Jumat, 21 Oktober 2022

Kelas 2. Tema 3 Subtema 4 PB 5 dan 6

 

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                   : Jum’at, 21 Oktober 2022

Semester                           : I

Tema 3                              Tugasku Sehari-hari

Subtema 4                        : Tugasku dalam Kehidupan Sosial

Pembelajaran                  : 5 dan 6     

  

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamualaikum anak sholih/ah..

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Bagaimana perasaannya hari ini? Bahagia semua ya nak masyallah..

Harus lebih semangat belajarnya yaa nak...

Ayo anak ibu guru,  sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Coba yuk kita tepuk semangat dulu..

“Tepuk Semangat”......

 

Jika sudah siap, mari kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Satu minggu ini kita akan melanjutkan pembelajaran di Subtema 4. Apakah anak-anak masih ingat tentang pembelajaran yang telah kalian dapatkan minggu yang lalu? Iyaaaa pinter, kita telah memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah. siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah. mengelompokkan perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya, menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang dan mengurutkan harga barang.

 

Hari ini kita  akan melanjutkan pembelajaran berikutnya. Dimana, pembelajaran hari ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan social, dapat memahami karakterisitk individu berdasarkan usia anggota keluarga. mengelompokkan karakteristik individu berdasarkan usia anggota keluarga. menaksir harga barang dan pecahan uang dan membuat prakarya.

 

 

INTI (50 menit)

Baik anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar dan membaca teks bacaan di bawah ini!





Siti bersama keluarga berkunjung ke rumah kakek.

Hampir setiap bulan, Siti mengunjungi kakek.

Kakek tinggal di desa.

Kakek tinggal bersama nenek dan paman. Siti

sangat sayang kepada kakek dan nenek.

Siti sering membantu nenek.

Di rumah kakek, Siti bermain bersama temanteman.

Mereka bermain Gebokan Batu alias Kasti.

 

Apakah sudah selesai nak...

Sekarang kalian berlatih lakukan pemanasan dengan gerakan lempar

tangkap bola secara berpasangan!

 

Selanjutnya kita akan belajar mengenai mengenal anggota keluarga.

Silahkan kalian mengamati gambar di bawah ini!

 


Zahra adalah anak dari Pak 'Dhe (kakak dari ayah).

Zahra masih sekolah di SMP.

Paman adalah adik dari ayah.

Kami memanggil paman “Pak Lik”

Paman baru lulus dari SMA.





Okey sudah jelas ya nak kita sudah mengenal anggota keluarganya siti.

Di atas juga terdapat nama kemudian berdasarkan kategori nya.

Di sini ada tabel usia berdasarkan kategorinya.

Hayo kira-kira kalian di umur berapa saat ini dan menduduki kategori apa?

Wah pintar jika umurnya 8 tahun berarti kalian termasuk dalam kategori anak-anak.

Baik... sekarang kalian berlatih mengerjakan tugas tarik garis,

tulis dibuku tematik dan di gambar dan buat tabel Seperti contoh di bawah!





Apakah sudah selesai... jika sudah sekarang kalian amati gambar dan baca isi teks di bawah!




Siti, ayah, ibu, kakek, nenek, dan adik berkunjung ke rumah Ani.

Ani adalah teman Siti. Usia mereka sebaya.

Ani adalah seorang anak yatim. Ia tinggal bersama ibunya.

Ani anak yang pandai dan rajin.

Siti sering membantu Ani. Mereka sangat akrab walau jarang bertemu.

 

Setelah mengunjungi Ani, Siti, dan keluarga

kembali ke rumah. Kakek dan nenek sangat senang

Siti berkunjung ke rumah. Siti dan Ali

diberi sejumlah uang oleh nenek.

Siti dan Ali masing-masing mendapat uang Rp5.000,00.




Apakah sudah selesai nak...

Jika sudah bacalah dan pahami isi teks di bawah.





Kakek adalah seorang yang hebat.

Dahulu, kakek pandai membuat prakarya.

Dari kakek, Siti belajar membuat tempat pensil dari

barang bekas.

 

Okeh sekarang silahkan kalian berkreasi membuat prakarya seperti di gambar.

Bahan, alat beserta cara pembuatanya kalian bisa buka buku halaman 152-156.

 

 

PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan social, dapat memahami karakterisitk individu berdasarkan usia anggota keluarga. mengelompokkan karakteristik individu berdasarkan usia anggota keluarga. menaksir harga barang dan pecahan uang dan membuat prakarya.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...