MATERI
PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Kamis, 17 November 2022
Tema 4 : Hidup
Bersih dan Sehat
Subtema 4 : Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 4
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk..
sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang,
Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu “Profil Pelajar Pancasila”
1… 2…
3…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Bagaimana
perasaan anak-anak Ibu Guru pagi ini? Bahagia semuanya?
Alhamdulillah…
Semoga selalu Bahagia sampai selesai pembelajaran hari ini ya Nak ^,^
Sekarang
kita akan melanjutkan pembelajaran selanjutnya ya Nak..
Sebelumnya,
apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin? (Apersepsi)
Iya pinter, kalian telah dapat menyebutkan dan mencatat
isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
menggunakan bahasa lisan secara tepat. Dengan kegiatan diskusi kelompok, kalian dapat menemukan dan menjelaskan kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara
benar. Dengan kegiatan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat pedoman
isi teks yang telah dibaca, kalian dapat menuliskan dan melaporkan hasil
pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang
tepat. Dengan mengamati gambar, kalian dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya
hiasan dan langkah-langkah membuat karya hiasan menggunakan bahan buatan dengan
tepat, dan dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, kalian dapat
menentukan serta mengelompokkan bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi,
dan titik sudut secara benar.
Nah, hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran nantinya
kalian dapat menyebutkan isi teks yang dibaca
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan, dengan
melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan
pedoman isi teks yang telah dibaca dapat melaporkan hasilnya secara benar.
Dengan mengamati gambar, kalian dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dan
bahan buatan dengan alatanya dalam membuat karya hiasan secara tepat. Dengan
mengamati gambar dan model bangun ruang, kalian dapat menentukan bangun ruang
pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.
Yuukk, sekarang kita mulai
pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi
dimulai!
INTI (50
menit)
Dayu dan teman-teman berlibur ke pantai.
Di pantai ada berbagai tempat yang disediakan.
Ada tempat parkir, warung, tempat duduk, WC umum, ruang ganti baju, dan
sebagainya.
Dayu dan teman-teman menuju WC umum.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan nyaring!
Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks di atas?
Ayo Mengamati
Sudah tahukah kamu bagaimana ciri-ciri WC umum yang tidak bersih?
Amati gambar di bawah ini!
Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar di atas?
Bagaimana ciri-ciri WC umum yang kotor?
Coba tuliskan hasil pengamatanmu terhadap gambar sebelumnya!
Ungkapkan hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana!
Coba
bacakan hasil laporan yang telah kamu tulis dengan nyaring!
Ayo Mengamati
Membersihkan
WC yang kotor sebaiknya menggunakan sabun cair lantai dan sikat ubin.
Jenis
sabun bermacam-macam.
Ada
sabun batangan, ada juga sabun cair.
Sabun
batangan dapat dibuat menjadi hiasan.
Hiasan
apa saja yang dapat dibuat dari sabun batangan?
Amati
gambar berikut!
Tahukah
kamu cara membuat hiasan dari sabun batangan?
Apa
saja alat dan bahan yang digunakan?
Bacalah
petunjuk berikut dengan nyaring!
Buatlah
hiasan dari bahan sabun batangan!
Dengarkan
petunjuk gurumu sebelum membuatnya!
Amati
kembali gambar sabun di bawah ini!
Sabun
batangan berbentuk balok.
Balok
merupakan contoh bangun ruang.
Jika
disusun, balok dapat membentuk pola tertentu.
Perhatikan
pola susunan balok berikut!
Tentukanlah bentuk bangun ruang
selanjutnya mengikuti pola-pola berikut!
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan
hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar
hari ini?
Apa yang kalian rasakan selama
pembelajaran hari ini berlangsung?
Apakah ada yang belum jelas untuk
materi hari ini? (refleksi)
Apa yang telah kalian pelajari
hari ini? (Review)
Ya benar, kalian
telah Nah,
hari ini kalian sudah dapat menyebutkan isi
teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa
lisan, dengan melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat
menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dapat melaporkan hasilnya secara
benar. Dengan mengamati gambar, kalian dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya
hiasan dan bahan buatan dengan alatanya dalam membuat karya hiasan secara
tepat. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, kalian dapat menentukan
bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.
Alhamdulillah jika
anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan,
selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar