MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Jum’at,
04 November 2022
Tema 1 : Hidup Bersih dan
Sehat
Subtema
2 : Hidup Bersih dan Sehat
di Sekolah
Pembelajaran : 5 dan 6
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
In
syaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Alhamdulillah
sudah bertemu hari Jumat lagi ya Nak.. Jangan lupa untuk mengecek kebersihan
kuku kalian yaa….
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah… anak-anak hebat
Ibu guru!
Sekarang kita akan
melanjutkan pembelajaran dipertemuan ke5 ya Nak untuk Subtema 2 ini.
Sebelumnya, apakah kalian
masih ingat pembelajaran kemarin?
Iya
pinter, kalian telah menyebutkan isi teks yang dibaca
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan, dapat
melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat
menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca, dapat melakukan gerak
bagian kepala, tangan dan kaki dengan
pola lantai dan iringan, dapat menentukan dan memprediksi bentuk bangun datar
pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.
Nah,
hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan
pembelajaran dapat menemukan serta mengartikan kosakata
yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang
dibacakan, dapat melakukan pengamatan sederhana serta melaporkannya tentang
cara menjaga kesehatan lingkungan pedoman menggunakan isi teks yang telah
dibaca, mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan
persatuan dalam keberagaman, dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan
kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah menggunakan bahasa yang santun, menjelaskan
prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan
benar.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (50
menit)
Kelas dan pekarangan sekolah Dayu
telah bersih.
Dayu mengetahui cara menjaga
lingkungan sekolah agar bersih dan sehat.
Ayo Mengamati
Dengarkan temanmu membaca teks
percakapan berikut!
Jawablah pertanyaan berikut
sesuai dengan isi percakapan ibu guru, Dayu, dan teman-teman!
1. Apa isi percakapan ibu guru,
Dayu, dan temanteman?
2. Bagaimana cara menjaga
kebersihan lingkungan sekolah?
3. Apa saja alat-alat yang
dibutuhkan untuk menjaga kebersihan?
4. Bagaimana pendapatmu dengan
isi percakapan ibu guru, Dayu, dan teman-teman?
5. Jika kamar mandi sekolahmu
kotor, apa yang akan kamu lakukan?
Ayo Berdiskusi
Temukan kata yang dibentuk pada
tabel dengan makna berikut!
1. Wadah yang diberi tangkai
untuk mengambil air.
2. Tempat air berbentuk tabung.
3. Pembersih yang dibuat dari
bulu dan diberi dasar tempat berpegang.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal
dan intonasi yang tepat!
Apa isi teks di atas?
Sudah tahukah kamu cara menjaga
kelas agar bersih dan sehat?
Ayo Mengamati
Amati gambar di bawah ini!
Apa saja yang dilakukan Dayu dan
teman-teman?
Tuliskan hasil pengamatanmu dalam
bentuk laporan sederhana!
Bacakan laporanmu dengan lafal
dan intonasi yang tepat!
Ayo Mengamati
Dayu dan teman-teman telah
menjaga kebersihan ruang kelas.
Mereka menjaga kebersihan kelas
bersama.
Sikap mereka pantas untuk ditiru.
Sikap itu merupakan contoh
kebersamaan di kelas.
Tahukah kamu dengan kegiatan yang
menunjukkan sikap kebersamaan di kelas?
Amati gambar di bawah dengan
teliti!
Apa saja yang dilakukan Dayu dan
teman-teman?
Sikap apa saja yang harus
dimiliki agar dapat terwujud kebersamaan di kelas?
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu!
Diskusikan sikap yang harus
dimiliki agar terwujud sikap kebersamaan di kelas!
Biasakan di kelasmu sikap-sikap
seperti di atas!
Coba ceritakan kegiatan yang
mencerminkan sikap kebersamaan dengan temanmu di kelas!
Ayo Mengamati
Kelas yang bersih nyaman untuk
belajar.
Nyaman juga untuk melaksanakan
berbagai bentuk kegiatan.
Misalnya untuk latihan
melenturkan tubuh.
Latihan ini membuat tubuh lentur
dan tidak kaku.
Latihan melenturkan tubuh banyak
caranya.
Misalnya kombinasi gerakan
persendian leher, persendian lengan, dan persendian pinggang.
Amati gambar di bawah dengan
teliti!
Melenturkan tubuh dapat juga
dilakukan dalam permainan.
Misalnya saja meliukkan badan
sambil memegang bola.
Cara melakukannya:
1. Berdiri tegak dengan kaki
rapat;
2. Pegang bola dengan tangan
lurus ke atas;
3. Liukkan badan ke kiri dan ke
kanan. Gerakan ke kiri dan ke kanan
ditahan beberapa detik.
Lakukan permainan meliukkan badan
sambil memegang bola dalam kelompokmu!
Sebelum bermain, lenturkan
tubuhmu terlebih dahulu!
Kemudian, ceritakan perasaanmu
setelah bermain!
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal
dan intonasi yang tepat!
Informasi apa yang kamu peroleh
dari isi teks di atas?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah dengan
teliti!
Apa isi gambar di samping?
Bagaimana dengan lingkungan
sekolahmu?
Amati pekarangan sekolahmu!
Apa saja yang kamu lakukan agar
pekarangan sekolahmu bersih?
Tuliskan hasil pengamatanmu pada
kolom berikut!
Coba bacakan hasil pengamatanmu.
Bacakan dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Ayo Berdiskusi
Semua warga sekolah bertanggung
jawab menjaga kebersihan sekolah.
Semua warga sekolah harus
menunjukkan sikap hidup dalam kebersamaan.
Hidup dalam kebersamaan merupakan
wujud dari persatuan.
Hidup dalam kebersamaan banyak
manfaatnya.
Sebaliknya tidak hidup dalam
kebersamaan juga ada akibat buruknya.
Coba diskusikan dengan temanmu.
Apakah manfaat hidup dalam
kebersamaan di sekolah?
Diskusikan dengan temanmu apa
akibatnya jika tidak hidup kebersamaan di sekolah?
Apa saja manfaat yang kamu
temukan?
Apa pula akibat yang kamu
temukan?
Coba jelaskan di depan
teman-temanmu!
Ayo Berlatih
Carilah satu contoh kegiatan yang
mencerminkan kebersamaan dengan temanmu di kelas!
Kemudian peragakan kegiatan
tersebut!
Ayo Mengamati
Amati meja yang diangkat Dayu dan
Edo. Bagaimana bentuk permukaan meja?
Persegi panjang dapat dibentuk
menjadi pola tertentu.
Persegi panjang membentuk pola
dengan bangun datar yang lain.
Perhatikan gambar berikut dengan
teliti!
Ayo Berlatih
Tentukan bentuk bangun datar
selanjutnya sesuai dengan pola-pola berikut!
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah menemukan serta mengartikan kosakata
yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang
dibacakan, dapat melakukan pengamatan sederhana serta melaporkannya tentang
cara menjaga kesehatan lingkungan pedoman menggunakan isi teks yang telah
dibaca, mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan
persatuan dalam keberagaman, dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan
kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah menggunakan bahasa yang santun, menjelaskan
prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan
benar.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar