MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Senin, 09
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
2 : Pengalamanku di
Sekolah
Pembelajaran : 1 & 2
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masha
allah sehat semua ya sayang.
Alhamdulillah kita bertemu lagi di hari Senin ya Nak…
Bagaimana semangatnya hari
ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah…
anak-anak hebat Ibu guru!
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita
pada semester 2 tema 5 yaitu pengalamanku kemari kalian telah belajar tentang Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan
ekspresi yang diungkapkan). Menuliskan isi
puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan
contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila
ketiga di rumah. Mengenal satuan baku untuk mengukur
panjang. Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur
panjang benda yang diukur.
Hari
ini kalian akan melanjutkan pembelajarn dengan tujuan pembelajaran dapat Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga
dimensi dengan bahan alami. Mendengarkan
teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin
hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat
Indonesia. Menentukan konversi satuan panjang (cm,
m).
Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering
digunakan (misalnya dan cm, m).
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (80
menit)
Amatilah
gambar berikut!
Liburan
semester 1 telah berakhir.
Beni dan teman-temannya kembali ke sekolah.
Apa
yang dilakukan Beni? Apa yang dilakukan
teman-temannya?
Pernahkah kamu melakukannya?
Beni
dan teman-temannya mendapat tugas. Tugas
ini
dilakukan saat liburan. Apa tugasnya? Tugasnya
menghias vas bunga.
Amatilah
gambar berikut!
Sebutkan bahan untuk membuat hiasan vas bunga.
Biji-bijian
untuk menghias vas bunga.
Sebutkan biji-bijian yang digunakan.
Ayo Menulis
Tuliskan bahan untuk menghias vas bunga!
Ayo Mencoba
Kamu
sudah mengetahui bahan untuk menghias vas bunga.
Sediakan
bahan tersebut. Juga sediakan lem dan sarung tangan.
Pilihlah pola hiasan seperti gambar berikut!
Ayo Berlatih
Beni bekerja secara kelompok.
Kelompoknya Beni
sedang membuat hiasan vas bunga.
Beni dan kelompoknya berdiskusi.
Diskusi untuk
menyelesaikan tugasnya.
Dengarkan gurumu membacakan
percakapan Beni!
Buatlah pertanyaan sesuai teks
percakapan!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Ayo Menulis
Jawablah
pertanyaan berikut!
Jawaban
berdasarkan percakapan Beni.
1.
Apa yang dilakukan Beni bersama temantemannya?
Jawab:
................................................................
2.
Siapa yang berniat membantu Meli?
Jawab:
................................................................
3.
Apa yang ditanyakan Beni kepada Dayu?
Jawab:
................................................................
4.
Beni telah meminta tolong kepada Dayu. Apa
yang
dikatakan Beni?
Jawab:
................................................................
5.
Apa arti perkataan Dayu terhadap Beni?
Jawab:
................................................................
Kelompok
Beni saling tolong-menolong.
Tolong-menolong
ketika membuat hiasan vas
bunga.
Kelompok Beni selesai mengerjakan tugas.
Kegiatan dilanjutkan mengukur panjang benda
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Adakah benda-benda seperti
gambar?
Ukurlah panjang benda tersebut!
Tuliskan hasilnya di samping gambar!
Ubahlah
ke dalam satuan meter (m)!
1.
..... cm = ..... m
2.
..... cm = ..... m
3. ..... cm = ..... m
Beni
dan teman-temannya melakukan gotong-
royong.
Gotong royong ini dilakukan di sekolah.
Siti
menyapu halaman.
Dayu
menyiram bunga. Edo mengelap kaca.
Beni membantu guru memajang kaligrafi.
Ayo Mengamati
Perhatikan
percakapan di atas! Kemudian,
jawablah
pertanyaan berikut!
1.
Apa yang akan dilakukan Beni?
Jawab:
................................................................
2.
Siapa yang ingin menolong Bu Guru?
Jawab:
................................................................
3.
Sebutkan alat yang digunakan untuk kerja gotong
royong!
Jawab:
................................................................
4.
Tuliskan contoh ungkapan minta tolong!
Jawab:
................................................................
5.
Jelaskan makna ungkapan minta tolong dari teks
di
atas!
Jawab:
................................................................
Buatlah
pertanyaan sesuai gambar di atas!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban
teman: ........................................................
Gotong
royong telah selesai dilaksanakan.
Kemudian, Beni dan teman-temannya berolahraga.
Ayo Mencoba
Beni
berjinjit dengan satu kaki.
Cobalah
gerakan tersebut. Coba lakukan di
halaman
sekolahmu.
Tuliskan
cara melakukan gerakannya.
Lakukan juga gerakan seperti berikut!
Ayo Berlatih
Pernahkah
kamu melihat kaligrafi?
Kaligrafi
dapat mengingatkanmu kepada Tuhan.
Mengingat
Tuhan dapat juga dilakukan dengan berdoa.
Berdoa
merupakan perilaku yang sesuai sila pertama Pancasila.
Perhatikan
gambar berikut!
Berikan
centang (_) yang menunjukkan sila
pertama Pancasila!
Kamu
pasti pernah melakukan sikap yang baik.
Sikap
yang sesuai sila pertama Pancasila.
Coba ceritakan
pengalamanmu!
PENUTUP (15 menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah pembelajaran dapat Mengidentifikasi bahan
alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong
sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat
Indonesia. Menentukan konversi satuan panjang (cm,
m).
Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering
digunakan (misalnya dan cm, m).
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar