MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Senin, 07
November 2022
Tema 4 : Hidup Bersih dan
Sehat
Subtema
3 : Hidup Bersih dan Sehat
di tempat bermain
Pembelajaran : 1
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Alhamdulillah sudah bertemu hari senin ya Nak..
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah… anak-anak hebat
Ibu guru!
Sekarang kita akan
melanjutkan pembelajaran selanjutnya
yaitu tema 3
ya Nak.
Sebelumnya, apakah kalian
masih ingat pembelajaran kemarin?
Iya
pinter, kalian telah mengartikan kosakata yang berkaitan
dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan, dapat
melakukan pengamatan sederhana serta melaporkannya tentang cara menjaga
kesehatan lingkungan pedoman menggunakan isi teks yang telah dibaca, mengidentifikasi
berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman, dapat
menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di
sekolah menggunakan bahasa yang santun, menjelaskan prosedur gerak kelenturan
tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui
permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
Nah, hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat dapat menyebutkan isi
teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan, dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat
berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar, dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan
lafal dan intonasi yang tepat, dapat
mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar,
mengidentifikasi alat dan bahan menggambar dengan
benar serta langkah-langkah menggambar
imajinatif dengan benar dan mengamati gambar
model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi
model bangun ruang dengan tepat.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (50
menit)
Hidup
bersih dan sehat tidak hanya di rumah dan di sekolah.
Kita
juga harus hidup bersih dan sehat di semua tempat.
Salah satunya di tempat bermain.
Kegiatan
apa yang dilakukan Dayu dan temanteman?
Menurutmu,
mengapa mereka perlu melakukan kegiatan itu?
Apakah
kamu setuju dengan kegiatan yang mereka lakukan?
Dayu
dan teman-teman mendapat tugas sekolah.
Mereka
ditugaskan menggambar lingkungan dan benda-benda di sekitar.
Dayu
dan teman-teman sepakat mengerjakan bersama.
Mereka
menggambar di taman sekitar kompleks.
Taman tidak jauh dari rumah Dayu.
Sudah selesai diamati dan dibaca isi teks
percakapanya sayang..
Okay kalau sudah silahkan kalian berlatih
dengan menjawab soal di bawah ini ya!
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan teks
percakapan
sebelumnya!
1.
Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
2. Bagaimana suasana tempat bermain Dayu dan teman-teman?
3. Bagaimana pendapatmu terhadap isi percakapan Dayu dan teman-teman?
4. Apa yang harus dilakukan agar kebersihan taman terus terjaga?
5. Apa pendapatmu apabila tempat bermain jarang dibersihkan?
Jika sudah selesai ayo kita berdiskusi...
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang
tepat!
Tempat Bermain yang Bersih
Segar
dansejuk Banyak cabang, ranting, dan daun Bagus dipandang
Tempat
bermain merupakan salah satu tempat yang kita butuhkan.
Di
sana kita bisa bermain dengan teman-teman.
Tempat
bermain juga bisa dijadikan tempat belajar dan rekreasi.
Oleh
sebab itu, kebersihannya harus kita jaga dengan baik.
Tempat
bermain yang bersih bebas dari sampah.
Jika
tempat bermain bersih, pengunjung akan sehat.
Kebersihan
adalah pangkal kesehatan.
Oleh
sebab itu, jika ingin sehat, kita harus menciptakan lingkungan yang bersih.
Oke.. buguru mau bertanya, Informasi
apa yang kamu peroleh dari isi teks di
atas?
Bagaimana
tempat bermain Dayu dan temanteman?
Apakah tempat bermain mereka sudah bersih?
Tuliskan hasil pengamatanmu tentang ciri-ciri tempat bermain
yang bersih!
Sekarang kita lanjutnya pembelajaran kita
yaitu “Berkreasi”
Dayu
dan teman-teman mulai menggambar.
Mereka
membuat karya dua dimensi.
Contoh
karya dua dimensi adalah gambar atau lukisan.
Apa
saja alat dan bahan yang digunakan untuk
membuat
gambar atau lukisan?
Perhatikan gambar di bawah dengan teliti!
Bagaimana
cara menggunakan alat dan bahan di atas?
Apa saja langkah-langkah dalam membuat gambar?
Coba
buat gambar benda-benda yang ada di sekitarmu!
Boleh
juga menggambar lingkungan yang ada di sekitarmu.
Perhatikan
contoh gambar Dayu di bawah!
Perhatikan
kembali gambar Dayu.
Dayu
menggambar jenjang dari kubus yang tersusun.
Kubus
merupakan contoh bangun ruang.
Coba
amati benda-benda di sekitarmu yang berbentuk kubus!
Kubus
mempunyai 12 ruas garis, yaitu ruas garis AB,BC, CD, AD, EF, FG, GH, EH, AE,
BF, CG, dan DH.
Tahukah
kamu ruas-ruas garis pada bangun ruang yang lain?
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah Nah, hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan
dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan, dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat
berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar, dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan
lafal dan intonasi yang tepat, dapat
mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar,
mengidentifikasi alat dan bahan menggambar dengan benar
serta langkah-langkah menggambar imajinatif
dengan benar dan mengamati gambar
model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi
model bangun ruang dengan tepat
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar