MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Selasa, 03
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
1 : Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 3
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Usai
liburan hampir dua pekan. Bagaimana kabarnya hari ini?
Masha
allah sehat semua ya sayang.
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah… anak-anak hebat
Ibu guru!
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5
yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran dapat Dengan mengamati teks lagu “Burung Tantina”, kalian
dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu “Burung Tantina”
dengan benar. Dengan menyanyikan lagu “Burung Tantina”, siswa dapat menunjukkan
tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan benar. Dengan
menyanyikan lagu “Burung Tantina”, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek
bunyi pada pola irama sederhana dengan benar. Dengan mengamati gambar Beni
bersama kakaknya, siswa dapat menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan
baik. Dengan menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf, siswa dapat
mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun
dalam kemajemukan dengan baik. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengenal
satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat. Dengan mengamati gambar, siswa
dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur
dengan tepat.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (115
menit)
Hari sudah malam. Beni sedang bermain
piano.
Beni bermain di dekat kakaknya. Beni
memainkan lagu “Burung Tantina”.
Apakah kamu mengenal lagu “ Burung
Tantina?”
Apakah kamu pernah menyanyikannya?
Jika belum, perhatikan lagu berikut!
Ayo, nyanyikan “Burung Tantina”
bersama.
Perhatikan tekanan kuat dan lemah. Juga
panjang dan pendek bunyi lagunya.
Amati teks lagu “Burung Tantina”!
Tentukan tekanan kuat dan lemahnya!
Tuliskan kosakata untuk tekanan kuat
dan lemahnya!
Tuliskan kosakata untuk bunyi panjang
dan pendeknya!
Beni bermain pianonya hebat.
Beni bermain di dekat kakaknya.
Kakak Beni sedang belajar.
Kakak Beni merasa terganggu.
Apa kata Beni kepada kakaknya?
Pernahkah kamu melakukan kesalahan?
Kepada siapa kamu melakukan kesalahan?
Bagaimana cara meminta maaf?
Coba tuliskan permintaan maafmu!
Kemudian, Beni membuat PR.
Beni ditugaskan mengukur benda.
Benda tersebut tidak dapat diukur
dengan satu penggaris.
Beni mengukur benda lebih panjang dari
penggaris.
Buatlah pertanyaan sesuai gambar di
atas!
Mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Sebutkan benda yang diukur panjangnya!
Penggaris dapat untuk mengukur panjang benda.
Sebutkan alat ukur panjang lainnya! Beni mengukur panjang
piano.
Beni menggunakan penggaris lebih dari satu kali.
Beni juga dapat menggunakan meteran.
Meteran untuk mengukur benda yang panjangnya melebihi penggaris.
Perhatikan gambar berikut!
Berikan centang () untuk benda yang diukur dengan meteran!
PENUTUP (15
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar,
kalian telah
mengamati teks lagu “Burung Tantina”, kalian
dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu “Burung Tantina”
dengan benar, menyanyikan lagu “Burung Tantina”, menunjukkan tekanan nada kuat
dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan benar dan dapat menunjukkan
panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan benar, menulis
kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan baik, menulis kalimat/ungkapan
permintaan maaf, dan mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat.
Alhamdulillah
jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.
Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar