Jumat, 04 November 2022

Kelas 2. Tema 4 Subtema 2 PB 5 dan 6

 

MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Jum’at, 04 November 2022

Tema 1                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 2                         : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Pembelajaran                   : 5 dan 6

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

In syaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Alhamdulillah sudah bertemu hari Jumat lagi ya Nak.. Jangan lupa untuk mengecek kebersihan kuku kalian yaa….

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran dipertemuan ke5 ya Nak untuk Subtema 2 ini.

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin?

Iya pinter, kalian telah menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan, dapat melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca, dapat melakukan gerak bagian kepala, tangan dan  kaki dengan pola lantai dan iringan, dapat menentukan dan memprediksi bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.

 

Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat menemukan serta mengartikan kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan, dapat melakukan pengamatan sederhana serta melaporkannya tentang cara menjaga kesehatan lingkungan pedoman menggunakan isi teks yang telah dibaca, mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman, dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah menggunakan bahasa yang santun, menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

 

INTI (50 menit)

Kelas dan pekarangan sekolah Dayu telah bersih.

Dayu mengetahui cara menjaga lingkungan sekolah agar bersih dan sehat.

 

Ayo Mengamati

Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!


Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi percakapan ibu guru, Dayu, dan teman-teman!

1. Apa isi percakapan ibu guru, Dayu, dan temanteman?

2. Bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah?

3. Apa saja alat-alat yang dibutuhkan untuk menjaga kebersihan?

4. Bagaimana pendapatmu dengan isi percakapan ibu guru, Dayu, dan teman-teman?

5. Jika kamar mandi sekolahmu kotor, apa yang akan kamu lakukan?

 

 

Ayo Berdiskusi

Temukan kata yang dibentuk pada tabel dengan makna berikut!

1. Wadah yang diberi tangkai untuk mengambil air.

2. Tempat air berbentuk tabung.

3. Pembersih yang dibuat dari bulu dan diberi dasar tempat berpegang.



Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!



Apa isi teks di atas?

Sudah tahukah kamu cara menjaga kelas agar bersih dan sehat?



Ayo Mengamati

Amati gambar di bawah ini!


Apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman?

 

Tuliskan hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana!


Bacakan laporanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!

 

 

Ayo Mengamati

Dayu dan teman-teman telah menjaga kebersihan ruang kelas.

Mereka menjaga kebersihan kelas bersama.

Sikap mereka pantas untuk ditiru.

Sikap itu merupakan contoh kebersamaan di kelas.

Tahukah kamu dengan kegiatan yang menunjukkan sikap kebersamaan di kelas?

 

Amati gambar di bawah dengan teliti!


Apa saja yang dilakukan Dayu dan teman-teman?

Sikap apa saja yang harus dimiliki agar dapat terwujud kebersamaan di kelas?

 

 

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan temanmu!

Diskusikan sikap yang harus dimiliki agar terwujud sikap kebersamaan di kelas!


Biasakan di kelasmu sikap-sikap seperti di atas!

Coba ceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kebersamaan dengan temanmu di kelas!

 

 

Ayo Mengamati

Kelas yang bersih nyaman untuk belajar.

Nyaman juga untuk melaksanakan berbagai bentuk kegiatan.

Misalnya untuk latihan melenturkan tubuh.

Latihan ini membuat tubuh lentur dan tidak kaku.

Latihan melenturkan tubuh banyak caranya.

Misalnya kombinasi gerakan persendian leher, persendian lengan, dan persendian pinggang.

 

Amati gambar di bawah dengan teliti!




Melenturkan tubuh dapat juga dilakukan dalam permainan.

Misalnya saja meliukkan badan sambil memegang bola.

 

Cara melakukannya:

1. Berdiri tegak dengan kaki rapat;

2. Pegang bola dengan tangan lurus ke atas;

3. Liukkan badan ke kiri dan ke kanan. Gerakan ke kiri dan ke  kanan ditahan beberapa detik.

Lakukan permainan meliukkan badan sambil memegang bola dalam kelompokmu!

Sebelum bermain, lenturkan tubuhmu terlebih dahulu!

Kemudian, ceritakan perasaanmu setelah bermain!


Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!



Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks di atas?

 

 

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah dengan teliti!

Apa isi gambar di samping?

Bagaimana dengan lingkungan sekolahmu?


Amati pekarangan sekolahmu!

Apa saja yang kamu lakukan agar pekarangan sekolahmu bersih?

Tuliskan hasil pengamatanmu pada kolom berikut!



Coba bacakan hasil pengamatanmu. Bacakan dengan lafal dan intonasi yang tepat!

 

Ayo Berdiskusi

Semua warga sekolah bertanggung jawab menjaga kebersihan sekolah.

Semua warga sekolah harus menunjukkan sikap hidup dalam kebersamaan.

Hidup dalam kebersamaan merupakan wujud dari persatuan.

Hidup dalam kebersamaan banyak manfaatnya.

Sebaliknya tidak hidup dalam kebersamaan juga ada akibat buruknya.

 

Coba diskusikan dengan temanmu.

Apakah manfaat hidup dalam kebersamaan di sekolah?

Diskusikan dengan temanmu apa akibatnya jika tidak hidup kebersamaan di sekolah?


Apa saja manfaat yang kamu temukan?

Apa pula akibat yang kamu temukan?

Coba jelaskan di depan teman-temanmu!

 

 

Ayo Berlatih

Carilah satu contoh kegiatan yang mencerminkan kebersamaan dengan temanmu di kelas!

Kemudian peragakan kegiatan tersebut!


Ayo Mengamati

Amati meja yang diangkat Dayu dan Edo. Bagaimana bentuk permukaan meja?


Persegi panjang dapat dibentuk menjadi pola tertentu.

Persegi panjang membentuk pola dengan bangun datar yang lain.

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!



Ayo Berlatih

Tentukan bentuk bangun datar selanjutnya sesuai dengan pola-pola berikut!



PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah menemukan serta mengartikan kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan, dapat melakukan pengamatan sederhana serta melaporkannya tentang cara menjaga kesehatan lingkungan pedoman menggunakan isi teks yang telah dibaca, mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman, dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah menggunakan bahasa yang santun, menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...