Rabu, 07 Agustus 2024

Kelas 2.B. "Seni Rupa dan Matematika"

 SENI RUPA dan MATEMATIKA

 

Hari / Tanggal                  :  Rabu / 7 Agustus 2024

Kelas                                  :  2. B

Mata Pelajaran                :  Seni Rupa

Materi                                :  Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar

CP                                       : 

Mengalami (Experiencing) 

·         Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Merefleksikan (Reflecting)

·         Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata  sehari-hari.              

Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)     

·         Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.           

Menciptakan (Making/Creating)    

·         Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Berdampak (Impacting)      

·         Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya.   

Tujuan Pembelajaran    : Siswa mampu mengenali, mengidentifikasi dan menggunakan elemen rupa (garis dan warna) dalam sebuah karya. Mengamati, menganalisis fungsi dan menggunakan aneka alat dan bahan di sekitar yang sesuai untuk keperluan karyanya. Sebuah bentuk dan menggambarkannya kembali berdasarkan hasil sudut pandang masing-masing dan Siswa mampu mendiskusikan apa yang dimaksud dengan karya original.

 

 

Elemen & Prinsip Seni

Jenis Garis :

1.    Horizontal adalah garis yang menyamping ke kiri dan ke kanan.

 

2.    Vertikal adalah garis yang naik turun ke atas dan ke bawah.


3.    Diagonal adalah garis yang mendaki dan menurun. 

 

4.    Spiral adalah (dalam bentuk) keluk atau putaran mengelilingi titik pusat.

5.    Cekung adalah melengkung ke dalam.


6.    Cembung adalah melengkung ke luar.

  

Silahkan anak-anak amati benda-benda yang ada di lingkungan sekitar katlian. Yang ada di langit maupun di bumi.

Amati benda-benda tersebut, dan bentuknya. Kemudian, gambarlah benda yang telah kalian amati tersebut! 

Apakah bentuk benda yang kalian amati simetris? 

Benda yg berbentuk simetris, misalnya yang berbentuk segitiga, segiempat, ataupun lingkaran. 

Jika kalian mengamati dan menggambar pot bunga, maka pot bunga tersebut berbentuk simetris. Karena berbentuk lingkaran baik atasnya maupun alasnya. 


Mata Pelajaran                :  Matematika

Materi                               :  Bilangan yang Lebih Besar dari 100

CP                                      : 

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.

Tujuan Pembelajaran    : Memahami komposisi, susunan, cara menulis, dan cara membaca bilangan 3 angka.

Memahami besarnya dan nilai tempat bilangan 3 angka.




1.         Berapa puluhan yang dapat dikumpulkan dari bilangan 230?

2.         Siapkan model uang koin agar peserta didik dapat berpikir sambil langsung mempraktikkan.

3.         230 terdiri dari 2 buah ratusan dan 3 buah puluhan Namun, pahami bahwa ini bisa juga berarti terdapat 23 buah puluhan.


1.         Di nomor 1,  jelaskan bahwa 1 skala kecil mewakili 1 sambil menunjuk garis bilangan. Sampaikan ke peserta didik bilangan yang diperoleh dengan bergeser 1 lompatan ke kiri dari bilangan 600 adalah 599.

2.         Di nomor 2, mungkin ada beberapa peserta didik yang kesulitan memahami. Oleh karena itu, gunakan model atau gambar koin 10 yen dan 100 yen untuk memberikan contoh yang lebih jelas.


Bilangan ratusan dan puluhan dinyatakan dengan ratusan dan puluhan, namun ratusan dan puluhan keduanya dapat dinyatakan dengan komposisi dari puluhan saja.

Bilangan ratusan dinyatakan dengan ratusan, tetapi bisa juga dinyatakan sebagai komposisi dari puluhan saja. Misal 200 dapat dinyatakan dari komposisi 2 buah ratusan atau 20 buah puluhan



 Apakah anak-anak sudah memahami pembelajaran hari ini? 

Alhamdulillah... 

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan mengucapkan Hamdalah... 

Ibu guru akhiri, wassalamu'alaikum wr. Wb. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...