MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Rabu, 25
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
4 : Pengalamanku di Tempat
Wisata
Pembelajaran : 3 dan 4
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku dengan tujuan pembelajaran yaitu Membaca indah puisi anak tentang alam. Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam. Menemukan kosakata
baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam
yang diperdengarkan. Menuliskan isi
puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Memecahkan
masalah seharihari tentang satuan panjang. Menyajikan
penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang. Mengidentifikasi
cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya
hiasan. Membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
Beni
bersama keluarga pernah berwisata.
Berwisata
mengunjungi pulau Komodo.
Pulau
Komodo berada di Kabupaten Manggarai
Barat.
Kabupaten tersebut berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Di
sana terdapat banyak komodo.
Komodo
pemakan daging. Seperti daging kambing
atau daging unggas.
Ayo Mengamati
Perhatikan
gambar di atas! Kemudian, buatlah
pertanyaannya!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Ayo Membaca
Nyanyikanlah
lagu berikut! Lagu tentang “Desaku.”
Beberapa temanmu membaca liriknya. Lirik lagu
“ Desaku ” dibaca seperti puisi.
Simaklah
temanmu membaca puisi!
Berikanlah
pendapatmu!
Tepatkah lafal, intonasi, dan ekspresinya?
Ayo Berdiskusi
Diskusikan
dengan temanmu! Apa makna katakata berikut?
Perhatikan
kolom berikut! Temukan kata-kata di atas! Dengarkan petunjuk gurumu!
Coba
tulis sebuah puisi! Puisi tentang Komodo.
Gunakan kalimatmu sendiri!
Kerjakan
soal berikut dengan benar!
1.
Panjang badan komodo 146 cm.
Panjang ekor komodo 152 cm. Berapa meter panjang badan
dan ekor komodo tersebut?
2.
Komodo jantan panjangnya 314 cm.
Komodo betina
panjangnya 298 cm. Berapa cm panjang
kedua komodo?
3.
Anak komodo panjang badannya 63
cm. Ekornya 56
cm. Berapa meterkah panjang badan dan
ekor anak komodo?
4.
Anak komodo jantan panjangnya 65
cm. Anak komodo
betina panjangnya 60 cm. Berapa
meterkah panjang kedua anak
komodo?
Petugas penjaga komodo sedang
memberi makan.
Makannya beberapa ekor ayam, itik, dan jenis unggas lainnya.
Ayo Mencoba
Beni membuat jenis hewan dari kain flanel.
Coba
lakukan seperti Beni.
Caranya
mudah!
Langkah-langkahnya
seperti berikut.
1.
Sediakan pola hewan dengan kertas karton.
2.
Buat pola pada kain flanel. Bentuklah seperti hewan.
3.
Gunting kain flanel sesuai pola.
4.
Tempelkan yang sudah digunting hingga membentuk hewan.
Contoh:
Ayo Mengamati
Beni
tamasya ke Candi Borobudur.
Tamasya
disebut juga study tour.
Beni meminta tolong pengunjung lain.
Beni meminta untuk difoto.
Apa
yang dilakukan Beni?
Bagaimana
cara melakukannya?
Gurumu
akan membacakan teks percakapan.
Percakapan
Beni bersama orang yang baru dikenal.
Dengarkan teks percakapan
tersebut!
Sudahkah
kamu mendengarkannya?
Teks
percakapan yang disampaikan gurumu?
Buatlah
pertanyaannya!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
........................................................
Ayo Menulis
Jawablah
pertanyaan berikut!
1.
Sebutkan alat untuk memfoto.
Jawab:
................................................................
2.
Bagaimana cara meminta tolong yang baik?
Jawab:
................................................................
3.
Siapa yang meminta tolong?
Jawab:
................................................................
4.
Mengapa orang mau menolongnya?
Jawab:
................................................................
5.
Apa yang terjadi setelah berfoto?
Jawab:
................................................................
Ayo Berlatih
Gambar
berikut menunjukkan sikap santun.
Sikap
Beni kepada orang lain. Latihlah dirimu menggunakan
bahasa yang santun. Bahasa ketika meminta tolong.
Lakukan
bersama teman sebangkumu! Gunakan bahasamu sendiri!
Beni
dan teman-teman telah selesai mengunjungi Borobudur. Kemudian, melanjutkan
membatik di sekitar
Candi.
Sebelum
membatik, Beni mengukur panjang kain.
Panjang
kain untuk dibatik. Panjang kain yang
dibatik berbeda-beda.
Perhatikan
data berikut!
Data tentang panjang kain untuk membatik.
Siti
dan Lani belum mendapatkan kain.
Kerjakanlah soal berikut!
Hitunglah berdasarkan data di
atas!
1.
Berapakah panjang kain Meli dan
Edo jika digabung? Hitunglah dalam satuan meter!
2.
Setengah kain Beni diberikan
kepada Siti. Berapa meter panjang kain Beni dan Dayu?
3.
Setengah kain Beni diberikan
kepada Siti. Berapa cm panjang kain Siti dan Udin?
4.
Setengah kain Edo diberikan
kepada Lani. Berapa cm panjang kain Lani dan Meli?
Kain hasil membatik dibawa
pulang.
Kain batik dijadikan bahan dasar
hiasan. Hiasan bingkai foto. Hal ini sebagai pengalamannya di candi Borobudur.
Ayo Mencoba
Beni
menghias bingkai foto dengan kain batik.
Coba
lakukan seperti Beni.
Perhatikan langkah-langkahnya!
Contoh
bingkai foto Beni. Foto ketika di candi
Borobudur. Bingkainya dihias dengan kain batik.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah Membaca
indah puisi anak tentang alam. Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam. Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam
yang diperdengarkan. Menuliskan isi
puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Memecahkan
masalah seharihari tentang satuan panjang. Menyajikan
penyelesaian masalah sehari-hari tentang panjang. Mengidentifikasi
cara menggunakan bahan buatan dan alat untuk membuat karya
hiasan. Membuat karya hiasan dengan bahan buatan.
Alhamdulillah
jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar