Kamis, 10 November 2022

Kelas 2. Tema 4 Subtema 3 PB 4

 

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Kamis, 10 November 2022

Tema 4                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 3                         : Hidup Bersih dan Sehat di tempat bermain

Pembelajaran                    : 4

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Alhamdulillah kita bertemu lagi ya Nak..

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran selanjutnya yaitu tema 4 subtema 3  ya Nak.

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin?

Iya pinter, kalian telah dapat dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat, mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat. mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat. dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar, dapat menuliskan dan melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.

 

Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat. dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat. melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat. mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti, dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.

 

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

INTI (50 menit)

Dayu dan teman-teman bermain di taman yang ada di pinggir jalan raya.

Mereka mengamati setiap kendaraan bermotor yang lewat.

Kendaraan bermotor mengeluarkan asap.

Asap kendaraan bermotor menyebabkan polusi udara.

 



Buatlah hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan

sederhana!

Tuliskan pada kolom berikut!


Coba bacakan hasil pengamatanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!


Model gambar di atas dapat dibuat dengan

menggunakan bahan lunak.

Bahan lunak misalnya plastisin.


Tahukah kamu bagaimana cara membuatnya?

Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan?


Amati kendaraan bermotor atau benda-benda di sekitarmu!

Buatlah kerajinan dari plastisin sesuai model yang kamu pilih!




Bagian model lokomotif kereta api berbentuk kubus.

Plastisin berbentuk balok.

Kubus dan balok merupakan contoh bangun ruang.

 

Diskusikan dengan temanmu benda-benda di

sekitarmu yang berbentuk kubus dan balok!



Bangun ruang mempunyai rusuk, sisi, dan titik sudut.

Tahukah kamu rusuk, sisi, dan titik sudut pada kubus dan balok?





PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat. dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat. melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat. mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti, dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...