Kamis, 10 Agustus 2023

Kelas 2. Tema 1 Subtema 3 PB 6

 

MATERI AJAR

 

Hari/ Tanggal                     :  Jumat, 11 Agustus 2023

Tema 1                                 :  Hidup Rukun

Subtema 3                           :  Hidup Rukun di Sekolah

Pembelajaran                     :  6

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Pada Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah akan mempelajari tentang contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila, menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat dan kelima Pancasila di sekolah, menyebutkan makna kalimat perintah, menggunakan kalimat peritah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun, menyatakan kalimat matematika, melakukan pengurangan dan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

 

Kelas Udin mendapat giliran menjadi petugas upacara.

Siswa yang tidak menjadi petugas, akan menyanyikan lagu wajib Nasional


Ayo Berlatih

Buatlah pertanyaan tentang kegiatan yang dilakukan siswa kelas Udin pada gambar!

Pertanyaan: Apa yang dilakukan oleh Udin dan teman-temannya?

Jawaban: Mereka sedang menyanyikan lagu wajib bersama.

 

Pertanyaan: Lagu wajib apa yang mereka nyanyikan?

Jawaban: Mereka menyanyikan Lagu Bagimu Negri

 

Ayo Berdiskusi

Coba tentukan lagu untuk dinyanyikan bersama dikelas dengan cara pemungutan suara. 

Isikan pilihan lagu itu pada tabel berikut!

No.

Judul Lagu

Jumlah Suara

Jumlah Total

1.

Bagimu Negeri

IIII

4

2.

Garuda Pancasila

IIII I

6

3.

Hari Merdeka

IIII III

8

4.

Indonesia Pusaka

II

8

5.

Maju Tak Gentar

III

3

6.

Dari Sabang Sampai Merauke

IIII

4

 

Nyanyikan lagu yang dipilih bersama di kelas dengan percaya diri!

 

Ayo Menulis

Para siswa bermusyawarah menentukan lagu dan petugas upacara.;

Hal itu sesuai dengan pengamalan sila keempat Pancasila.

Pembagian petugas dilakukan secara adil

Hal itu sesuai dengan pengamalan sila kelima Pancasila.

Sebutkan bunyi sila keempat dan kelima Pancasila!

·           Sila keempat: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan permusyawaratn/perwakilan.

·           Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

 

Tuliskan contoh pengamalan sila keempat dan kelima di bawah gambar


Tuliskan contoh perilaku lainnya yang sesuai sila keempat atau kelima di sekolah!

Sila Keempat.

Sila Kelima

1.   Mau mendengarkan pendapat teman

2.   Tidak memaksakan orang lain untuk mengikuti pendapat sendiri.

3.   Mengambil keputusan melalui musyawarah.

4.   Menghormati hak orang lain dalam berpendapat

5.   Melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh tanggung jawab.

1. Menghargai hasil kerja keras teman.

2. Bergotong-royong melaksanakan tugas piket.

3. Membantu teman yang sedang mengalami kesusahan 

4. Tidak membeda-bedakan teman.

5. Bersikap adil terhadap semua warga sekolah.

 

Ayo Bercerita

Ceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat atau kelima di sekolah!

Salah satu contoh penerapan sila kelima di sekolah adalah saat ada pemilihan ketua kelas semua murid kelas melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Contoh pengamalan sila kelima adalah bersikap adil terhadap semua teman tanpa membeda-bedakan.

Bu Guru meminta siswa menuliskan lagu anak yang disukai.

Bu Guru membagikan kertas untuk menuliskepada semua siswa dengan adil.

Mula-mula ada 275 lembar kertas.

Kertas dibagikan pada siswa sebanyak 39 lembar.

Berapa sisa kertas Bu Guru?

Sisa kertas dapat ditentukan dengan melakukan pengurangan.


Ayo Berlatih

Kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan teliti!

1. Kapur tulis di lemari ada 116 batang.

Kapur tersebut sudah dipakai sebanyak 25 batang.

Berapa sisa kapur yang belum dipakai?



2. Di sekolah Udin ada 125 siswa laki-laki dan 117 siswa perempuan.

Berapa selisih siswa laki-laki dan perempuan?


3. Udin mempunyai 206 butir kelereng.

Kelereng Edo lebih sedikit 55 butir.

Berapa banyak kelereng Edo?



Buatlah soal tentang pengurangan!

Minta temanmu menulis soal cerita sesuai dengan pengurangan yang ditulis tersebut. 

Selesaikan soal tersebut bersama-sama.


Ayo Mengamati

Dengarkan syair lagu di bawah ini!

Nyanyikan lagu di bawah ini bersama temanmu!

Lingkari kalimat pada syair lagu yang menunjukkan perintah


Kalian juga dapat menyaksikan Lagu Sebelum Kita Makan berikut ini !

 

Ayo Berlatih

Tuliskan kalimat perintah yang sesuai dengan gambar di bawah ini!

Kalimat perintah biasanya diakhiri tanda seru “!” atau diberi akhiran “lah”


Hapuslah papan tulis dan bersihkanlah sampah di atas meja !

Bersihkanlah sampah yang berserakan dan rapikanlah kelas !

Ketuklah pintu sebelum masuk kelas !

 


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Pancasila"

Selasa, 19 November 2024 Kelas 2.B. "Matematika dan Pancasila"                                                                    ...