MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Jum’at, 07
Oktober 2022
Semester
: I
Tema 3 : Tugasku
Sehari-hari
Subtema
3 : Tugasku Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran :
5
dan 6
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamualaikum
anak sholih/ah..
Bagaimana hari ini? Sehat? Bahagia semuanya?
Alhamdulillah, jika pagi ini anak-anak ibu guru
dalam keadaan sehat dan bahagia ya Nak.
Berarti, sudah siap untuk mengikuti pelajaran
hari ini ya Nak?
Goodjob jika sudah siap. Yuukk, biar semakin
semangat tepuk semangat terlebih
dahulu ya…
Sekarang, siapa yang bertugas untuk memimpin
doa? Silahkan!
Baik, anak-anak Ibu guru kemarin kita udah
masuk ke Subtema 3 Pb 3, hari ini masuk ke Pb 4. Apakah anak-anak masih ingat, materi yang
telah kita pelajari kemarin? (apersepsi)
Iya benar, kalian sudah mempelajari mengenai memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah, dapat mengelompokkan perbedaan individu berdasarkan agama, dan dapat
menyebutkan kesetaraan nilai pecahan uang.
Hari ini, kita akan melanjutkan pembelajaran! Dengan tujuan, nantinya
kalian dapat memahami gerakan
melempar, memukul dan menangkap bola. Memahami dan menemukan kosakata dari teks
kehidupan sosial, dan memahami karakteristik individu berdasarkan perbedaan
agama. Dan memahami isi teks dan denah lokasi, mengurutkan nilai mata uang dan
siswa dapat menggambarkan budaya kerukunan sosial.
INTI (50
menit)
Silahkan anak-anak mengamati gambar dan cerita berikut!
Rounders merupakan permainan bola kecil. Teknik
dasar
rounders hampir sama dengan permainan
kasti.
Melempar, menangkap, dan memukul bola.
Ditambah
dengan ketrampilan mengetik dan
menghindari sentuhan bola.
Apakah anak-anak sudah mengamati gambar di atas dan membaca isi
teks tersebut.
Godjob oke sekarang apakah kalian semua memahami isi teksnya.
Ayo siapa yang bisa menjelaskan kembali apa
isi dari teks di atas.
Sekarang perhatikan gambar di bawah
ini!
Gambar yang pertama adalah gerakan melempar bola, kedua memukul
bola, ketiga menangkap bola.
Oke sekarang silahkan anak-anak semua mengikuti gerakan tersebut.
Jangan lupa melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu.
Jika kalian sudah melakukan gerakan tersebut,
ayo silahkan perhatikan dan amati gambar beserta teks di bawah ini!
Siti
bermain rounders bersama teman-teman.
Sebelum
bermain, mereka melakukan gerakan
melempar, memukul, dan menangkap bola.
Siti
bermain rounders bersama teman-teman.
Sebelum
bermain, mereka melakukan gerakan
melempar,
memukul, dan menangkap bola.
Bermain,
Dayu jatuh. Kaki kanannya berdarah.
Siti
dan teman-temannya membantu Dayu.
Walaupun
mereka berbeda agama, mereka tetap
saling membantu.
Apakah anak-anak sudah mengamati gambar di atas dan membaca isi
teks tersebut.
Godjob oke sekarang apakah kalian semua memahami isi teksnya.
Ayo siapa yang bisa menjelaskan kembali apa
isi dari teks di atas.
Masha allah pinter nak..
Kita
sebagai sesama makhlum ciptaan tuhan harus saling tolong menolong. Seperti yang
dijelaskan di dalam al qur’an, Q.S Al-Maidah Ayat 2, yang artinya “Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan
takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan” tolong menolong dilakukan
bukan hanya untuk sesama agama saja tetapi kita harus tetap saling tolong
menolong meskipun berbeda agama selagi itu masih dalam hal yang positif atau
kebaikan.
Oke selanjunya
anak-anak semua siahkan kerjakan latihan di bawah ini ya?
Urutkanlah gambar berikut
sehingga menjadi cerita!
Sudah selesai
nak?
Kalau
sudah kita lanjutkan materi berikutnya ya..?
Silahkan
amati gambar dan pahami isi bacaan teks di bawah?
Menjenguk Teman Sakit
Hari ini, Dayu tidak masuk sekolah.
Dayu sakit akibat jatuh kemarin.
Siti dan teman-temannya akan menjenguk Dayu.
Mereka akan menjenguk sepulang sekolah.
Apakah anak-anak sudah mengamati gambar di atas dan membaca isi
teks tersebut.
Godjob oke sekarang apakah kalian semua memahami isi teksnya.
Ayo siapa yang bisa menjelaskan kembali apa isi dari teks di atas.
Anak-anak sholeh dan sholehah kemarin kita sudah mempelajari
mengenai denah lokasi, memahami letak rumah pada gambar.
Oke ibu guru di sini mempunyai gambar denah lokasi, sekarang
kalian amati!
Letak Rumah Dayu
Rumah
Dayu terletak di Jalan I Gusti Ngurah Rai
No.
12. Di samping kanan rumah Dayu terdapat Pura.
Di
sebelah kiri rumah Dayu adalah rumah Made.
Di seberang jalan rumah Dayu terdapat sawah.
Siti
dan teman-temannya sudah mengetahui letak rumah Dayu.
Mereka
berangkat bersama-sama.
Mereka
singgah di toko buah untuk membeli oleh-
oleh.
Sebelumnya, mereka telah mengumpulkan
uang
dari semua siswa. Ada banyak buah yang dijual di sana.
Apakah anak-anak sudah mengamati gambar di atas dan membaca isi
teks tersebut.
Godjob oke sekarang apakah kalian semua memahami isi teksnya.
Ayo siapa yang bisa menjelaskan kembali apa isi dari teks di atas.
Sekarang waktunya berlatih ya nak..
Sudah
selesai nak?
Kalau
sudah kita lanjutkan materi berikutnya ya..?
Silahkan
amati dan pahami isi bacaan teks di bawah,
kemudian
kalian gambar sesuai dengan perintah di bawah?
Kerukunan Beragama di Sekolah
Siswa
SDN Nusantara 01 hidup rukun.
Mereka
saling menghargai antarteman.
Walaupun
beberapa siswa memiliki agama yang
berbeda,
mereka saling menolong.
Semua siswa sangat senang belajar di sekolah.
Gambarlah suasana budaya kerukunan di sekolahmu!
Pilihlah
salah satu kegiatan di sekolah yang kamu
sukai
(kerja bakti, menolong teman, membantu guru,
atau
piket kelas)!
Alat
dan bahan:
1.
pensil
2.
krayon
3. penghapus
PENUTUP (10
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian
telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah memahami gerakan melempar, memukul dan menangkap bola. Memahami dan menemukan
kosakata dari teks kehidupan sosial, dan memahami karakteristik individu
berdasarkan perbedaan agama. Dan memahami isi teks dan denah lokasi,
mengurutkan nilai mata uang dan siswa dapat menggambarkan budaya kerukunan
sosial. (apresiasi)
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami
materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran.
Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan
berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk
jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang
baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar