MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Selasa,
01 November 2022
Tema 1 : Hidup Bersih dan
Sehat
Subtema
2 : Hidup Bersih dan Sehat
di Sekolah
Pembelajaran : 2
PEMBUKAAN (10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
In
syaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah… anak-anak hebat
Ibu guru!
Sekarang kita akan
melanjutkan pembelajaran dipertemuan ke2 ya Nak untuk Subtema 2 ini.
Sebelumnya, apakah kalian
masih ingat pembelajaran kemarin?
Iya pinter, kalian telah
belajar menemukan dan menjelaskan arti kosakata
yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan, mengidentifikasi
arah gerak kepala, tangan kaki dengan benar, juga kalian dapat menentukan dan
mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut
dengan benar.
Nah, hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat
dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana serta melaporkan hasilnya
tentang lingkungan sehat, mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang
menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dengan benar, dapat
menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di
sekolah dengan bahasa yang santun, serta menjelaskan dan mempraktikkan prosedur
bergerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (50
menit)
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan
lafal dan intonasi yang tepat!
Apa isi teks di atas?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini
dengan teliti!
Apa yang dapat kamu
ceritakan pada gambar tersebut?
Apakah kamu mengerti dengan
isi gambar?
Tuliskan hasil pengamatanmu
terhadap gambar dalam bentuk laporan sederhana!
Coba bacakan laporanmu
dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Dayu dan teman-teman bergotong-royong.
Bergotong-royong
mencerminkan sikap hidup dalam kebersamaan.
Kebersamaan merupakan wujud
dari persatuan.
Sikap Dayu dan teman-teman
pantas ditiru.
Mereka juga menunjukkan
sikap kebersamaan dalam kegiatan lain.
Amatilah
gambar di bawah dengan teliti!
Pernahkah kamu melakukan
kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?
Tuliskanlah sikap-sikap yang
harus dimiliki agar tercipta persatuan di sekolah!
Coba ceritakan hasil kerjamu
dengan jelas!
Biasakan sikap-sikap
tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari!
Dayu dan teman-teman
melakukan kegiatan bersama dalam berolahraga.
Mereka melatih keseimbangan
posisi telentang, miring, dan telungkup.
Perhatikan
gambar di bawah dengan teliti!
Cara melakukan:
1. Mula-mula telentang
dengan posisi badan lurus.
2. Kepala dan pinggang
ditekuk ke depan.
3. Tahan beberapa saat
semampunya.
Cara melakukan:
1. Mula-mula berbaring
miring dengan kedua kaki lurus (gambar A).
2. Salah satu kaki diangkat
(gambar B).
3. Tahan beberapa saat
semampunya.
4. Salah satu kaki ditekuk
ke belakang (gambar C).
5. Tahan beberapa saat
semampunya.
Cara melakukan:
1. Mula-mula telungkup
dengan kedua kaki lurus dan kepala menghadap ke bawah (gambar A).
2. Salah satu kaki diangkat
dan ditahan beberapa saat semampunya (gambar B).
3. Kedua kaki diangkat dan
ditahan beberapa saat semampunya (gambar C).
Lakukanlah
gerakan keseimbangan pada posisi telentang, miring, dan telungkup!
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah menyebutkan
isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan
pengamatan sederhana serta melaporkan hasilnya tentang lingkungan sehat, mengidentifikasi
berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di
sekolah, menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam
keberagaman di sekolah, serta menjelaskan dan mempraktikkan prosedur bergerak
secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.
Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar