Jumat, 13 Januari 2023

Kelas 2. Tema 5 Subtema 2 PB 6

 

MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                     : Jum’at, 13 Januari 2023

Tema 5                                : Pengalamanku

Subtema 2                          : Pengalamanku di Sekolah

Pembelajaran                   : 6

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Alhamdulillah udah bertemu di hari Jum’at kembali ya Nak…

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester 2 tema 5 yaitu pengalamanku kemarin kalian telah belajar menjelaskan variasi gerak dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila kedua di sekolah. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.

 

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku. Dalam pembelajaran ini ibu berharap kalian bisa membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila ketiga di sekolah. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m).

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

  

INTI (115 menit)

Beni anak yang pintar. Beni ditunjuk sekolah

mengikuti lomba. Lomba tingkat nasional.

Beni mengikuti lomba baca puisi. Beni membaca

puisi dengan tema “Alam.”

Puisinya berjudul “Kunang-Kunang.”



Ayo Membaca

Bacalah puisi berikut!

Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi!

Simaklah pembacaan puisi temanmu!

Berikan pendapatmu! Tepatkah lafal, intonasi, dan ekspresinya?

Simaklah pembacaan puis




Ayo Berdiskusi

Perhatikan kata-kata berikut! Apa makna katakata tersebut?

Diskusikan dengan temanmu!




Temukan kata-kata di atas dalam kolom berikut!

Dengarkan petunjuk gurumu! Kemudian, kerjakan latihannya.





Ayo Mengamati

Amati gambar berikut!

Gambar kunang-kunang yang sedang terbang.

Kunang-kunang terbang di malam hari.

Kunang-kunang tampak seperti bintang berkelap-kelip



Sudahkah kamu amati gambar di atas? Buatlah pertanyaannya!

 

Mintalah temanmu menjawabnya!

Pertanyaan: ...............................................................

Jawaban teman: .......................................................




Ayo Menulis

Coba tulis sebuah puisi tentang kunang-kunang!

Gunakan bahasamu sendiri!


Akhirnya, Beni mengikuti lomba. Beni sebagai wakil

dari sekolah. Peserta lomba dari berbagai sekolah.

Sekolah-sekolah dari seluruh daerah di Indonesia.

Warna kulit peserta berbeda.

Agama peserta juga berbeda.

Bahasa peserta juga berbeda.



Perbedaan warna kulit, agama, dan bahasa

merupakan anugerah. Kamu tidak boleh membeda-bedakannya.

Inilah contoh sesuai sila ketiga Pancasila.




Terapkan sikap sila ketiga Pancasila dalam kehidupanmu.

Coba ceritakan sikap tersebut!

Kemudian, Beni dan teman-teman belajar

Matematika. Ayo berlatih Matematika.


Ayo Berlatih

Amati lima jari temanmu!

Ukur panjang jari temanmu!

Catat hasil pengukuranmu! Tuliskan pada kolom yang tersedia.


Tuliskan hasilnya pada titik-titik berikut! Ubah ke dalam satuan meter (m)!

1. ... cm = ... m

2. ... cm = ... m

3. ... cm = ... m

4. ... cm = ... m

5. ... cm = ... m

 


PENUTUP (15 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila ketiga di sekolah. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m).

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...