Senin, 14 November 2022

Kelas 2. Tema 4 Subtema 4 "Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum" PB 1

 

MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Senin, 14 November 2022

Tema 4                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 4                         : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Pembelajaran                   : 1

  

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Alhamdulillah kita bertemu lagi di hari Senin, semoga dengan bertemunya hari Senin, semangat menuntut ilmu semakin besar ^,^

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian bertepuk Semangat dulu yaa…

Tepuk Semangat!

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Bagaimana perasaan anak-anak Ibu Guru pagi ini? Bahagia semuanya?

Alhamdulillah… Semoga selalu Bahagia sampai selesai pembelajaran hari ini ya Nak ^,^

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran selanjutnya yaitu tema 4 subtema 4  ya Nak.

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin? (Apersepsi)

Iya pinter, kalian telah dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan, menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan, membaca teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat, sudah melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat, juga telah mempraktikkan gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional serta telah dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.

 

Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran nantinya kalian dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan, mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat, melalui diskusi kelompok  dapat menemukan dan menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar, dapat melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca secara benar, dengan mengamati gambar tentang hiasan dari bahan alami dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami secara tepat, dengan mengamati gambar dan model bangun ruang dapat menentukan dan mengelompokkan bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut secara benar.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

INTI (50 menit)

Tempat umum merupakan milik bersama.

Tempat umum di antaranya jalan raya, pasar, terminal, dan tempat wisata.

Kebersihan tempat umum wajib kita jaga.

Hal ini dilakukan agar pengunjung merasa nyaman.

Apa yang dilakukan Dayu, teman-teman, dan warga pada gambar?

Bagaimana pendapatmu tentang kegiatan yang mereka lakukan?

Apakah kamu setuju dengan kegiatan mereka?

 

Kelas Dayu melakukan karyawisata.

Mereka berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Petugas memberikan penjelasan kepada Dayu dan teman-teman.

 

Ayo Mengamati

Dengarkan temanmu membacakan percakapan berikut!


1. Apa isi percakapan petugas kebun, dayu, dan teman-teman?

2. Apa saja yang ada di Kebun Raya Bogor?

3. Mengapa Kebun  Raya Bogor harus dibersihkan?

4. Bagaimana pendapatmu terhadap isi percakapan petugas kebun, Dayu, dan temanteman?

5. Apa yang akan terjadi jika Kebun Raya Bogor jarang dibersihkan?

  

Ayo Berdiskusi

Coba diskusikan dengan temanmu makna katakata berikut!



Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan nyaring!


Informasi apa yang kalian peroleh dari cerita di atas?

 

 Ayo Mengamati


Tuliskan hasil pengamatanmu terhadap gambar dalam bentuk laporan sederhana!


Coba bacakan laporan yang kamu buat dengan nyaring!

  

Ayo Berkreasi

Banyak daun kering berjatuhan di Kebun Raya Bogor.

Daun-daun kering itu selalu dibersihkan setiap hari.

Daun kering dapat dibuat menjadi hiasan. Perhatikan gambar berikut!

 

Perhatikan gambar berikut!


Buatlah sebuah hiasan menggunakan daun kering yang ada di sekitarmu!

Perhatikan contoh hiasan yang telah ada!

Dengarkan petunjuk gurumu terlebih dahulu!

  

Ayo Mengamati

Amati hasil karya Dayu dan teman-teman berikut!


Dayu dan teman-teman membuat hiasan berupa vas bunga.

Vas bunga berbentuk balok.

Balok merupakan contoh bangun ruang.

Bangun ruang mempunyai rusuk, sisi, dan titik sudut.

Masih ingatkah kamu dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut pada balok?

 

Perhatikan kembali gambar di bawah dengan teliti!


Ayo Berdiskusi

Jodohkan bangun ruang yang sesuai dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut berikut!




PENUTUP (10 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini?

Apa yang kalian rasakan selama pembelajaran hari ini berlangsung?

Apakah ada yang belum jelas untuk materi hari ini? (refleksi)

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

 

Ya benar, kalian telah Nah, hari ini kalian sudah dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan, mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat, melalui diskusi kelompok  dapat menemukan dan menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar, dapat melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca secara benar, dengan mengamati gambar tentang hiasan dari bahan alami dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami secara tepat, dengan mengamati gambar dan model bangun ruang dapat menentukan dan mengelompokkan bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut secara benar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...