MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Kamis,
03 November 2022
Tema 1 : Hidup Bersih dan
Sehat
Subtema
2 : Hidup Bersih dan Sehat
di Sekolah
Pembelajaran : 4
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamu’alaikum
anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
In
syaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Yuukk.. sebelum memulai
pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Alhamdulillah…
Sekarang, Ibu guru mau
mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?
1… 2… 3….
Masya Allah… anak-anak hebat
Ibu guru!
Sekarang kita akan
melanjutkan pembelajaran dipertemuan ke4 ya Nak untuk Subtema 2 ini.
Sebelumnya, apakah kalian
masih ingat pembelajaran kemarin?
Iya
pinter, kalian telah menyebutkan isi teks yang dibaca
berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan
sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan
berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar, dapat melakukan gerak
bagian tangan dengan level dan hitungan/iringan (misalnya melambai satu tangan,
dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) dengan benar,
serta dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi,
sudut, dan titik sudut dengan benar.
Nah, hari ini kalian akan melanjutkan
pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak
sehat menggunakan bahasa lisan, dapat melakukan pengamatan sederhana dan
melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman pada isi teks
yang telah dibaca, dapat melakukan gerak bagian kepala, tangan dan kaki dengan pola lantai dan iringan, dapat
menentukan dan memprediksi bentuk bangun datar pada urutan berikutnya
berdasarkan pola secara benar.
Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…
Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!
INTI (50
menit)
Dayu dan teman-teman belajar
tentang pekarangan sekolah yang tidak bersih.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Apa isi teks di atas?
Bagaimana ciri-ciri pekarangan
sekolah yang tidak bersih?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah dengan
teliti!
Apakah yang dapat kamu ceritakan
setelah mengamati gambar?
Jika melihat pekarangan sekolah
kotor, apa yang kamu lakukan?
Tulislah hasil pengamatanmu
tentang pekarangan sekolah yang tidak bersih!
Tuliskan pada kolom berikut!
Coba bacakan hasil pengamatan yang
kamu tulis.
Bacakan dengan lafal dan intonasi
yang tepat!
Pekarangan sekolah yang kotor
harus dibersihkan.
Sampah-sampah yang berserakan
harus disapu.
Masih ingatkah kamu dengan tari
gerakan menyapu lantai?
Amati kembali gambar di bawah
dengan teliti!
Kamu sudah pernah melakukan tari
gerakan menyapu lantai dengan hitungan dan iringan.
Sekarang, kembangkan tari gerakan
menyapu lantai menggunakan pola lantai!
Perhatikan gambar berikut dengan
teliti!
Jika kamu sudah bisa, iringi
dengan alat musik!
Alat musik yang dapat digunakan
misalnya: gendang, rebana, tamborin, atau tifa.
Jika alat musik di atas tidak
ada, dapat digunakan benda-benda di sekitarmu.
Misalnya gunakan botol plastik
bekas.
Amati pola bangun datar berikut!
Ayo Berlatih
Tentukan bentuk bangun datar
selanjutnya sesuai dengan pola-pola berikut!
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah menyebutkan
isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa
lisan, dapat melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang
lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca, dapat
melakukan gerak bagian kepala, tangan dan
kaki dengan pola lantai dan iringan, dapat menentukan dan memprediksi bentuk
bangun datar pada urutan berikutnya berdasarkan pola secara benar.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.
Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar