Kamis, 17 November 2022

Kelas 2. Tema 4 Subtema 4 PB 4

 

MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Kamis, 17 November 2022

Tema 4                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 4                         : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Pembelajaran                   : 4

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu “Profil Pelajar Pancasila”

1… 2… 3…

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Bagaimana perasaan anak-anak Ibu Guru pagi ini? Bahagia semuanya?

Alhamdulillah… Semoga selalu Bahagia sampai selesai pembelajaran hari ini ya Nak ^,^

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran selanjutnya ya Nak..

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin? (Apersepsi)

Iya pinter, kalian telah dapat menyebutkan dan mencatat  isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan secara tepat. Dengan kegiatan diskusi kelompok, kalian dapat menemukan dan menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar. Dengan kegiatan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat pedoman isi teks yang telah dibaca, kalian dapat menuliskan dan melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat. Dengan mengamati gambar, kalian dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dan langkah-langkah membuat karya hiasan menggunakan bahan buatan dengan tepat, dan dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, kalian dapat menentukan serta mengelompokkan bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut secara benar.

 

Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran nantinya kalian dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan, dengan melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dapat melaporkan hasilnya secara benar. Dengan mengamati gambar, kalian dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dan bahan buatan dengan alatanya dalam membuat karya hiasan secara tepat. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, kalian dapat menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

 

INTI (50 menit)

Dayu dan teman-teman berlibur ke pantai.

Di pantai ada berbagai tempat yang disediakan.

Ada tempat parkir, warung, tempat duduk, WC umum, ruang ganti baju, dan sebagainya.

Dayu dan teman-teman menuju WC umum.

 

 

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan nyaring!


Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks di atas?

 

 

Ayo Mengamati

Sudah tahukah kamu bagaimana ciri-ciri WC umum yang tidak bersih?

Amati gambar di bawah ini!

Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar di atas?

Bagaimana ciri-ciri WC umum yang kotor?

 

Coba tuliskan hasil pengamatanmu terhadap gambar sebelumnya!

Ungkapkan hasil pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana!

Coba bacakan hasil laporan yang telah kamu tulis dengan nyaring!

 

 

Ayo Mengamati

Membersihkan WC yang kotor sebaiknya menggunakan sabun cair lantai dan sikat ubin.

Jenis sabun bermacam-macam.

Ada sabun batangan, ada juga sabun cair.

Sabun batangan dapat dibuat menjadi hiasan.

Hiasan apa saja yang dapat dibuat dari sabun batangan?

Amati gambar berikut!


Tahukah kamu cara membuat hiasan dari sabun batangan?

Apa saja alat dan bahan yang digunakan?

 

Bacalah petunjuk berikut dengan nyaring!


Buatlah hiasan dari bahan sabun batangan!

Dengarkan petunjuk gurumu sebelum membuatnya!

 

Amati kembali gambar sabun di bawah ini!

Sabun batangan berbentuk balok.

Balok merupakan contoh bangun ruang.

Jika disusun, balok dapat membentuk pola tertentu.

 

Perhatikan pola susunan balok berikut!



Tentukanlah bentuk bangun ruang selanjutnya mengikuti pola-pola berikut!



PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini?

Apa yang kalian rasakan selama pembelajaran hari ini berlangsung?

Apakah ada yang belum jelas untuk materi hari ini? (refleksi)

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

 

Ya benar, kalian telah Nah, hari ini kalian sudah dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan, dengan melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dapat melaporkan hasilnya secara benar. Dengan mengamati gambar, kalian dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dan bahan buatan dengan alatanya dalam membuat karya hiasan secara tepat. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, kalian dapat menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.

  

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...