MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Kamis, 10
November 2022
Tema 4 : Hidup Bersih dan
Sehat
Subtema
3 : Hidup Bersih dan Sehat
di tempat bermain
Pembelajaran : 4
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Alhamdulillah kita bertemu lagi ya Nak..
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah… anak-anak hebat
Ibu guru!
Sekarang kita akan
melanjutkan pembelajaran selanjutnya
yaitu tema 4 subtema 3 ya Nak.
Sebelumnya, apakah kalian
masih ingat pembelajaran kemarin?
Iya pinter, kalian telah
dapat dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya
patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat, mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif
menggunakan bahan alami dengan tepat. mengidentifikasi ruas garis yang
membatasi model bangun ruang dengan tepat. dapat menjelaskan makna kosakata
yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan
dengan benar, dapat
menuliskan dan melaporkan hasil pengamatan
sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
Nah, hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. menyebutkan
isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa
lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman)
secara tepat. dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan
tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat. melaporkan
hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa
Indonesia yang tepat. mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya membentuk
imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti, dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (50
menit)
Dayu dan teman-teman bermain di taman yang ada di pinggir jalan raya.
Mereka
mengamati setiap kendaraan bermotor yang lewat.
Kendaraan
bermotor mengeluarkan asap.
Asap
kendaraan bermotor menyebabkan polusi udara.
Buatlah hasil pengamatanmu dalam
bentuk laporan
sederhana!
Tuliskan
pada kolom berikut!
Coba
bacakan hasil pengamatanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Model
gambar di atas dapat dibuat dengan
menggunakan
bahan lunak.
Bahan
lunak misalnya plastisin.
Tahukah
kamu bagaimana cara membuatnya?
Apa
saja alat dan bahan yang dibutuhkan?
Amati kendaraan bermotor atau
benda-benda di sekitarmu!
Buatlah
kerajinan dari plastisin sesuai model yang kamu pilih!
Bagian
model lokomotif kereta api berbentuk kubus.
Plastisin
berbentuk balok.
Kubus
dan balok merupakan contoh bangun ruang.
Diskusikan
dengan temanmu benda-benda di
sekitarmu yang berbentuk kubus dan balok!
Bangun ruang mempunyai rusuk, sisi, dan titik sudut.
Tahukah kamu rusuk, sisi, dan titik sudut pada kubus dan balok?
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar,
kalian telah
dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan
lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman) secara tepat. dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat. melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat
menggunakan bahasa Indonesia yang tepat. mengidentifikasi langkah-langkah
membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti, dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
Alhamdulillah
jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar