MATERI
PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Rabu, 16 November 2022
Tema 4 : Hidup
Bersih dan Sehat
Subtema 4 : Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 3
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk..
sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang,
Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu “Profil Pelajar Pancasila”
1… 2…
3…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Bagaimana
perasaan anak-anak Ibu Guru pagi ini? Bahagia semuanya?
Alhamdulillah…
Semoga selalu Bahagia sampai selesai pembelajaran hari ini ya Nak ^,^
Sekarang
kita akan melanjutkan pembelajaran selanjutnya ya Nak..
Sebelumnya,
apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin? (Apersepsi)
Iya
pinter, kalian telah dapat membaca dan
menyebutkan teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan
lafal dan intonasi yang tepat, dapat melakukan pengamatan sederhana dan
melaporkan hasilinya tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang
telah dibaca, dapat menjelaskan prosedur bergerak secara kuat dalam rangka
pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional, dapat mempraktikkan gerak secara kuat dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara
benar, dan dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam
keberagaman di tempat umum sekitar rumah dengan benar, dan dapat menceritakan
tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum
sekitar rumah menggunakan bahasa yang santun.
Nah, hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran nantinya
kalian dapat menyebutkan dan mencatat isi teks
yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan
secara tepat. Dengan kegiatan diskusi kelompok, kalian
dapat menemukan dan menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak
sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar. Dengan kegiatan pengamatan
sederhana tentang lingkungan tidak sehat pedoman isi teks yang telah dibaca,
kalian dapat menuliskan dan melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang
lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat. Dengan mengamati gambar,
kalian dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dan langkah-langkah
membuat karya hiasan menggunakan bahan buatan dengan tepat, dan dengan mengamati
gambar dan model bangun ruang, kalian dapat menentukan serta mengelompokkan
bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut secara benar.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi
dimulai!
INTI (50
menit)
Dayu dan ibu berbelanja ke pasar.
Dayu senang menikmati suasana
pasar.
Namun, Dayu prihatin dengan
kebersihan pasar.
Pasar terlihat kotor dan becek.
Ayo Mengamati
Dengarkan temanmu membaca
percakapan berikut!
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa isi percakapan Dayu dan
ibu?
2. Mengapa terjadi penumpukan
sampah dan barang bekas di pasar?
3. Jika ada orang yang membuang
sampah sembarangan di pasar, apa yang akan kamu lakukan?
4. Apa yang akan kamu lakukan
jika melihat sampah berserakan di pasar?
5. Apa yang akan terjadi jika
pasar jarang dibersihkan?
Ayo Berdiskusi
Isilah teka-teki silang berikut
dengan benar!
Mendatar:
1. Ternoda dan kotor.
Menurun:
2. Berasa sangat geli pada kulit.
3. Berasa tidak nyaman di tubuh
karena sesuatu misalnya: demam, flu, dan sebagainya.
Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dengan
nyaring!
Apa isi teks yang telah kamu
baca?
Ayo Mengamati
Sudah tahukah kamu bagaimana
ciri-ciri pasar yang tidak bersih?
Amati gambar di bawah ini!
Tuliskan hasil pengamatanmu
tentang ciri-ciri pasar yang tidak bersih!
Coba bacakan laporanmu dengan
nyaring!
Terdapat banyak toko yang
berjejer di pasar.
Setiap toko menjual barang yang
berbeda.
Dayu dan ibu menuju toko yang
menjual bahan keterampilan.
Mereka membeli manik-manik.
Manik-manik dapat dibuat menjadi
hiasan.
Misalnya kalung, gelang, bros,
gantungan kunci, dan hiasan tempat tisu.
Tahukah kamu cara membuat hiasan
seperti gambar di atas?
Tahukah kamu alat dan bahan yang
digunakan?
Ayo Berkreasi
Buatlah sebuah gelang atau kalung
sederhana dari manik-manik!
Bacalah petunjuk berikut terlebih
dahulu!
Sudah bisakah kamu membuat gelang
atau kalung dari manik-manik?
Bagaimana perasaanmu dengan
hiasan yang telah kamu hasilkan?
Ayo Mengamati
Amati bentuk benda berikut dengan
teliti!
Bagaimana bentuknya? Benda ini
berbentuk balok.
Balok merupakan contoh bangun
ruang.
Masih ingatkah kamu dengan rusuk,
sisi, dan titik sudut pada bangun ruang?
Kelompokkan bangun-bangun ruang
berikut berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudutnya!
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan
hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar
hari ini?
Apa yang kalian rasakan selama
pembelajaran hari ini berlangsung?
Apakah ada yang belum jelas untuk
materi hari ini? (refleksi)
Apa yang telah kalian pelajari
hari ini? (Review)
Ya benar, kalian
telah Nah,
hari ini kalian sudah dapat menyebutkan dan mencatat
isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
menggunakan bahasa lisan secara tepat. Dengan kegiatan diskusi kelompok, kalian dapat menemukan dan menjelaskan kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara
benar. Dengan kegiatan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat pedoman
isi teks yang telah dibaca, kalian dapat menuliskan dan melaporkan hasil
pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang
tepat. Dengan mengamati gambar, kalian dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya
hiasan dan langkah-langkah membuat karya hiasan menggunakan bahan buatan dengan
tepat, dan dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, kalian dapat
menentukan serta mengelompokkan bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi,
dan titik sudut secara benar.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas
kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup
pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan,
selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar