MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Jum’at, 21
Oktober 2022
Semester
: I
Tema 3 : Tugasku
Sehari-hari
Subtema 4 : Tugasku
dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 5 dan 6
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamualaikum
anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan
sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah
subhanahu wata'ala ya sayang..
Bagaimana perasaannya hari ini? Bahagia semua ya nak
masyallah..
Harus lebih semangat belajarnya yaa nak...
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk
belajar hari ini?
Coba yuk kita tepuk semangat dulu..
“Tepuk Semangat”......
Jika sudah siap,
mari kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Satu minggu ini kita akan melanjutkan
pembelajaran di Subtema 4. Apakah anak-anak masih ingat tentang pembelajaran yang telah kalian dapatkan minggu yang
lalu? Iyaaaa pinter, kita telah memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah. siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan sosial di
sekolah. mengelompokkan perbedaan individu di
sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya, menyebutkan
kesetaraan beberapa nilai pecahan uang dan mengurutkan harga barang.
Hari ini kita akan melanjutkan
pembelajaran berikutnya.
Dimana, pembelajaran hari ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan social, dapat memahami karakterisitk individu berdasarkan usia anggota keluarga.
mengelompokkan karakteristik individu berdasarkan usia anggota keluarga.
menaksir harga barang dan pecahan uang dan membuat prakarya.
INTI (50
menit)
Baik
anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar dan membaca teks bacaan di bawah ini!
Siti
bersama keluarga berkunjung ke rumah kakek.
Hampir
setiap bulan, Siti mengunjungi kakek.
Kakek
tinggal di desa.
Kakek
tinggal bersama nenek dan paman. Siti
sangat
sayang kepada kakek dan nenek.
Siti
sering membantu nenek.
Di
rumah kakek, Siti bermain bersama temanteman.
Mereka
bermain Gebokan Batu alias Kasti.
Apakah sudah selesai nak...
Sekarang
kalian berlatih lakukan pemanasan
dengan gerakan lempar
tangkap bola secara berpasangan!
Selanjutnya kita akan belajar mengenai mengenal anggota keluarga.
Silahkan kalian mengamati gambar di bawah ini!
Zahra
adalah anak dari Pak 'Dhe (kakak dari ayah).
Zahra
masih sekolah di SMP.
Paman
adalah adik dari ayah.
Kami
memanggil paman “Pak Lik”
Paman
baru lulus dari SMA.
Okey sudah jelas ya nak kita sudah
mengenal anggota keluarganya siti.
Di atas juga terdapat nama kemudian
berdasarkan kategori nya.
Di sini ada tabel usia berdasarkan
kategorinya.
Hayo kira-kira kalian di umur berapa
saat ini dan menduduki kategori apa?
Wah pintar jika umurnya 8 tahun
berarti kalian termasuk dalam kategori anak-anak.
Baik... sekarang kalian berlatih
mengerjakan tugas tarik garis,
tulis dibuku tematik dan di gambar dan
buat tabel Seperti contoh di bawah!
Apakah
sudah selesai... jika sudah sekarang kalian amati gambar dan baca isi teks di
bawah!
Siti,
ayah, ibu, kakek, nenek, dan adik berkunjung ke rumah Ani.
Ani
adalah teman Siti. Usia mereka sebaya.
Ani
adalah seorang anak yatim. Ia tinggal bersama ibunya.
Ani
anak yang pandai dan rajin.
Siti
sering membantu Ani. Mereka sangat akrab walau jarang bertemu.
Setelah
mengunjungi Ani, Siti, dan keluarga
kembali
ke rumah. Kakek dan nenek sangat senang
Siti
berkunjung ke rumah. Siti dan Ali
diberi
sejumlah uang oleh nenek.
Siti
dan Ali masing-masing mendapat uang Rp5.000,00.
Apakah sudah selesai nak...
Jika sudah bacalah dan pahami isi teks di bawah.
Kakek
adalah seorang yang hebat.
Dahulu,
kakek pandai membuat prakarya.
Dari
kakek, Siti belajar membuat tempat pensil dari
barang bekas.
Okeh sekarang silahkan kalian berkreasi membuat prakarya seperti
di gambar.
Bahan, alat beserta cara pembuatanya kalian bisa buka buku
halaman 152-156.
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian
telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar,
kalian telah memahami isi teks berkaitan dengan
kehidupan social, dapat memahami karakterisitk individu
berdasarkan usia anggota keluarga. mengelompokkan karakteristik individu
berdasarkan usia anggota keluarga. menaksir harga barang dan
pecahan uang dan membuat prakarya.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan
perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.
Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan
berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk
jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang
baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar