MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Kamis, 12
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
2 : Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran : 5
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah…
anak-anak hebat Ibu guru!
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester 2 tema 5 yaitu
pengalamanku kemarin kalian telah belajar mengidentifikasi langkah-langkah
membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek
dengan bahan alami. Menentukan konversi satuan panjang (cm,
m).
Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering
digunakan (misalnya cm dan m). Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal,
intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).Menuliskan isi puisi anak tentang
lingkungan dengan ejaan yang tepat.
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku. Dalam pembelajaran ini ibu berharap kalian bisa menjelaskan variasi gerak dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas
senam lantai. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah
yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan
tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila kedua di sekolah. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengartikan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan. Menemukan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (115 menit)
Beni
telah mahir menulis puisi.
Sekarang,
Beni akan mengikuti lomba
menggambar.
Lomba menggambar layang-layang.
Lomba
dilakukan dengan adil. Adil sesuai rentang
waktu
yang ditetapkan.
Ayo Mengamati
Benar,
Udin sedang bermain estafet bola. Udin
memutar
badan ke samping. Udin bermain bersama temannya.
Amati
gambar di atas! Buatlah pertanyaan sesuai gambar!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban
teman: .......................................................
Beni
dan teman-temannya akan berolahraga.
Olahraga seperti berikut!
Ayo Mencoba
Perhatikan
gambar berikut!
Lakukan
bersama teman-temanmu!
Lakukan dengan bimbingan gurumu!
Badan
dapat diputar ke samping kiri dan kanan.
Coba
lakukan gerakan itu! Hati-hati dalam
melakukan
gerakan tersebut.
Kemudian,
bermainlah estafet bola. Caranya
dengan gerakan memutar badan.
Perhatikan gambar berikut!
Bagaimana
perasaanmu setelah bermain estafet bola?
Ceritakan pengalamanmu bermain estafet
bola!
Tim
Edo terdiri atas anak laki-laki. Tim Beni ada anak perempuannya.
Berikanlah
kesempatan yang sama untuk anak perempuan.
Sikap di atas sesuai sila kedua Pancasila.
Ayo Berlatih
Perhatikan
gambar berikut!
Berikan
centang (_) yang sesuai sila kedua Pancasila!
Ayo Mengamati
Perhatikan
gambar berikut
Perhatikan
gambar berikut!
Beni
memberi kesempatan sama untuk anak
perempuan.
Beni bersyukur dapat saling
kenal. Juga kenal dengan anak perempuan.
Ayo Bercerita
Ceritakanlah
pengalamanmu! Pengalaman di sekolah sesuai sila kedua Pancasila!
Coba
tuliskan pengalamanmu! Pengalaman di rumah sesuai sila kedua Pancasila.
Tuliskan pada kolom berikut!
Ayo Membaca
Simaklah
temanmu saat membacanya!
Berikan
tanggapanmu. Gunakan bahasa yang sopan.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan
kata-kata berikut!
Diskusikan maknanya
dengan temanmu!
Kerjakanlah
latihan berikut!
Cermati
kata-kata dalam kotak sebelah kiri.
Susunlah
huruf pada kotak sebelah kanan.
Kamu akan menemukan maknanya
Perhatikan
kolom berikut!
Temukan
kata-katanya seperti di atas.
Ikuti petunjuk gurumu sebelum mengerjakan.
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah menemukan
kosakata baru yang terdapat menjelaskan variasi gerak dalam aktivitas
senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan
dan putaran dalam aktivitas senam lantai. Menunjukkan
contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila
kedua di sekolah. Membaca indah puisi anak tentang
lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang
lingkungan yang diperdengarkan. Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan.
Alhamdulillah
jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar