Senin, 24 Oktober 2022

Kelas 2. Tema 4 "Hidup Bersih dan Sehat" Subtema 1 PB 1

 

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Senin, 24 Oktober 2022

Tema 4                               Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 1                         : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Pembelajaran                   : 1                                    

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamualaikum anak sholih/ah..

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Bagaimana perasaannya hari ini? Bahagia semua ya nak Masyallah..

Alhamdulillah kalian sudah menyelesaikan materi pembelajaran di Tema 3.

Itu berarti, hari ini anak-anak Ibu Guru akan melanjutkan pembelajaran di Tema 4 mengenai “hidup Bersih dan Sehat.

Apakah anak-anak sudah siap dengan materi baru?

Jika sudah siap, Harus lebih semangat belajarnya yaa nak...

Coba yuk kita tepuk semangat dulu..

“Tepuk Semangat”.......

 

Jika sudah siap, mari kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Apakah anak-anak masih ingat tentang pembelajaran yang telah kalian dapatkan minggu yang lalu?

Iyaaaa pinter, Oke, kemarin kita sudah belajar gerakan melempar, memukul dan menangkap bola. Memahami dan menemukan kosakata dari teks kehidupan sosial, memahami karakteristik individu berdasarkan perbedaan agama, dan memahami isi teks dan denah lokasi, mengurutkan nilai mata uang dan siswa dapat menggambarkan budaya kerukunan sosial.

Hari ini kita  akan melanjutkan pembelajaran berikutnya. Dimana, pembelajaran hari ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar kalian, menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar, dan juga memahami pola irama sederhana melalui lagu anak-anak/

  

INTI (50 menit)

Baik anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar di bawah ini!

 

Hidup Bersih dan Sehat

Dayu selalu membiasakan hidup bersih dan sehat. Hidup bersih dan sehat banyak manfaatnya. Lingkungan akan rapi dan indah. Selain itu, kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Sikap Dayu pantas untuk ditiru. Bagaimana Dayu membiasakan hidup bersih dan sehat?



Apa saja kegiatan Dayu dan teman-teman? Di mana saja mereka melakukan kegiatan itu? Apakah kamu setuju dengan kegiatan mereka? Apakah kegiatan mereka sudah benar?

Rumah Dayu bersih dan sehat. Dayu dan keluarga selalu menjaganya. Hidup bersih dan sehat di rumah itu penting. Rumah tertata rapi dan indah. Rumah juga terasa nyaman.


Apa saja kegiatan Dayu dan keluarga? Apakah kamu setuju dengan kegiatan mereka? Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu di rumahmu? Kegiatan apa saja yang pernah kamu lakukan?

 

Dayu anak yang gemar menyanyi. Ia bernyanyi tentang hidup bersih dan sehat.


Rangkaian nada berjalan menurut birama.

Perhatikan contoh berikut!

Melodi berikut berbirama 2/4.

Birama 2/4 berarti setiap birama ada dua ketukan.




Apa isi percakapan lebah dan semut di atas?

Apa yang dapat kamu simpulkan dari percakapan?

  

Ayo Berlatih!

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks percakapan!

 

1.    Apa yang sedang dilakukan semut?

Jawab: ...................................................................

2.    Mengapa kita harus hidup bersih dan sehat?

Jawab: ...................................................................

3.    Bagaimana pendapatmu terhadap sikap semut?

Jawab: ...................................................................

4.    Bagaimana pendapat lebah terhadap sikap semut?

Jawab: ...................................................................

5.    Jika kamu menjadi semut, apa yang akan kamu lakukan?

Jawab: ...................................................................



Sekarang, coba jelaskan makna setiap kata sesuai dengan jawabanmu!

 



 

Apa saja yang dilakukan Dayu dan keluarga?

Apa saja alat yang mereka gunakan?

Adakah alat-alat itu di rumahmu?

Bisakah kamu menggunakannya?




Gambar apa yang kamu amati di atas?

Tahukah kamu bentuk setiap benda itu?

Keset dan serbet berbentuk bangun datar.

Bangun-bangun datar tertentu mempunyai ruasruas garis. 











PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah mempelajari isi teks berkaitan kegiatan hidup bersih dan sehat, kemudian kalian juga sudah mempelajari mengenai beberap contoh panjang pendek nada beserta melodinya. Juga, kalian sudah mempelajari mengenai ruas garis pada bangun datar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.























 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...