MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Jum’at, 13
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
2 : Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran : 6
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Alhamdulillah
udah bertemu di hari Jum’at kembali ya Nak…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah…
anak-anak hebat Ibu guru!
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester 2 tema 5 yaitu
pengalamanku kemarin kalian telah belajar menjelaskan
variasi gerak dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan
variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua
Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan
nilainilai Pancasila sila kedua di sekolah. Membaca indah
puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang
tepat). Mengartikan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang
lingkungan yang diperdengarkan.
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku. Dalam pembelajaran ini ibu berharap kalian bisa membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal,
intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan
nilainilai Pancasila sila ketiga di sekolah. Menentukan
konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur
panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m).
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (115
menit)
Beni
anak yang pintar. Beni ditunjuk sekolah
mengikuti
lomba. Lomba tingkat nasional.
Beni
mengikuti lomba baca puisi. Beni membaca
puisi
dengan tema “Alam.”
Puisinya berjudul “Kunang-Kunang.”
Ayo Membaca
Bacalah
puisi berikut!
Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi!
Simaklah
pembacaan puisi temanmu!
Berikan pendapatmu! Tepatkah lafal, intonasi, dan
ekspresinya?
Simaklah
pembacaan puis
Ayo Berdiskusi
Perhatikan
kata-kata berikut! Apa makna katakata tersebut?
Diskusikan
dengan temanmu!
Temukan
kata-kata di atas dalam kolom berikut!
Dengarkan
petunjuk gurumu! Kemudian, kerjakan latihannya.
Ayo Mengamati
Amati
gambar berikut!
Gambar
kunang-kunang yang sedang terbang.
Kunang-kunang
terbang di malam hari.
Kunang-kunang
tampak seperti bintang berkelap-kelip
Sudahkah
kamu amati gambar di atas? Buatlah pertanyaannya!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban
teman: .......................................................
Ayo Menulis
Coba
tulis sebuah puisi tentang kunang-kunang!
Gunakan bahasamu sendiri!
Akhirnya, Beni mengikuti lomba.
Beni sebagai wakil
dari sekolah. Peserta lomba dari
berbagai sekolah.
Sekolah-sekolah dari seluruh
daerah di Indonesia.
Warna kulit peserta berbeda.
Agama peserta juga berbeda.
Bahasa peserta juga berbeda.
Perbedaan
warna kulit, agama, dan bahasa
merupakan
anugerah. Kamu tidak boleh membeda-bedakannya.
Inilah
contoh sesuai sila ketiga Pancasila.
Terapkan sikap sila ketiga
Pancasila dalam kehidupanmu.
Coba ceritakan sikap tersebut!
Kemudian, Beni dan teman-teman
belajar
Matematika. Ayo berlatih Matematika.
Ayo Berlatih
Amati lima jari temanmu!
Ukur panjang jari temanmu!
Catat hasil pengukuranmu! Tuliskan pada kolom yang tersedia.
Tuliskan
hasilnya pada titik-titik berikut! Ubah ke dalam satuan meter (m)!
1. ... cm = ... m
2. ... cm = ... m
3. ... cm = ... m
4. ... cm = ... m
5. ... cm = ... m
PENUTUP (15
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal,
intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan
nilainilai Pancasila sila ketiga di sekolah. Menentukan
konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur
panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m).
Alhamdulillah
jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar