Senin, 17 Oktober 2022

Kelas 2. Tema 3 Subtema 4 "Tugasku dalam Kehidupan Sosial" PB 1

 

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                    : Senin, 17 Oktober 2022

Semester                            : I

Tema 3                               Tugasku Sehari-hari

Subtema 4                         : Tugasku dalam Kehidupan Sosial

Pembelajaran                   : 1                                    

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamualaikum anak sholih/ah..

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Bagaimana perasaannya hari ini? Bahagia semua ya nak masyallah..

Alhamdulillah kalian seminggu kemarin sudah melaksanakan PTS (Penilaian Tengah Semester)..

Harus lebih semangat belajarnya yaa nak...

Ayo anak ibu guru,  sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Coba yuk kita tepuk semangat dulu..

“Tepuk Semangat”.......

 

Jika sudah siap, mari kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Satu minggu ini kita akan melanjutkan pembelajaran di Subtema 3. Apakah anak-anak masih ingat tentang pembelajaran yang telah kalian dapatkan minggu yang lalu?

Iyaaaa pinter, semua materi pembelajaran yang sudah kalian pelajari keluar semua tidak pada soal PTS kemarin. Oke, kemarin kita sudah belajar gerakan melempar, memukul dan menangkap bola. Memahami dan menemukan kosakata dari teks kehidupan sosial, memahami karakteristik individu berdasarkan perbedaan agama, dan memahami isi teks dan denah lokasi, mengurutkan nilai mata uang dan siswa dapat menggambarkan budaya kerukunan sosial.

 

Hari ini kita  akan melanjutkan pembelajaran berikutnya. Dimana, pembelajaran hari ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa mengamati gambar dan memahami isi teks berkaitan kehidupan social, mampu menemukan kosa kata berkaitan kehidupan social, mampu menghitung nilai sekelompok pecahan uang, mampu menaksir harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara, dan memahami dan membuat prakarya dari bahan alam.

 

  

INTI (50 menit)

Baik anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar di bawah ini!


Siswa kelas 2 rajin belajar.

Mereka sering belajar kelompok.

Ibu guru membimbing siswa dalam kerja kelompok.

Semua siswa menghormati guru. Semua guru menyayangi siswa.

Selama kerja kelompok, antarsiswa saling bekerja

sama.Menghormati guru dan menyayangi teman adalah

tugas siswa.

 

Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan gambar sedang siswa dan siswi sedang belajar dalam kerja kelompok dan guru membimbingnya.

Oke nak sekarang, silahkan anak-anak mengamati dan menyimak cerita bermain peran bawah ini!



Bacalah teks drama berikut dengan saksama!

Si Ulat & Si Semut

Oleh: Agung Hastomo

 

(Suatu ketika, Si Ulat menemukan buah apel manis

di ranting pohon yang tidak begitu tinggi)

 

Si Ulat   : Waaah…apel! hmm nyam-nyam pasti rasanya manis, coba aaahh … Si Ulat bersiap menyantap apel itu…)

Si Semut : Hei… Ulat! Apa kamu tidak melihat, ada aku di sini? Apel ini milikku, aku yang lebih dulu    menemukannya. Jadi, aku yang berhak memilikinya! Pergi kamu dari sini! Sebelum kupanggilkan teman-temanku untuk mengusirmu!

Si Ulat : Hei… Semut! Jangan begitu dong! Apel ini kan besar dan bulat, jadi cukup untuk kita makan berdua.

Si Semut :  Tidak bisa! Apel ini milikku! Aku yang pertama kali menemukannya. Jangan coba-coba kamu

memakannya! Pergi sana! Cari apel yang lain!

Si Ulat  :  Apa kamu bilang? Sini kalau berani!

Si Semut :  Siapa takut!

Si Ulat  :  Rasakan gatalnya bulu-buluku  nanti. (Si Semut dan Si Ulat yang hendak berkelahi saling gigit, tiba-tiba mereka kaget.)

Si Anak  :  Wah … ada apel besar, lumayan siang-siang begini. (Si Semut dan Si Ulat berhenti berkelahi, mereka

saling memandang.)

Si Semut :  Ada juga yang mau makan apel ini.

Si Ulat  :  Bagaimana kalau dia yang makan, kita tidak dapat apa-apa, dong!

Si Semut dan Si Ulat  :  (diam … berpikir).

Si Semut : Aku ada ide! Kita takut-takuti saja dia. Bagaimana?

Si Ulat  : Baiklah, aku setuju ide itu! (Begitu Si Anak hendak memakan apel itu, Si Semut dan Si Ulat segera beraksi. Semut berdiri di atas kepala Si Ulat, menjadi hewan baru yang mengerikan.)

Si Anak  :  Toloong... ada hewan aneh! Toloong! (lari terbirit-birit)

Si Semut dan Si Ulat :  Ha ... ha ... . Ini gunanya berteman!  Yuk, kita makan apel ini bersamasama.

 

Bacalah percakapan di atas dengan beberapa temanmu. Bagilah tugas untuk berperan sebagai Si Anak, Si Ulat, dan Si Semut serta seorang siswa sebagai narator!

Berdasarkan cerita drama di atas, jawablah pertanyaan berikut!

1.  Mengapa Si Ulat dan Si Semut bertengkar?

2.  Mengapa akhirnya Si Ulat dan Si Semut bekerja sama?

3.  Apakah akibat dari bersikap sombong kepada  teman?

4.  Apakah akibat sikap serakah kepada teman?

5.  Dapatkah kamu hidup sendiri tanpa bantuan  teman?

   

Ibu guru mengingatkan Siti dan teman-teman untuk selalu bekerja sama.

Kita tidak dapat hidup sendiri.

Semua orang membutuhkan orang lain.

Manusia adalah makhluk sosial.

Hari ini, ibu guru memberi tugas secara kelompok.

Setiap kelompok harus bekerja sama.

Tugasnya adalah membuat prakarya dengan bahan alami.

Sebelum membuat prakarya, setiap kelompok menyiapkan bahan.

Bahan-bahan yang digunakan adalah biji-bijian.



Okay apakah ada yang ingin bertanya setelah kalian melakukan pengamatan dan membaca isi teks?

Baik selanjutnya ibu yang ingin bertanya...

Apasaja yang dibeli siti dan teman-temanya, pinter.. berapakah harga dari kacang tanah..?

mashaAllah anak-anak ibu guru pinter. 


Selain membeli biji-bijian, Siti dan kelompoknya membeli alat dan bahan lainnya.

Berikut bahan-bahan lainnya!




Apakah sudah selesai nak...

Godjob masha allah pinter!

 

Okey sekarang kita akan belajar membuat kreasi , kita akan membuat dan menghias bingkai foto dari biji-bijian.

Silahkan kalian siapkan bahan-bahan dan alat yang diperlukan. 





PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah mempelajari isi teks berkaitan kehidupan social, mampu menemukan kosa kata berkaitan kehidupan social, mampu menghitung nilai sekelompok pecahan uang, mampu menaksir harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara, dan memahami dan membuat prakarya dari bahan alam.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...