MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Kamis, 05
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
1 : Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 5
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Usai
liburan hampir dua pekan. Bagaimana kabarnya hari ini?
Masha
allah sehat semua ya sayang.
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah…
anak-anak hebat Ibu guru!
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku dengan tujuan pembelajaran dapat Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam
yang diperdengarkan. Membaca indah
puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari
lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menunjukkan
contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila
kedua di rumah. Menjelaskan variasi gerak bertumpu dan
bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak bertumpu dan bergantung dengan tangan dalam
aktivitas senam lantai.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (115
menit)
Pada sore hari Beni mempunyai tugas.
Tugas Beni membersihkan sangkar burung.
Kemudian, Beni mengambil sangkar burung.
Beni membersihkan sambil bernyanyi.
Beni menyanyikan lagu “Burung Kutilang.”
Kamu telah mendengarkan puisi yang dibacakan
gurumu.
Buatlah pertanyaan tentang puisi tersebut!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Kamu perlu menguji hasil diskusimu.
Caranya dengan mengerjakan latihan berikut.
Petunjuk: Temukan kata yang sesuai dengan
maknanya!
1. Mulut burung, ayam, dan itik.
2. Menirukan bunyi suling dengan mulut.
3. Menarik perhatian dengan suara nyaring.
4. Kata yang sama dengan bosan.
5. Pohon yang berbatang tinggi lurus.
Pohonnya menyerupai tiang, daunnya
kecil-kecil seperti lidi.
Dengarkan petunjuk gurumu! Kerjakan latihan
berikut!
Beni telah selesai membersihkan sangkar
burung.
Beni menggantungkan sangkar burung di
tempatnya semula.
Kemudian Beni bermain di taman. Mainan di
taman banyak macamnya.
Ada mainan bergelantungan. Ada mainan
perosotan.
Ada mainan ayunan. Beni memilih mainan untuk
bergelantungan.
Apa yang sedang dilakukan Beni?
Pernahkah kamu melakukan seperti Beni?
Lakukan gerakan seperti Beni! Ikuti arahan
gurumu!
Beni mempunyai banyak teman.
Beni juga anak yang baik. Beni pandai
bergaul.
Teman Beni ada yang menjadi pengurus masjid.
Pengurus masjid tiba-tiba ke rumah Beni.
Pengurus masjid perlu bantuan. Bantuan untuk
korban banjir.
Beni memberi sumbangan korban banjir. Beni
memberi contoh yang baik.
Contoh ini sesuai sila kedua Pancasila.
Beni bermain di taman. Beni bermain gantungan
di taman.
Tangannya kurang kuat memegang gantungan.
Tangan kanannya tidak berpegangan lagi. Beni
hampir terjatuh.
Ayah melihat Beni hampir terjatuh. Ayah
langsung menolong Beni.
Beni bersyukur karena ditolong ayahnya.
Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.
Kerjakan pada kolom berikut!
PENUTUP (15
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar,
kalian telah menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang
diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan
ekspresi yang diungkapkan). Menunjukkan
contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila
kedua di rumah. Menjelaskan variasi gerak bertumpu dan
bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak bertumpu dan bergantung dengan tangan dalam
aktivitas senam lantai.
Alhamdulillah
jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar