MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Kamis, 26
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
4 : Pengalamanku di Tempat
Wisata
Pembelajaran : 5
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku. Dalam pembelajaran ini tujuan pembelajaran Dengan
mengamati gambar kalian dapat menunjukkan contoh
perilaku di rumah yang sesuai dengan sila keempat Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila
keempat di rumah. Menjelaskan variasi gerak mendarat dalam
aktivitas senam lantai. Mempraktikkan
variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai. Menemukan contoh ungkapan minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam
kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan. Menjelaskan makna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks
percakapan dengan bahasa sendiri. Bermain peran
dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam
kemajemukan.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
Beni
pergi ke Papua bersama Edo.
Keluarganya
bermusyawarah. Akhirnya, keluarga sepakat pergi ke Raja Ampat.
Musyawarah
merupakan contoh sikap yang baik.
Karena sesuai sila keempat Pancasila.
Ayo Berlatih
Buatlah
pertanyaan tentang teks percakapan!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban
teman: ........................................................
Diskusikan
bersama temanmu! Contoh sikap yang
baik! Sikap yang sesuai sila keempat Pancasila di
tempat
wisata!
Tuliskan
hasil diskusimu!
Tuliskan
di dalam bagan berikut!
Bagaimana
hasil diskusimu?
Coba
ceritakan pengalamanmu!
Pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila!
Apa
gerak dasar dalam lomba? Terutama yang dilakukan Beni.
Gerak
dasarnya adalah mendarat. Bagaimana caranya yang benar?
Perhatikan
gambar berikut!
Lakukanlah sesuai arahan gurumu!
Ayo Membaca
Edo
meminta tolong kepada kakak sepupunya.
Kakaknya
bernama Oridek. Oridek disuruh menjadi
juri. Bacalah teks percakapan berikut!
Edo :
“ Bang, bolehkah meminta tolong? ”
Oridek : “ Boleh, meminta tolong apa, Dik? ”
Edo
: “ Bang, Edo ingin berlomba lompat
palang.
Apakah Abang mau menjadi jurinya?”
Oridek : “ Baiklah, kalau begitu. Bersiaplah untuk menjadi pemenang! ”
Edo : “ Oke, Bang! Terima kasih ya, Bang ”
Ayo Berdiskusi
Diskusikan bersama teman sebangkumu! Diskusi tentang makna ungkapan meminta tolong. Katakata ini dari teks percakapan.
Ceritakan dengan kalimatmu sendiri!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah mengamati gambar kalian dapat menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila keempat
Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan
nilainilai Pancasila sila keempat di rumah. Menjelaskan
variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak mendarat dalam aktivitas senam lantai. Menemukan contoh ungkapan minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam
kemajemukan masyarakat Indonesia yang terdapat pada teks percakapan. Menjelaskan makna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks
percakapan dengan bahasa sendiri. Bermain peran
dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam
kemajemukan.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah
memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar