Kamis, 12 Januari 2023

Kelas 2. Tema 5 Subtema 2 PB 5

 

MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Kamis, 12 Januari 2023

Tema 5                               : Pengalamanku

Subtema 2                         : Pengalamanku di Sekolah

Pembelajaran                   : 5

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester 2 tema 5 yaitu pengalamanku kemarin kalian telah belajar mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m). Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat.

 

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku. Dalam pembelajaran ini ibu berharap kalian bisa menjelaskan variasi gerak dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila kedua di sekolah. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

INTI (115 menit)

Beni telah mahir menulis puisi.

Sekarang, Beni akan mengikuti lomba

menggambar. Lomba menggambar layang-layang.

Lomba dilakukan dengan adil. Adil sesuai rentang

waktu yang ditetapkan.


Ayo Mengamati


Apa yang sedang dilakukan Udin?

Benar, Udin sedang bermain estafet bola. Udin

memutar badan ke samping. Udin bermain bersama temannya.

Amati gambar di atas! Buatlah pertanyaan sesuai gambar!

Mintalah temanmu menjawabnya!

Pertanyaan: ...............................................................

Jawaban teman: .......................................................

 

Beni dan teman-temannya akan berolahraga.

Olahraga seperti berikut!


Ayo Mencoba

Perhatikan gambar berikut!

Lakukan bersama teman-temanmu!

Lakukan dengan bimbingan gurumu!


Badan dapat diputar ke samping kiri dan kanan.

Coba lakukan gerakan itu! Hati-hati dalam

melakukan gerakan tersebut.

 

Kemudian, bermainlah estafet bola. Caranya dengan gerakan memutar badan.

Perhatikan gambar berikut!


Bagaimana perasaanmu setelah bermain estafet bola?

 

Ceritakan pengalamanmu bermain estafet bola!

Tim Edo terdiri atas anak laki-laki. Tim Beni ada anak perempuannya.

Berikanlah kesempatan yang sama untuk anak perempuan.

Sikap di atas sesuai sila kedua Pancasila.



Ayo Berlatih

Perhatikan gambar berikut!

Berikan centang (_) yang sesuai sila kedua Pancasila!



Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut

Perhatikan gambar berikut!

Beni memberi kesempatan sama untuk anak

perempuan. Beni bersyukur dapat saling

kenal. Juga kenal dengan anak perempuan.



Ayo Bercerita

Ceritakanlah pengalamanmu! Pengalaman di sekolah sesuai sila kedua Pancasila!

Coba tuliskan pengalamanmu! Pengalaman di rumah sesuai sila kedua Pancasila. Tuliskan pada kolom berikut!



Ayo Membaca


Simaklah temanmu saat membacanya!

Berikan tanggapanmu. Gunakan bahasa yang sopan.


Ayo Berdiskusi

Perhatikan kata-kata berikut!

Diskusikan maknanya  dengan temanmu!


Kerjakanlah latihan berikut!

Cermati kata-kata dalam kotak sebelah kiri.

Susunlah huruf pada kotak sebelah kanan.

Kamu akan menemukan maknanya



Perhatikan kolom berikut!

Temukan kata-katanya seperti di atas.

 

Ikuti petunjuk gurumu sebelum mengerjakan.



PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah menemukan kosakata baru yang terdapat menjelaskan variasi gerak dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai. Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila kedua di sekolah. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...