Materi
Pembelajaran
Hari / Tanggal : Senin,30 Januari 2023
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 1 : Hewan di Sekitarku
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan
sholihah…
Bagaimana kabarnya hari
ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu
semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak
hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 1 dan 2 Tema 6
Subtema 1 Hewan di Sekitarku dengan Tujuan pembelajaran yang akan
mempelajari tentang membedakan dan menyuarakan panjang dan pendek bunyi pada
lagu. Mengidentifikasi penggunaan huruf kapital pada awal kalimat. Menulis teks
dengan huruf tegak bersambung sesuai aturan penulisan yang tepat. Menyebutkan
satuan baku dan mengukur berat benda dengan ukuran berat (gram, ons, dan
kilogram). akan mempelajari tentang membaca dan menulis teks yang ditulis
dengan huruf tegak bersambung dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Menjelaskan
prosedur penggunaan variasi gerak berjalan sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama. Menjelaskan prosedur
penggunaan variasi gerak berjalan sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/ dengan
iringan musik dalam aktivitas gerak berirama. Sebagai catatan tulisan ini hanya
sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu
guru.
Ayo Membaca
Dengarkan teks berikut yang akan dibacakan oleh
gurumu!
Lani dan Siti, sedang bermain di kebun belakang rumah Lani. Di kebun belakang rumah Lani tumbuh berbagai tanaman bunga. Bunga-bunga bermekaran. Tampak kupu-kupu terbang ke sana kemari.
Tidak jauh dari taman bunga, terdapat kandang ayam. Lani dan keluarganya memelihara ayam. Di dekat kandang ayam, terdapat satu kandang kelinci. Lani juga memelihara kelinci.
Ayo Berdiskusi
Lingkarilah huruf kapital yang digunakan pada teks
di atas!
Cocokkan jawabanmu dengan jawaban teman di
sebelahmu! Diskusikan pertanyaan berikut dengan teman di sebelahmu!
Di bagian manakah huruf kapital digunakan pada teks
tersebut?
Huruf kapital digunakan pada setiap awal kalimat dan
nama orang.
Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai
teks yang telah kamu dengarkan! Tulislah dengan menggunakan huruf tegak
bersambung. Pergunakan huruf kapital dengan benar.
Ayo Bernyanyi
Ayo, menyanyikan lagu Ayamku!
Lagu tersebut dapat dinyanyikan dengan memperhatikan
panjang dan pendek bunyi.
Panjang dan pendek bunyi dijelaskan sebagai berikut.
Setiap nada ¼ dalam sebuah birama, nilainya satu
ketukan.
Contoh: / 5 3 /
Nada 5 bernilai satu ketukan.
Nada 3 bernilai satu ketukan.
Jika nadanya 1/8, maka nilainya menjadi ½ ketuk
sehingga nada 1/8 lebih pendek daripada nada ¼.
Contoh: /
5 3 4/
Nada 5 dan 3 nilainya ½ ketukan sehingga nada 5 dan
nada 3 lebih pendek daripada 4.
Nada 5 dan 3 dinyanyikan ½ ketukan.
Ayo Mengamati
Di kebun belakang, terdapat beberapa alat timbangan.
Alat-alat tersebut digunakan untuk menimbang telur ayam dan daging ayam.
Pada alat timbangan tersebut, tertulis huruf G, KG,
dan Ons. G berarti gram KG berarti kilogram Gram, kilogram, dan ons merupakan
satuan baku untuk mengukur berat.
Ayam dipelihara untuk dimanfaatkan daging dan
telurnya. Daging ayam dijual dalam kemasan setelah ditimbang. Telur ayam dijual
dalam kemasan setelah ditimbang.
Berat 1 kilogram = 1.000 gram
Berat 1 kilogram = 10 ons
Berat 1 ons = 100 gram
Ayo Berlatih
Ayo, membentuk kelompok.
Sediakan alat dan bahan berikut dalam kelompokmu. Alat yang dibutuhkan adalah timbangan. Bahan-bahan yang ditimbang, misalnya telur. Timbanglah telur dalam berbagai berat! Bungkuslah telur dalam plastik. Tandailah bungkusan telur sesuai beratnya!
Siswa menimbang benda-benda
tersebut dalam berbagai ukuran. Minimal 5 ukuran berat, misalnya 1 kg, 500
gram, ons, 100 gram, dan 2 ons
Ayo Mengamati
Lani tidak hanya memelihara ayam. Lani juga
memelihara kelinci. Lani dan Siti bermain bersama kelinci.
Lani dan Siti senang bermain bersama. Mereka tidak
hanya bermain bersama. Mereka juga belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Lani
dan Siti sedang mengerjakan tugas membuat puisi.
Ayo Membaca
Bacalah puisi yang dibuat Lani.
Kelinciku
Aku mempunyai dua kelinci.
Aku senang bermain bersama kelinci.
Kelinciku lincah melompat-lompat
Aku pun melompat bersama kelinciku
Ayo Menulis
Tulislah teks berikut menggunakan huruf tegak
bersambung! Pergunakan huruf kapital sesuai yang digunakan pada teks!
Lani Anak yang Rajin
Lani termasuk anak yang disiplin. Tugas membuat
puisi dikerjakan dengan baik. Tugas itu dikumpulkan tepat waktu. Mengerjakan
tugas sekolah termasuk aturan yang harus dipatuhi. Selain disiplin dalam
mengerjakan tugas, Lani juga selalu datang tepat waktu. Datang ke sekolah tepat
waktu termasuk tata tertib di sekolah.
Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berjudul Lani Anak yang Rajin. Temukan tata
tertib yang harus dipatuhi oleh Lani di sekolah. Ayo, temukan bersama teman di
sebelahmu. Kemudian, temukan tata tertib yang berlaku di sekolahmu. Tuliskan
dalam kertas tugas kelompokmu. Ceritakan hasil diskusimu di depan kelas.
Tata tertib yang harus dipatuhi
oleh Lani di sekolah adalah :
1.
Mengumpulkan tugas tepat
waktu
2.
Datang ke sekolah tepat
waktu
Ayo Mengamati
Mengerjakan tugas sekolah termasuk tata tertib yang harus ditaati
ketika mengikuti pelajaran. Siswa kelas dua sedang mengikuti pelajaran olahraga.
Lani melakukan variasi gerak jalan berirama.
Amatilah gambar berikut ini!
Ayo Berlatih
Lakukan gerakan-gerakan di atas
dengan diiringi ketukan.
Ikuti petunjuk gurumu!
Alhamdulillah untuk
pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia
belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman
belajar hari ini?
Apa yang telah kalian
pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah tentang membedakan dan menyuarakan
panjang dan pendek bunyi pada lagu. Mengidentifikasi penggunaan huruf kapital
pada awal kalimat. Menulis teks dengan huruf tegak bersambung sesuai aturan
penulisan yang tepat. Menyebutkan satuan baku dan mengukur berat benda dengan
ukuran berat (gram, ons, dan kilogram). akan mempelajari tentang membaca
dan menulis teks yang ditulis dengan huruf tegak bersambung dengan lafal dan
intonasi yang tepat. Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di
sekolah. Menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak berjalan sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama.
Menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak berjalan sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/ dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama.
Alhamdulillah jika
anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar