MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Rabu, 18
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
3 : Pengalamanku di Tempat
Bermain
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masha allah
sehat semua ya sayang.
Alhamdulillah kita bertemu lagi ya Nak di semester yang baru
dan di tahun yang baru. Begitu juga dengan semangat
yang baru.
Masih
semangat kah Nak?
Masya Allah…
anak-anak hebat Ibu guru!
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku dengan tujuan pembelajaran Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi,
dan ekspresi yang diungkapkan). Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku. Mengidentifikasikan
gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan gabungan level
dengan pola lantai sesuai dengan iringan musik. Melakukan
gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk latihan menggunakan level dan pola
lantai yang sesuai dengan iringan musik.
Yuukk disimak materi hari ini yaa…. ^,^
Ayo Mengamati
Beni
melihat teman-temannya latihan drama.
Beni melihatnya minggu lalu. Pada drama tersebut pemerannya membacakan puisi. Puisi
yang dibacakan seperti berikut.
Bacakan
puisi tersebut ke depan kelas! Gunakan tekanan dan ekspresi yang tepat!
Buatlah
pertanyaan berdasarkan puisi di atas.
Tukarkan
dengan teman sebangkumu.
Jawab
pertanyaan tersebut dengan benar!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Ayo Berlatih
Temukan
kosakata baru pada puisi di atas!
Tuliskan pada kolom berikut!
Coba
kamu tulis puisi sendiri!
Belajarlah
ke luar kelas. Amati lingkungan
di
sekitarmu. Buatlah puisi dengan kata-katamu
sendiri.
Sesuaikan puisinya dengan lingkungan yang
kamu
amati. Tuangkan pada kolom berikut.
Bacakan hasilnya di depan teman-temanmu!
Pohon
cemara di rumah Dayu roboh. Roboh
dikarenakan tertiup angin.
Pohon
cemara yang roboh panjangnya 2 meter 60 cm.
Satuan
meter dan sentimeter adalah satuan baku.
Satuan baku dapat digunakan untuk mengukur panjang. Satuan meter disimbolkan dengan m.
Satuan sentimeter disimbolkan dengan cm.
Berikut
ini macam-macam alat ukur. Alat
digunakan
untuk mengukur dengan satuan meter.
Juga
dengan satuan sentimeter.
Sebutkan kegunaan alat-alat tersebut.
Ayo Berlatih
Beni
melihat temannya berlatih drama. Jarak
Beni dengan teman yang berlatih 4 m. Alat untuk mengukur jarak
adalah______
Lani
mengukur panjang papan tulis. Setelah diukur panjangnya 300 cm.
Artinya panjang papan tulis
tersebut sama dengan _____ m. Alat ukur yang tepat untuk mengukur
papan tulis adalah_____
Data tinggi badan teman-teman Beni.
Perhatikan
data di atas! Teman Beni yang paling
tinggi adalah ___________
Teman
Beni yang bernama_____dan______ukuran
tubuhnya
paling pendek.
Coba urutkanlah nama teman-teman Beni dari yang pendek hingga yang tertinggi.
Beni
dan temannya sudah belajar Matematika.
Kemudian, jam pelajaran berikutnya olahraga.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut!
Tirukan gerakan di atas. Tirukan bersama temanmu. Jika menirukannya kompak akan membentuk tarian.
Lakukanlah
gerakan tersebut tanpa musik.
Kemudian, lakukan dengan iringan musik.
Variasikanlah
gerakan tangan dan kakimu.
Tingkatkan
terus gerakannya. Dari rendah,
sedang,
ke tinggi. Akhirnya, kamu akan menjadi mahir.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah membaca indah
puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau
dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang
lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang
lingkungan dengan ejaan yang tepat. Menentukan
konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur
panjang benda dengan satuan baku. Mengidentifikasikan
gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan gabungan level
dengan pola lantai sesuai dengan iringan musik. Melakukan
gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk latihan menggunakan level dan pola
lantai yang sesuai dengan iringan musik.
Alhamdulillah
jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar