Senin, 31 Oktober 2022

Kelas 2. Tema 4 Subtema 2 "Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah" PB 1

 

MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Senin, 31 Oktober 2022

Tema 1                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 2                         : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Pembelajaran                   : 1

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah setelah libur beraktivitas di sekolah? ^,^

In syaa Allah, anak-anak baik ibu Guru harus lebih semangat ya sayang…

Bagaimana, apakah hari ini bersekolah dengan rasa bahagia?

Atau… ada yang sedang bersedih?

Alhamdulillah, jika anak-anak Ibu Guru bersekolah dengan perasaan bahagia.

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran di Tema 4 Subtema 2 ya..

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran di Minggu yang lalu?

Iya pinter, kalian sudah mempelajari mengenai sisi suatu bangun datar. Apalagi Nak? Iya, cara menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah. Dengan cara apa? Pinter, membuang sampah pada tempatnya, rajin membersihkan lingkungan rumah.

 

Baik, sekarang kita akan lanjutkan pembelajaran hari ini ya..

Nantinya, setelah kalian mmpelajari materi hari ini kalian bisa menemukan dan menjelaskan arti kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan, mengidentifikasi arah gerak kepala, tangan kaki dengan benar, juga kalian dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

INTI (50 menit)

Hidup bersih dan sehat tidak hanya di rumah.

Kita juga harus hidup bersih dan sehat di sekolah.

Kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab semua warga sekolah.

Dayu dan teman-teman menyadari hal itu.


Apa yang dilakukan Dayu dan teman-teman?

Apakah kamu setuju dengan kegiatan mereka?

Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti mereka?

Bagaimana perasaanmu setelah melakukan kegiatan itu?

  

Dayu dan teman-teman sedang bermusyawarah.

Mereka membahas persiapan lomba kebersihan antarkelas.

 

Ayo Mengamati

Dengarkan temanmu membaca teks di bawah ini!


Jawablah pertanyaan berikut sesuai hasil musyawarah Dayu dan teman-teman!

1. Kegiatan apa yang akan diikuti Dayu dan temanteman?

2. Apa hasil musyawarah Dayu dan teman-teman?

3. Bagaimana pendapatmu terhadap hasil musyawarah mereka?

4. Apa saja peralatan yang perlu mereka siapkan?

5. Menurutmu, apa manfaat kegiatan yang akan mereka lakukan?

 

Ayo Berdiskusi

Temukanlah makna kata-kata berikut dengan benar!




Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang sesuai!





Ayo Mengamati

Kelas Dayu adalah kelas yang bersih.

Sudah tahukah kamu ciri-ciri kelas yang bersih?

 

Amatilah gambar di bawah dengan teliti!


Bagaimana suasana kelas yang kamu amati?

Apakah kamu mengerti isi gambar?

 

 

Ayo Menulis

Tuliskanlah hasil pengamatanmu terhadap gambar pada kolom berikut!

Coba bacakan laporan yang telah kamu tulis dengan lafal dan intonasi yang tepat!

 

 

Ayo Mengamati

Dayu dan teman-teman telah bergotong-royong.

Ada yang menyapu lantai.

Ada yang membersihkan kaca.

Ada juga yang menata kelas.

Gerakan menyapu lantai dapat dibuat dalam bentuk tari.

 

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!


Ayo Mencoba

Dengarkan petunjuk gurumu terlebih dahulu!

Tirukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari seperti pada gambar berikut!


Dapatkah kamu meniru gerakan tari di atas?

Lakukan tanpa iringan musik terlebih dahulu!

Jika sudah bisa, lakukan dengan iringan musik!

 

Alat musik yang dapat digunakan misalnya gendang, rebana, tamborin, atau tifa.


Jika alat musik di atas tidak ada, gunakan bendabenda di sekitar kelasmu sebagai alat musik.

Misalnya saja botol plastik bekas.

 

 Ayo Mengamati

Perhatikan kembali gambar gendang dan tifa di atas!

Dinding gendang membentuk pola segitiga.

Dinding tifa membentuk pola segi empat dan segitiga.



Masih ingatkah dengan sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar?

 

 

Ayo Berlatih

Masih ingatkah dengan sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar?




Untuk meningkatkan pemahamanmu, kelompokkan bangun datar berikut!

Kelompokkan sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudutnya!


 

PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah menemukan dan menjelaskan arti kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan, mengidentifikasi arah gerak kepala, tangan kaki dengan benar, juga kalian dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...