Jumat, 07 Oktober 2022

Kelas 2. Tema 3 Subtema 3 PB 5 dan 6

 

MATERI PEMBELAJARAN


Hari/ Tanggal                    : Jum’at, 07 Oktober 2022

Semester                            : I

Tema 3                               Tugasku Sehari-hari

Subtema 3                         : Tugasku Sebagai Umat Beragama

Pembelajaran                   : 5 dan 6                

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamualaikum anak sholih/ah..

Bagaimana hari ini? Sehat? Bahagia semuanya?

Alhamdulillah, jika pagi ini anak-anak ibu guru dalam keadaan sehat dan bahagia ya Nak.

Berarti, sudah siap untuk mengikuti pelajaran hari ini ya Nak?

Goodjob jika sudah siap. Yuukk, biar semakin semangat tepuk semangat terlebih dahulu ya…

Sekarang, siapa yang bertugas untuk memimpin doa? Silahkan!

 

Baik, anak-anak Ibu guru kemarin kita udah masuk ke Subtema 3 Pb 3, hari ini masuk ke Pb 4. Apakah anak-anak masih ingat, materi yang telah kita pelajari kemarin? (apersepsi)

Iya benar, kalian sudah mempelajari mengenai memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah, dapat mengelompokkan perbedaan individu berdasarkan agama, dan dapat menyebutkan kesetaraan nilai pecahan uang.

 

Hari ini, kita akan melanjutkan pembelajaran! Dengan tujuan, nantinya kalian dapat memahami gerakan melempar, memukul dan menangkap bola. Memahami dan menemukan kosakata dari teks kehidupan sosial, dan memahami karakteristik individu berdasarkan perbedaan agama. Dan memahami isi teks dan denah lokasi, mengurutkan nilai mata uang dan siswa dapat menggambarkan budaya kerukunan sosial.

                                                  

 

INTI (50 menit)

Silahkan anak-anak mengamati gambar dan cerita berikut!


Rounders merupakan permainan bola kecil. Teknik

dasar rounders hampir sama dengan permainan

kasti. Melempar, menangkap, dan memukul bola.

Ditambah dengan ketrampilan mengetik dan

menghindari sentuhan bola.

 

Apakah anak-anak sudah mengamati gambar di atas dan membaca isi teks tersebut.

Godjob oke sekarang apakah kalian semua memahami isi teksnya.

Ayo siapa yang bisa menjelaskan kembali apa isi dari teks di atas.         

 

                                           

Sekarang perhatikan gambar di bawah ini!


 

Gambar yang pertama adalah gerakan melempar bola, kedua memukul bola, ketiga menangkap bola.

Oke sekarang silahkan anak-anak semua mengikuti gerakan tersebut. Jangan lupa melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu.

                          

Jika kalian sudah melakukan gerakan tersebut, ayo silahkan perhatikan dan amati gambar beserta teks di bawah ini!

 

Siti bermain rounders bersama teman-teman.

Sebelum bermain, mereka melakukan gerakan

melempar, memukul, dan menangkap bola.


Siti bermain rounders bersama teman-teman.

Sebelum bermain, mereka melakukan gerakan

melempar, memukul, dan menangkap bola.

Bermain, Dayu jatuh. Kaki kanannya berdarah.

Siti dan teman-temannya membantu Dayu.

Walaupun mereka berbeda agama, mereka tetap

saling membantu.

 

Apakah anak-anak sudah mengamati gambar di atas dan membaca isi teks tersebut.

Godjob oke sekarang apakah kalian semua memahami isi teksnya.

Ayo siapa yang bisa menjelaskan kembali apa isi dari teks di atas.         

 

Masha allah pinter nak..                             

Kita sebagai sesama makhlum ciptaan tuhan harus saling tolong menolong. Seperti yang dijelaskan di dalam al qur’an, Q.S Al-Maidah Ayat 2, yang artinya “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan” tolong menolong dilakukan bukan hanya untuk sesama agama saja tetapi kita harus tetap saling tolong menolong meskipun berbeda agama selagi itu masih dalam hal yang positif atau kebaikan.

 

Oke selanjunya anak-anak semua siahkan kerjakan latihan di bawah ini ya?

 

Urutkanlah gambar berikut sehingga menjadi cerita!


Sudah selesai nak?

Kalau sudah kita lanjutkan materi berikutnya ya..?

Silahkan amati gambar dan pahami isi bacaan teks di bawah?

 

Menjenguk Teman Sakit

 

Hari ini, Dayu tidak masuk sekolah.

Dayu sakit akibat jatuh kemarin.

Siti dan teman-temannya akan menjenguk Dayu.

Mereka akan menjenguk sepulang sekolah.


Apakah anak-anak sudah mengamati gambar di atas dan membaca isi teks tersebut.

Godjob oke sekarang apakah kalian semua memahami isi teksnya.

Ayo siapa yang bisa menjelaskan kembali apa isi dari teks di atas.

 

Anak-anak sholeh dan sholehah kemarin kita sudah mempelajari

mengenai denah lokasi, memahami letak rumah pada gambar.

Oke ibu guru di sini mempunyai gambar denah lokasi, sekarang kalian amati!

   

Letak Rumah Dayu

 

Rumah Dayu terletak di Jalan I Gusti Ngurah Rai 

No. 12. Di samping kanan rumah Dayu terdapat Pura.

Di sebelah kiri rumah Dayu adalah rumah Made.

Di seberang jalan rumah Dayu terdapat sawah.




Siti dan teman-temannya sudah mengetahui letak rumah Dayu.

Mereka berangkat bersama-sama.

Mereka singgah di toko buah untuk membeli oleh-

oleh. Sebelumnya, mereka telah mengumpulkan

uang dari semua siswa. Ada banyak buah yang dijual di sana.


Apakah anak-anak sudah mengamati gambar di atas dan membaca isi teks tersebut.

Godjob oke sekarang apakah kalian semua memahami isi teksnya.

Ayo siapa yang bisa menjelaskan kembali apa isi dari teks di atas.

 

Sekarang waktunya berlatih ya nak..


Sudah selesai nak?

Kalau sudah kita lanjutkan materi berikutnya ya..?

Silahkan amati dan pahami isi bacaan teks di bawah,

kemudian kalian gambar sesuai dengan perintah di bawah?

 

Kerukunan Beragama di Sekolah

                                  

Siswa SDN Nusantara 01 hidup rukun.

Mereka saling menghargai antarteman.

Walaupun beberapa siswa memiliki agama yang

berbeda, mereka saling menolong.

Semua siswa sangat senang belajar di sekolah.

 

Gambarlah suasana budaya kerukunan di sekolahmu!

 

Pilihlah salah satu kegiatan di sekolah yang kamu

sukai (kerja bakti, menolong teman, membantu guru,

atau piket kelas)!

Alat dan bahan:

1. pensil

2. krayon

3. penghapus

 

 

PENUTUP (10 menit)

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah memahami gerakan melempar, memukul dan menangkap bola. Memahami dan menemukan kosakata dari teks kehidupan sosial, dan memahami karakteristik individu berdasarkan perbedaan agama. Dan memahami isi teks dan denah lokasi, mengurutkan nilai mata uang dan siswa dapat menggambarkan budaya kerukunan sosial. (apresiasi)

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...