MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Jumat, 18Agustus
2023
Tema 1 : HidupRukun
Subtema 2 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kahNak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah,
pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema
1 mengenai Hidup Rukun.
Apakah
anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik,
kita akan mempelajari pembelajaran 3 . Dimana, pada Tujuan pembelajaran hari ini Dengan
diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat
menemukan percakapan yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dengan benar.
Dengan
diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat melatih
kalimat penolakan pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun
secara lisan dengan bahasa yang santun.
Dengan
diberikan tiga buah bilangan, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan benar.
Dengan
diberikan contoh karya hiasan dari benda alami, siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
Dengan
diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi
langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
Dengan
diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar
Sebagai catatan
tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran
bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar mana yang menunjukkan sikap hidup
rukun di masyarakat?
Gambar manakah yang menunjukkan penolakan? Pernahkah kamu menolak pemberian orang lain?
Tuliskanlah kata-kata penolakan tersebut
pada tempat di bawah
ini.
Buatlah percakapan pengalamanmu melakukan penolakan terhadap
pemberian orang lain!
Kalimat penolakan biasa
ditandai dengan kata “tidak”.
Selain kata tidak,
dapat ditambahkan kata maaf,
terima kasih, lain kali ya,
dan lain-lain.
Sekarang bermain peranlah di depan kelas dengan
teman-temanmu.
Peragakan percakapanmu.
Tentukan pemeran dalam percakapan tersebut.
Kegiatan gotong royong
di perumahan Udin terlaksana dengan
baik.
Ibu-ibu menyiapkan banyak
makanan untuk peserta
gotong royong.
Ada 95 kue bolu dan 120 kue lemper. Kue itu disajikan
dan dimakan 158 buah. Berapa
sisa kue sekarang?
Ingatlah penjumlahan dan pengurangan yang sudah dipelajari sebelumnya.
Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan berikut!
Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan berikut!
Adakah jawaban yang sama?
Apakah urutan penjumlahan dan pengurangan berpengaruh terhadap hasil operasi hitung?
Diskusikan kesimpulan dari kedua soal di atas.
Ayo Berkreasi
Ibu-ibu menyiapkan kue-kue untuk peserta kerja bakti.Ada kue lemper yang terbuat dari beras ketan. Beras ketan dapat dipakai untuk membuat hiasan.
Begitu juga dengan biji-bijian yang lain.
Bahan dan Alat yang Digunakan
Kertas gambar
Lem kertas atau lem kayu
Berbagai biji-bijian, misalnya kacang hijau, kedelai, jagung, dan lain-lain
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikumWr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar