah, melengkapi kalimat perintah,
ciri-ciri karya gambar imajinatif, alat dan bahan menggambar imajinatif, cara
menggunakan alat dan bahan menggambar imajinatif, langkah-langkah menggambar
imajinatif, menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman, kalimat matematika
yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan, melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan pendek, menyebutkan
isi teks cerita atau lagu, menyebutkan kembali perintah dalam teks cerita,
menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai sila pertama Pancasila,
menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila di
sekolah.
Bekal makanan yang dibawa Udin disiapkan
oleh ibu.
Ibu menyuruh Udin untuk berbagi dengan
teman di sekolah.
Ayo
Berlatih
Sebutkan kalimat perintah pada percakapan
Udin dan ibu tersebut!
Kalimat perintah isinya menyuruh untuk
melakukan sesuatu.
Tuliskan kalimat perintah yang kamu dengar
hari ini!
Kalimat perintah :
Bagilah
bekalmu dengan teman-teman, ya Din!
Peragakan kalimat itu di
depan kelas dengan. percaya diri!
Kalimat perintah diakhiri dengan tanda seru
(!).
Kalimat perintah diucapkan dengan sopan.
Bacalah kalimat perintah di bawah ini!
Lengkapilah kalimat berikut menjadi kalimat
perintah!
1.
Kembalilah ke
kelas setelah bel berbunyi!
2.
Jagalah kebersihan
kelas!
3.
Tutuplah pintu
setelah masuk ke dalam ruangan!
4.
Aturlah buku-buku
di rak agar terlihat rapi!
5.
Buanglah sampah
pada tempatnya!
Kalimat perintah adalah ujaran yang
bermaksud menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu.
Kalimat perintah memiliki beberapa
ciri-ciri seperti dibawah ini :
1.
Jika diucapkan berintonasi tinggi di awal dan rendah
di akhir.
2.
Menggunakan imbuhan –kan atau -lah.
3.
Jika ditulis, terdapat tanda seru (!) pada akhir
kalimat.
4.
Biasanya menggunakan kata perintah seperti, jangan,
tolong, atau mohon.
Ayo
Mengamati
Di kelas, para siswa sedang belajar
menggambar.
Udin, Edo, dan Siti, menggambar dengan alat
yang berbeda.
Pasangkan siswa dengan hasil gambarnya yang
sesuai!
Tuliskan perbedaan hasil
mewarnai menggunakan krayon, pensil warna, dan spidol!
Krayon
:
Crayon atau
krayon menghasilkan warna yang tebal, kertas lebih murah kotor, kalau ingin
menghapus coretan crayon bakal susah. Hasil goresan dari crayon juga kasar.
Spidol
Hasil goresan
dari spidol halus dan warnanya tebal. Kertas yang digunakan untuk mewarnai juga
tidak mudah kotor.
Pinsil
Warna :
Pensil warna
memberikan hasil goresan halus. Warna yang dihasilkan ketika kamu menggoreskan
pensil kurang tebal. Kertas yang kamu gunakan untuk mewarnai juga tidak mudah
kotor, tapi kertas jadi gampang rusak.
Ayo
Berkreasi
Amatilah salah satu kegiatan di sekolah.
Buatlah gambar peralatan yang digunakan
untuk melakukan kegiatan itu!
Warnai menggunakan salah satu alat gambar.
Siswa di sekolah Udin cukup banyak.
Ada 125 siswa laki-laki dan 117
siswa perempuan.
Jumlah siswa di sekolah Udin seluruhnya
adalah
200 + 40 + 2 =
242
Penjumlahan dapat dilakukan dengan cara
panjang atau pendek.
Simak video Penjumlahan dan Pengurangan
bentuk pajang dan pendek berikut ini !
Ayo
Berlatih
Tentukan hasil penjumlahan berikut!
Udin dan teman-teman belajar di sekolah
dengan senang.
Suasana di sekolah menyenangkan karena
mereka saling menjaga kerukunan.
Ayo
Mengamati
Perhatikan gambar Udin dan teman-temannya
senang bermain lari berpasangan
Ayo
Berlatih
Ayo bergerak bersama temanmu!
Setelah melakukan gerakan-gerakan di atas,
mari lakukan permainan berlari berpasangan berikut.
Sebelum berlari, lakukan pemanasan terlebih
dahulu
Ayo
Membaca
Bacalah teks di bawah ini dengan intonasi
dan lafal yang tepat dengan percaya diri!
Berolahraga Bersama
Hari ini Udin dan teman-teman berolahraga.
Pak Guru meminta siswa untuk berlari
berpasangan.
Udin berpasangan dengan Edo.
Tiba-tiba mereka terjatuh karena
gerakan kakinya tidak kompak.
Kaki Edo terluka dan berdarah.
Udin membantu Edo berdiri.
Pak Guru mengantarkan Edo ke UKS.
Pak Guru pun mengingatkan siswa lainnya.
Berhati-hatilah ketika berlari!
Samakan langkah kalian terlebih dahulu!
Garis bawahi kalimat yang menunjukan
perintah pada teks bacaan di atas.
Ayo
Berlatih
Buatlah pertanyaan dan jawaban tentang
pengalaman Udin ketika berolahraga bersama!
Tuliskan pertanyaan itu pada kartu tanya
jawab.
Tukarkan kartumu dengan teman sebangkumu.
Kemudian, tuliskan jawaban yang benar
sesuai dengan pertanyaan temanmu.
Pertanyaan dan jawaban :
Kapan Udin dan teman-teman berolahraga?
Jawaban : Udin
dan teman-teman berolahraga pada hari ini.
Siapa yang meminta siswa untuk berlari
berpasangan?
Jawaban : Pak
Guru meminta siswa berlari berpasangan.
Siapa yang berlari berpasangan dengan Edo?
Jawaban : Udin
berlari berpasangan dengan Edo.
Mengapa Udin dan Edo terjatuh?
Jawaban : Udin
dan Edo terjatuh karena gerakan kakinya tidak kompak.
Siapa yang membantu Edo berdiri?
Jawaban : Udin
membantu Edo berdiri.
Siapa yang mengantarkan Edo ke ruang UKS?
Jawaban : Pak
Guru mengantarkan Edo ke UKS.
Apa yang diingatkan Pak Guru kepada siswa
lainnya?
Jawaban : Pak
Guru mengingatkan siswa lainnya untuk berhati-hatilah ketika berlari dan
menyamakan langkah terlebih dahulu.
Ayo
Menulis
Pembelajaran hari ini sudah selesai.
Apa yang dilakukan Udin dan teman-teman
sebelum pulang?
Tuliskan pada kotak berikut!
Udin dan
teman-teman berdoa sebelum pulang. Mereka berdoa sesuai dengan agama
masing-masing.
Sikap Udin di sekolah sesuai dengan
pengamalan sila pertama dan kedua Pancasila.
Sikap manakah yang dimaksud?
Tuliskan pada tabel berikut
Sila
Pertama |
Sila
Kedua |
Udin dan teman-teman berdoa sebelum
pulang sekolah. |
Walaupun berbeda agama, mereka belajar
dan bermain bersama. |
Beri tanda √ pada gambar yang sesuai
pengamalan sila pertama atau sila kedua Pancasila di sekolah.
Tuliskan sila yang sesuai di bawah gambar.
Ayo
Berlatih
Ceritakan tentang kegiatanmu di sekolah!
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila pertama
Pancasila!
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila kedua
Pancasila!
Ceritakan secara lisan dengan percaya diri!
Kegiatanku di
sekolah dimulai saat bel sekolah berbunyi. Setelah murid dan guru masuk ke
ruang kelas, kami berdoa terlebih dahulu. Kami juga berdoa saat pelajaran
selesai dan akan pulang. Walaupun agama kami berbeda-beda, kami tetap belajar
dan bermain bersama-sama.
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila pertama
Pancasila!
Jawaban: Murid
dan guru berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran.
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila kedua
Pancasila!
Jawaban:
Mereka bermain dan belajat bersama meski berbeda agama.
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar