Kamis, 03 November 2022

Kelas 2. Tema 4 Subtema 2 PB 4

 

MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Kamis, 03 November 2022

Tema 1                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 2                         : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Pembelajaran                   : 4

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

In syaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran dipertemuan ke4 ya Nak untuk Subtema 2 ini.

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin?

Iya pinter, kalian telah menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar, dapat melakukan gerak bagian tangan dengan level dan hitungan/iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) dengan benar, serta dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

 

Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan, dapat melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca, dapat melakukan gerak bagian kepala, tangan dan  kaki dengan pola lantai dan iringan, dapat menentukan dan memprediksi bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

 

INTI (50 menit)

Dayu dan teman-teman belajar tentang pekarangan sekolah yang tidak bersih.


Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!


Apa isi teks di atas?

Bagaimana ciri-ciri pekarangan sekolah yang tidak bersih?



Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah dengan teliti!


Apakah yang dapat kamu ceritakan setelah mengamati gambar?

Jika melihat pekarangan sekolah kotor, apa yang kamu lakukan?

  

Tulislah hasil pengamatanmu tentang pekarangan sekolah yang tidak bersih!

Tuliskan pada kolom berikut!


Coba bacakan hasil pengamatan yang kamu tulis.

Bacakan dengan lafal dan intonasi yang tepat!

  

Pekarangan sekolah yang kotor harus dibersihkan.

Sampah-sampah yang berserakan harus disapu.

Masih ingatkah kamu dengan tari gerakan menyapu lantai?

 

Amati kembali gambar di bawah dengan teliti!


Kamu sudah pernah melakukan tari gerakan menyapu lantai dengan hitungan dan iringan.

Sekarang, kembangkan tari gerakan menyapu lantai menggunakan pola lantai!

 

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!


Jika kamu sudah bisa, iringi dengan alat musik!

Alat musik yang dapat digunakan misalnya: gendang, rebana, tamborin, atau tifa.


Jika alat musik di atas tidak ada, dapat digunakan benda-benda di sekitarmu.

Misalnya gunakan botol plastik bekas.

 

 Perhatikan gambar rebana dan gendang berikut!



Amati pola bangun datar berikut!



Ayo Berlatih

Tentukan bentuk bangun datar selanjutnya sesuai dengan pola-pola berikut!



PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan, dapat melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca, dapat melakukan gerak bagian kepala, tangan dan  kaki dengan pola lantai dan iringan, dapat menentukan dan memprediksi bentuk bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...