MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Jum’at, 06
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
1 : Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 6
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Usai
liburan hampir dua pekan. Bagaimana kabarnya hari ini?
Masha
allah sehat semua ya sayang.
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah…
anak-anak hebat Ibu guru!
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku dengan tujuan pembelajaran dapat Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan
ekspresi yang diungkapkan). Menuliskan isi
puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan
contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila
ketiga di rumah. Mengenal satuan baku untuk mengukur
panjang. Memilih alat ukur yang sesuai untuk
mengukur panjang benda yang diukur.
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (115
menit)
Sepupu Beni datang dari kampung.
Beni senang dikunjungi saudaranya.
Beni dan sepupunya saling berkunjung.
Beni selalu menjaga kerukunan antarkeluarga.
Sikap ini contoh perilaku sesuai sila ketiga
Pancasila.
Kamu harus hidup rukun. Rukun dengan teman.
Rukun dengan anggota keluarga. Rukun dengan
tetangga.
Hidup rukun merupakan contoh perilaku yang
baik.
Hidup rukun sesuai sila ketiga Pancasila.
Bacalah percakapan berikut!
Perhatikan percakapan Beni dan sepupunya!
Perhatikan gambar berikut! Contoh perilaku di
rumah yang sesuai sila ketiga Pancasila!
Pilihlah dengan memberi centang ()!
Tiba-tiba Beni membuka jendela. Ternyata,
hari ini turun hujan.
Beni menunggu hujan reda. Kemudian,
Beni nyanyi lagu “Tik Tik Tik Bunyi Hujan”.
Ayo, tirukan bersama!
Perhatikan temanmu membaca puisi! Berikan
tanggapanmu!
Perhatikan lafal, intonasi, dan ekspresinya!
Buatlah sebuah puisi!
Puisi yang berkaitan dengan alam. Perhatikan
pilihan katanya!
Kamu telah belajar tentang puisi. Sekarang, perhatikan
benda di rumahmu. Apakah di rumahmu ada penggaris? Adakah meteran? Adakah
jangka sorong? Adakah mikrometer sekrup?
PENUTUP (15
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar,
kalian telah
Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan
ekspresi yang diungkapkan). Menuliskan isi
puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan
contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila
ketiga di rumah. Mengenal satuan baku untuk mengukur
panjang. Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur
panjang benda yang diukur.
Alhamdulillah
jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar