MATERI
PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Rabu, 11
Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema
2 : Pengalamanku di
Sekolah
Pembelajaran : 4
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah…
anak-anak hebat Ibu guru!
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester 2 tema 5 yaitu
pengalamanku kemari kalian telah belajar tentang Menulis
kalimat/ungkapan permintaan tolong. Mempraktikkan
ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam
kemajemukan. Menentukan konversi satuan panjang (cm,
m).
Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering
digunakan (misalnya cm dan m). Mengidentifikasi
cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi. Membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek
dengan bahan alami.
Hari
ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu
pengalamanku dengan tujuan pembelajaran Mengidentifikasi langkahlangkah membuat karya imajinatif tiga dimensi
dengan bahan alami. Membuat karya imajinatif tiga dimensi
berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan
(misalnya cm dan m). Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal,
intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).Menuliskan isi puisi anak tentang
lingkungan dengan ejaan yang tepat.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (115
menit)
Beni
mendapat tugas dari sekolah.
Beni
harus membawa daun kelapa.
Beni
belum mengetahui kegunaannya.
Ibu
guru merahasiakannya.
Tahukah, kamu? Apa kegunaan daun kelapa?
Ayo Mengamati
Buatlah
pertanyaan tentang gambar tersebut!
Mintalah
temanmu menjawabnya!
Pertanyaan:
...............................................................
Jawaban teman:
.......................................................
Ayo Berkreasi
Perhatikan
percakapan Beni! Beni sedang
bercakap-cakap dengan Bu Guru!
Buatlah ketupat menggunakan daun kelapa!
Sediakan dua helai daun kelapa!
Daun
kelapa berguna untuk cangkang ketupat.
Banyak
jenis daun lainnya yang berguna bagimu.
Seperti,
daun mangga, daun singkong, dan daun pepaya.
Ayo Berlatih
Amatilah
lima jenis daun di sekitarmu!
Ukurlah panjang tangkai daunnya!
Catat hasilnya pada kolom
berikut! Ukuran dalam satuan cm.
Salin
hasilmu pada titik-titik berikut!
Ubahlah
ke dalam satuan meter (m)!
1.
... cm = ... m
2. ... cm = ... m
3. ... cm = ... m
4. ... cm = ... m
5. ... cm = ... m
Beni
telah selesai membuat ketupat. Kemudian,
Beni
mendengarkan guru membaca puisi. Puisinya tentang “Ketupat.”
Coba dengarkan dengan seksama!
Ayo Berdiskusi
Kamu
perlu menguji hasil diskusimu! Caranya kerjakan latihan berikut!
Petunjuk:
Temukan kata yang sesuai dengan maknanya!
1.
Memakan, meminum
2.
Dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa.
3.
Enak rasanya (seperti ikan goreng).
4.
Gulai ayam atau itik dan sebagainya, berkuah santan kental.
5.
Enak, lezat.
Dengarkan
petunjuk gurumu! Kerjakan latihan berikut!
Ayo Membaca
Bacalah puisi berikut! Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat!
Perhatikan
temanmu membaca puisi!
Gunakan
ekspresi, intonasi, dan lafal!
Ekspresi
: ........................................................................
Intonasi
: ........................................................................
Lafal
: ........................................................................
Tulislah puisi tentang “Lingkungan!”
PENUTUP (15
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah mengidentifikasi
langkahlangkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek
dengan bahan alami. Menentukan konversi satuan panjang (cm,
m).
Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering
digunakan (misalnya cm dan m). Menemukan
kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang
diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat
dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan
ekspresi yang tepat). Mengoreksi
kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal,
intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan
dengan ejaan yang tepat.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar