Selasa, 01 November 2022

Kelas 2. Tema 4 Subtema 2 PB 2

 

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Selasa, 01 November 2022

Tema 1                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 2                         : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Pembelajaran                   : 2

  

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

In syaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran dipertemuan ke2 ya Nak untuk Subtema 2 ini.

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin?

Iya pinter, kalian telah belajar menemukan dan menjelaskan arti kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan, mengidentifikasi arah gerak kepala, tangan kaki dengan benar, juga kalian dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

 

Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana serta melaporkan hasilnya tentang lingkungan sehat, mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dengan benar, dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah dengan bahasa yang santun, serta menjelaskan dan mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

 

INTI (50 menit)

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!


Apa isi teks di atas?


Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini dengan teliti!

Apa yang dapat kamu ceritakan pada gambar tersebut?

Apakah kamu mengerti dengan isi gambar?

 

Tuliskan hasil pengamatanmu terhadap gambar dalam bentuk laporan sederhana!


Coba bacakan laporanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!

 

 

Dayu dan teman-teman bergotong-royong.

Bergotong-royong mencerminkan sikap hidup dalam kebersamaan.

Kebersamaan merupakan wujud dari persatuan.

Sikap Dayu dan teman-teman pantas ditiru.

Mereka juga menunjukkan sikap kebersamaan dalam kegiatan lain.

 

Amatilah gambar di bawah dengan teliti!


Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?

 

Tuliskanlah sikap-sikap yang harus dimiliki agar tercipta persatuan di sekolah!



Coba ceritakan hasil kerjamu dengan jelas!

Biasakan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari!

Dayu dan teman-teman melakukan kegiatan bersama dalam berolahraga.

Mereka melatih keseimbangan posisi telentang, miring, dan telungkup.

 

Perhatikan gambar di bawah dengan teliti!

Cara melakukan:

1. Mula-mula telentang dengan posisi badan lurus.

2. Kepala dan pinggang ditekuk ke depan.

3. Tahan beberapa saat semampunya.



Cara melakukan:

1. Mula-mula berbaring miring dengan kedua kaki lurus (gambar A).

2. Salah satu kaki diangkat (gambar B).

3. Tahan beberapa saat semampunya.

4. Salah satu kaki ditekuk ke belakang (gambar C).

5. Tahan beberapa saat semampunya.


Cara melakukan:

1. Mula-mula telungkup dengan kedua kaki lurus dan kepala menghadap ke bawah (gambar A).

2. Salah satu kaki diangkat dan ditahan beberapa saat semampunya (gambar B).

3. Kedua kaki diangkat dan ditahan beberapa saat semampunya (gambar C).

 

Lakukanlah gerakan keseimbangan pada posisi telentang, miring, dan telungkup!

 

 

PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana serta melaporkan hasilnya tentang lingkungan sehat, mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah, menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah, serta menjelaskan dan mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...