MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Rabu, 04
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
1 : Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 4
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Usai
liburan hampir dua pekan. Bagaimana kabarnya hari ini?
Masha
allah sehat semua ya sayang.
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah…
anak-anak hebat Ibu guru!
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5
yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran dapat Membedakan
bentuk puisi dengan yang bukan puisi tentang alam dari teks yang
diperdengarkan. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam
puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan
ekspresi yang diungkapkan). Mengenal
satuan baku untuk mengukur panjang. Memilih alat
ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur.Menunjukkan tekanan
kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama tiga. Menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama
tiga.
Memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu
berbirama tiga.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (115
menit)
Hari ini adalah hari Minggu.
Keluarga Beni duduk di teras rumah.
Tiba-tiba Beni membaca puisi.
Dengarkan gurumu membaca puisi!
Puisi yang dibacakan berjudul “Tamanku”.
Apakah kamu mendengarkan gurumu berpuisi?
Pahami kata-kata dalam puisi.
Sebutkan kata-kata yang belum diketahui artinya.
Ayo Berdiskusi!
Ujilah pemahamanmu dengan mengerjakan latihan berikut!
Ayo Mengamati!
Amatilah gambar berikut!
Ayah mengajak ibu, kakak, dan Beni gotong royong.
Gulma banyak tumbuh di taman bunga.
Buatlah pertanyaan sesuai gambar di atas!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Beni memupuk tanaman. Beni bersama kakaknya bekerja sambil bernyanyi.
Beni dan kakaknya menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”
Tahukah kamu lagu “Lihat Kebunku”?
Nyanyikanlah lagu “Lihat Kebunku” bersama temanmu!
Perhatikan tekanan kuat dan lemahnya!
Baca lagi puisi di atas!
Jawablah pertanyaan berikut!
1.
Apa isi taman bungaku dalam puisi?
Jawab:
................................................................
2.
Sebutkan kata yang baik pada puisi
tersebut!
Jawab:
................................................................
3.
Bagaimana bila taman tidak
dirawat?
Jawab:
................................................................
4.
Bagaimana cara merawat taman?
Jawab:
................................................................
5.
Cobalah buat puisi sesuai
kemampuanmu!
Jawab:
................................................................
Setelah istirahat, Beni membantu
ayahnya.
Ayah Beni ingin memperbaiki motor.
PENUTUP (15
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar,
kalian telah Membedakan bentuk puisi dengan yang bukan
puisi tentang alam dari teks yang diperdengarkan. Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam
yang diperdengarkan. Membaca indah
puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari
lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Mengenal
satuan baku untuk mengukur panjang. Memilih alat
ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur.Menunjukkan tekanan
kuat dan lemah pada pola irama sederhana berbirama tiga. Menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana berbirama
tiga.
Memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu
berbirama tiga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar