MATERI AJAR
Hari/ Tanggal : Jumat, 11
Agustus 2023
Tema 1 : Hidup
Rukun
Subtema 3 : Hidup
Rukun di Sekolah
Pembelajaran : 6
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 6 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah akan
mempelajari tentang contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat
Pancasila, menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat dan kelima Pancasila
di sekolah, menyebutkan makna kalimat perintah, menggunakan kalimat peritah
yang berkaitan dengan sikap hidup rukun, menyatakan kalimat matematika,
melakukan pengurangan dan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan
cara panjang. Sebagai catatan tulisan
ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama
Bapak/Ibu guru.
Kelas Udin mendapat giliran menjadi petugas
upacara.
Siswa yang tidak menjadi petugas, akan
menyanyikan lagu wajib Nasional
Ayo
Berlatih
Buatlah pertanyaan tentang kegiatan yang
dilakukan siswa kelas Udin pada gambar!
Pertanyaan:
Apa yang dilakukan oleh Udin dan teman-temannya?
Jawaban:
Mereka sedang menyanyikan lagu wajib bersama.
Pertanyaan:
Lagu wajib apa yang mereka nyanyikan?
Jawaban:
Mereka menyanyikan Lagu Bagimu Negri
Ayo
Berdiskusi
Coba tentukan lagu untuk dinyanyikan
bersama dikelas dengan cara pemungutan suara.
Isikan pilihan lagu itu pada tabel berikut!
No. |
Judul
Lagu |
Jumlah
Suara |
Jumlah
Total |
1. |
Bagimu Negeri |
IIII |
4 |
2. |
Garuda Pancasila |
|
6 |
3. |
Hari Merdeka |
|
8 |
4. |
Indonesia Pusaka |
II |
8 |
5. |
Maju Tak Gentar |
III |
3 |
6. |
Dari Sabang Sampai Merauke |
IIII |
4 |
Nyanyikan lagu yang dipilih bersama di
kelas dengan percaya diri!
Ayo
Menulis
Para siswa bermusyawarah menentukan lagu
dan petugas upacara.;
Hal itu sesuai dengan pengamalan sila
keempat Pancasila.
Pembagian petugas dilakukan secara adil
Hal itu sesuai dengan pengamalan sila
kelima Pancasila.
Sebutkan bunyi sila keempat dan kelima
Pancasila!
·
Sila keempat: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan permusyawaratn/perwakilan.
·
Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Tuliskan contoh pengamalan sila keempat dan
kelima di bawah gambar
Tuliskan contoh perilaku lainnya yang
sesuai sila keempat atau kelima di sekolah!
Sila
Keempat. |
Sila
Kelima |
1.
Mau mendengarkan pendapat teman 2.
Tidak memaksakan orang lain untuk mengikuti
pendapat sendiri. 3.
Mengambil keputusan melalui musyawarah. 4.
Menghormati hak orang lain dalam berpendapat 5.
Melaksanakan hasil musyawarah dengan penuh
tanggung jawab. |
1.
Menghargai hasil kerja keras teman. 2.
Bergotong-royong melaksanakan tugas piket. 3.
Membantu teman yang sedang mengalami
kesusahan 4.
Tidak membeda-bedakan teman. 5.
Bersikap adil terhadap semua warga sekolah. |
Ayo
Bercerita
Ceritakan tentang pengalaman menerapkan
nilai-nilai Pancasila sila keempat atau kelima di sekolah!
Salah satu
contoh penerapan sila kelima di sekolah adalah saat ada pemilihan ketua kelas
semua murid kelas melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. Contoh
pengamalan sila kelima adalah bersikap adil terhadap semua teman tanpa
membeda-bedakan.
Bu Guru meminta siswa
menuliskan lagu anak yang disukai.
Bu Guru membagikan kertas untuk
menuliskepada semua siswa dengan adil.
Mula-mula ada 275 lembar kertas.
Kertas dibagikan pada siswa sebanyak 39
lembar.
Berapa sisa kertas Bu Guru?
Sisa kertas dapat ditentukan dengan
melakukan pengurangan.
Ayo
Berlatih
Kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan
teliti!
1. Kapur tulis di lemari ada 116 batang.
Kapur tersebut sudah dipakai sebanyak 25
batang.
Berapa sisa kapur yang belum dipakai?
2. Di sekolah Udin ada 125 siswa laki-laki
dan 117 siswa perempuan.
Berapa selisih siswa laki-laki dan
perempuan?
3. Udin mempunyai 206 butir kelereng.
Kelereng Edo lebih sedikit 55 butir.
Berapa banyak kelereng Edo?
Buatlah soal tentang pengurangan!
Minta temanmu menulis soal cerita sesuai
dengan pengurangan yang ditulis tersebut.
Selesaikan soal tersebut bersama-sama.
Ayo
Mengamati
Dengarkan syair lagu di bawah ini!
Nyanyikan lagu di bawah ini bersama
temanmu!
Lingkari kalimat pada syair
lagu yang menunjukkan perintah
Kalian juga dapat
menyaksikan Lagu Sebelum Kita Makan berikut ini !
Ayo
Berlatih
Tuliskan kalimat perintah yang sesuai
dengan gambar di bawah ini!
Kalimat perintah biasanya diakhiri tanda
seru “!” atau diberi akhiran “lah”
Hapuslah papan
tulis dan bersihkanlah sampah di atas meja !
Bersihkanlah
sampah yang berserakan dan rapikanlah kelas !
Ketuklah pintu
sebelum masuk kelas !
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar