Kelas 2. Tema 2 "Bermain di Lingkungan" PB 1 dan 2
MATERI AJAR
Hari/ Tanggal: Rabu, 23 Agustus 2023
Tema 2: Bermain di Lingkungan
Subtema 1: Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran: 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema kedua di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 2 mengenai Bermain di Lingkungan.
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 1. Dimana, pada pembelajaran hari inibertujuan siswa dapat menyebutkan dan mencatat isi teks pendek
yang berkaitan dengan
keragaman benda di sekitar dengan benar. Siswa dapat mensimulasikan kegiatan
sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
Ayo Mengamati
Hari ini hari Minggu.
Setelah membantu ibu dan ayah, Beni dan kakaknya, Tiur, bermain bersama.
Mereka bermain perahu kertas.
Apa yang dilakukan Beni dan Kak Tiur?
Beni dan Kak Tiur sedang bermain perahu kertas.
Pernahkah kamu melakukan kegiatan tersebut?
Saya pernah bermain perahu kertas.
Ayo Mengamati
Beni dan Tiur asyik bermain.
Sambil bermain, mereka bernyanyi dengan riang.
Nyanyikanlah lagu berikut bersama temanmu!
Simak panjang pendek nada Lagu Berdayung berikut ini !
Apa isi lagu yang telah kamu nyanyikan?
Lagu tersebut menceritakan tentang menaiki sebuah perahu.
Bagaimana cara kamu menyanyikannya?
Lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo sedang.
Ayo Membaca
Ketika bernyanyi, kita mengeluarkan bunyi beraturan.
Bunyi beraturan disebut nada.
Ada nada yang panjang dan ada yang pendek.
Panjang pendek nada dapat dihitung.Satuan hitungannya yaitu ketukan.
Perhatikan panjang pendek nada berikut!
Nada 2 ketuk | 7 . | 6 . |
Ada 1 buah titik di belakangnya.
Jadi, nadanya diperpanjang sebanyak 1 ketuk.
Nada 1 ketuk | 5 6 5 3 | 2 3 2 1 |
Tidak memiliki titik atau garis di atasnya.
Diskusikanlah kegiatan berikut bersama temanmu!
Beri tanda lingkaran untuk nada 2 ketuk.
Beri tanda setengah lingkaran untuk nada 1 ketuk.
Ayo Membaca
Dengarkan gurumu membaca teks berikut!
Bermain Perahu Kertas
Beni sangat senang bermain perahu kertas.
Permainan ini sangatlah sederhana.
Satu lembar kertas bisa menghasilkan sebuah perahu
Perahu yang telah selesai dibuat diapungkan di dalam baskom berisi air.
Selain itu juga bisa diapungkan pada genangan air di saat hujan turun.
Perahu dapat berlayar dengan bantuan angin.
Beni sangat menyukai permainan ini.
Apa isi dari teks yang telah dibacakan gurumu?
Isi teks yang dibacakan guru adalah Beni sangat senang bermain perahu kertas.
Dapatkah kamu menceritakannya kembali?
Beni senang bermain perahu. Perahunya terbuat dari kertas. Perahu kertas tersebut diapungkan dalam baskom yang berisi air. Saat hujan turun, Beni juga mengapungkan perahunya pada genangan air. Perahu akan melaju saat ditiup angin.
Berilah tanggapanmu terhadap cerita temanmu!
Ayo Menulis
Bacalah kembali teks “Bermain Perahu Kertas”!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks tersebut!
1. Apa saja benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas?
Benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas adalah perahu kertas, baskom, dan air.
2. Bagaimana cara memainkan perahu tersebut?
Cara bermain perahu kertas adalah perahu diapungkan dalam baskom yang berisi airatau di atas genangan air saat hujan dan melaju ditiup angin.
Ayo Mengamati
Beni membuat 2 buah perahu kertas.
Tiur juga membuat 2 buah perahu kertas.
Kemudian, ayah juga membuat 2 buah perahu kertas lagi
Jika digabungkan, berapa jumlah perahu semuanya?
Simak Video Perkalian Sebagai Penjumlahan Berulang berikut ini !
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah soal berikut dengan temanmu!
Ada berapa kelompok perahu pada gambar tersebut?
Ada dua kelompok gambar perahu.
Berapa jumlah perahu setelah digabungkan?
Setelah digabungkan menjadi 6 perhu.
Dapat ditulis:
2 x 3 = 6
Ayo Berlatih
Tentukan bilangan yang tepat untuk soal berikut!
5. Dua kelompok anak bermain lompat tali.
Setiap kelompok terdiri atas 5 anak.
a. Kalimat perkaliannya adalah:
2 x 5 = 10
b. Nyatakan kalimat perkalian tersebut dengan penjumlahan berulang!
5 + 5 = 10
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar