MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Rabu, 02
November 2022
Tema 1 : Hidup Bersih dan
Sehat
Subtema
2 : Hidup Bersih dan Sehat
di Sekolah
Pembelajaran : 3
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
In
syaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah… anak-anak hebat
Ibu guru!
Sekarang kita akan
melanjutkan pembelajaran dipertemuan ke3 ya Nak untuk Subtema 2 ini.
Sebelumnya, apakah kalian
masih ingat pembelajaran kemarin?
Iya pinter, kalian telah
belajar telah menyebutkan isi teks yang dibaca
berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan
sederhana serta melaporkan hasilnya tentang lingkungan sehat, mengidentifikasi
berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di
sekolah, menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam
keberagaman di sekolah, serta menjelaskan dan mempraktikkan prosedur bergerak
secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
Nah, hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat
dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang
lingkungan tidak sehat menggunakan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca
dengan benar, dapat melakukan gerak bagian tangan dengan level dan
hitungan/iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul,
memetik, memukul, dan lain sebagainya) dengan benar, serta dapat menentukan dan
mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut
dengan benar.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (50
menit)
Dayu dan teman-teman belajar
tentang ruang kelas yang tidak bersih.
Ayo Mengamati
Dengarkan temanmu membaca teks
percakapan guru, Dayu, dan teman-teman berikut!
Jawablah pertanyaan berikut dari
teks percakapan!
1. Apa isi percakapan guru, Dayu,
dan temanteman?
2. Bagaimana ciri-ciri kelas yang
tidak bersih?
3. Bagaimana pendapatmu tentang
isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman?
4. Apa yang harus kamu lakukan
jika melihat kelas kotor?
5. Bagaimana sikapmu jika melihat
teman membuang sampah di ruang kelas?
Ayo Berdiskusi
Isilah teka-teki silang berikut
dengan benar!
Mendatar : 1. Binatang amat kecil
yang menyebabkan penyakit.
Menurun : 1. Tidak mengandung
air.
2. Mengandung air.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal
dan intonasi yang tepat!
Informasi apa yang kamu peroleh
dari teks di atas?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan
teliti!
Apa isi gambar yang kamu amati?
Apa yang kamu lakukan jika
melihat kelasmu seperti pada gambar?
Tuliskan tentang kelas yang tidak
bersih berdasarkan pengamatanmu!
Bacakan laporanmu dengan lafal
dan intonasi yang tepat!
Kelas yang tidak bersih harus
dibersihkan.
Kelas harus disapu agar tidak ada
debu yang menempel.
Gerakan menyapu dapat membentuk
gerakan tari.
Masih ingatkah kamu gerakan
menyapu lantai dalam bentuk tari?
Amati kembali gambar di bawah
dengan teliti!
Ayo Mencoba
Sebelumnya kamu sudah melakukan
gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari diiringi alat musik.
Sekarang, lakukan gerakan menyapu
lantai dalam bentuk tari dengan hitungan.
Misalnya saja 2 x delapan
selang-seling dengan arah yang berbeda.
Jika sudah bisa, iringi kembali
dengan alat musik.
Misalnya saja gendang, rebana,
tamborin, atau tifa.
Jika alat musik di atas tidak
ada, dapat digunakan benda-benda di sekitar kelasmu.
Misalnya saja botol plastik
bekas.
Amati gambar berikut dengan
teliti!
Ayo Mengamati
Coba amati kembali gambar alat
musik tifa.
Permukaan dinding tifa membentuk
pola bangun datar.
Segitiga dan segi empat merupakan
contoh bangun datar.
Tahukah kamu contoh bangun datar
yang lain?
Amati gambar di bawah dengan
teliti!
Berapa banyak sisi, sudut, dan
titik sudut bangun datar di atas?
Ayo Berdiskusi
Tentukanlah bangun datar yang
sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut berikut!
Ayo Berlatih
Untuk meningkatkan pemahamanmu,
coba kelompokkan bangun-bangun datar berikut!
Kelompokkan sesuai dengan banyak
sisi, sudut, dan titik sudutnya!
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah menyebutkan isi teks yang dibaca
berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan
sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan
berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar, dapat melakukan gerak
bagian tangan dengan level dan hitungan/iringan (misalnya melambai satu tangan,
dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) dengan benar,
serta dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi,
sudut, dan titik sudut dengan benar.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.
Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar