Kamis, 05 Januari 2023

Kelas 2. Tema 5 Subtema 1 PB 5

 

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                     : Kamis, 05 Januari 2023

Tema 5                                : Pengalamanku

Subtema 1                          : Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran                   : 5

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Usai liburan hampir dua pekan. Bagaimana kabarnya hari ini?

Masha allah sehat semua ya sayang.

 

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran dapat Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah. Menjelaskan variasi gerak bertumpu dan bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak bertumpu dan bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

 

INTI (115 menit)

Pada sore hari Beni mempunyai tugas.

Tugas Beni membersihkan sangkar burung.

Kemudian, Beni mengambil sangkar burung.

Beni membersihkan sambil bernyanyi.

Beni menyanyikan lagu “Burung Kutilang.”


Kamu telah mendengarkan puisi yang dibacakan gurumu.

Buatlah pertanyaan tentang puisi tersebut!

Mintalah temanmu menjawabnya!




Kamu perlu menguji hasil diskusimu.

Caranya dengan mengerjakan latihan berikut.

Petunjuk: Temukan kata yang sesuai dengan maknanya!

1. Mulut burung, ayam, dan itik.

2. Menirukan bunyi suling dengan mulut.

3. Menarik perhatian dengan suara nyaring.

4. Kata yang sama dengan bosan.

5. Pohon yang berbatang tinggi lurus.

 

Pohonnya menyerupai tiang, daunnya kecil-kecil seperti lidi.

Dengarkan petunjuk gurumu! Kerjakan latihan berikut!




Beni telah selesai membersihkan sangkar burung.

Beni menggantungkan sangkar burung di tempatnya semula.

Kemudian Beni bermain di taman. Mainan di taman banyak macamnya.

Ada mainan bergelantungan. Ada mainan perosotan.

Ada mainan ayunan. Beni memilih mainan untuk bergelantungan.



Apa yang sedang dilakukan Beni?

Pernahkah kamu melakukan seperti Beni?

Lakukan gerakan seperti Beni! Ikuti arahan gurumu!

Beni mempunyai banyak teman.

Beni juga anak yang baik. Beni pandai bergaul.

Teman Beni ada yang menjadi pengurus masjid.

Pengurus masjid tiba-tiba ke rumah Beni.

Pengurus masjid perlu bantuan. Bantuan untuk korban banjir.

Beni memberi sumbangan korban banjir. Beni memberi contoh yang baik.

Contoh ini sesuai sila kedua Pancasila.



Beni bermain di taman. Beni bermain gantungan di taman.

Tangannya kurang kuat memegang gantungan.

Tangan kanannya tidak berpegangan lagi. Beni hampir terjatuh.

Ayah melihat Beni hampir terjatuh. Ayah langsung menolong Beni.

Beni bersyukur karena ditolong ayahnya.



Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman yang sesuai dengan sila kedua Pancasila.

Kerjakan pada kolom berikut!



PENUTUP (15 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila kedua di rumah. Menjelaskan variasi gerak bertumpu dan bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak bertumpu dan bergantung dengan tangan dalam aktivitas senam lantai.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...