Kamis, 19 Januari 2023

Kelas 2. Tema 5 Subtema 3 PB 5

 

MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                     : Kamis, 19 Januari 2023

Tema 5                                : Pengalamanku

Subtema 3                          : Pengalamanku di Tempat Sekolah

Pembelajaran                   : 5

 

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masha allah sehat semua ya sayang.

Alhamdulillah kita bertemu lagi ya Nak di semester yang baru

dan di tahun yang baru. Begitu juga dengan semangat yang baru.

 

Masih semangat kah Nak?

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku. Dalam pembelajaran ini tujuan pembelajaran kita ibu berharap kalian dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan. Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan. Menuliskan isi puisi anak. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di sekolah. Menjelaskan variasi gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak ayunan.

  

Yuukk disimak materi hari ini yaa…. ^,^

Beni anak yang pandai. Beni selalu ditunjuk oleh guru.

Sekarang, Beni ditunjuk oleh Ibu guru. Beni diminta

membacakan puisi.  Puisi dibacakan di depan

kelas. Judul puisinya adalah “Paman Datang”


Perhatikan puisi di atas!

Tuliskan kosakata baru. Kosakata yang kamu temukan diskusikan bersama temanmu. Carilah

arti kosakata tersebut.


Ayo Berlatih

Bacalah puisi tersebut! Baca dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat! Bacalah di depan temantemanmu.

Lakukanlah secara bergantian. Mintalah teman dan gurumu mengoreksi.


Buatlah sebuah puisi. Puisi yang kamu tulis tentang lingkungan. Gunakan ejaan yang tepat!

Tuliskan pada kolom berikut!



Perhatikan Gambar berikut!


Beni dan temannya akan belajar PPKn.

Satu kelas Beni akan belajar musyawarah.

Musyawarah untuk mencapai kata mufakat. Beni

dan temannya perlu semangat kekeluargaan.

Ternyata, musyawarah untuk memilih ketua kelas.


Ayo Mengamati

Perhatikan gambar dengan teliti!

Bacalah teks berikut! Kamu baca dengan percaya diri.

Jawablah pertanyaan berikut!



Ayo Berlatih

1. Apa yang dilakukan Beni dan temannya?

Jawab: ................................................................

 

2. Sebutkan nama calon ketua kelas yang terpilih!

Jawab: ................................................................

 

3. Bagaimana hasil musyawarah yang dilakukan?

Jawab: ................................................................

 

4. Apakah Edo menerima hasil pemilihan ketua

kelas?

Jawab: ................................................................

 

5. Mengapa kegiatan musyawarah perlu dilakukan?

Berikan alasanmu!

Jawab: ................................................................

 

Apakah kamu pernah bermusyawarah?

Tuliskan pengalamanmu tersebut. Ceritakan di depan kelas!


Beni dan temannya telah selesai belajar PPKn.

Pelajaran selanjutnya olahraga.


Ayo tirukan gerakan berikut!

Udin dan teman sekelas melakukan senam. Senam dilakukan di halaman sekolah.


Lakukan gerakan seperti gambar di atas! Lakukan

secara berulang-ulang dengan hitungan.

Variasikan gerakan senam tersebut.

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan. Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan. Menuliskan isi puisi anak. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila keempat di sekolah. Menjelaskan variasi gerak ayunan dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak ayunan.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...