MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Senin, 17
Oktober 2022
Semester
: I
Tema 3 : Tugasku
Sehari-hari
Subtema 4 : Tugasku
dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 1
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamualaikum
anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan
sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah
subhanahu wata'ala ya sayang..
Bagaimana perasaannya hari ini? Bahagia semua ya nak
masyallah..
Alhamdulillah kalian seminggu kemarin sudah
melaksanakan PTS (Penilaian Tengah Semester)..
Harus lebih semangat belajarnya yaa nak...
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk
belajar hari ini?
Coba yuk kita tepuk semangat dulu..
“Tepuk Semangat”.......
Jika sudah siap,
mari kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Satu minggu ini
kita akan melanjutkan pembelajaran di Subtema 3. Apakah anak-anak masih ingat tentang pembelajaran yang telah kalian
dapatkan minggu yang lalu?
Iyaaaa pinter, semua materi pembelajaran
yang sudah kalian pelajari keluar semua tidak pada soal PTS kemarin. Oke,
kemarin kita sudah belajar gerakan melempar, memukul dan menangkap bola. Memahami dan menemukan
kosakata dari teks kehidupan sosial, memahami karakteristik individu
berdasarkan perbedaan agama, dan memahami isi teks dan denah lokasi,
mengurutkan nilai mata uang dan siswa dapat menggambarkan budaya kerukunan
sosial.
Hari ini kita akan melanjutkan
pembelajaran berikutnya.
Dimana, pembelajaran hari ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa mengamati
gambar dan memahami isi teks berkaitan kehidupan
social, mampu menemukan kosa kata berkaitan
kehidupan social, mampu
menghitung nilai sekelompok pecahan uang, mampu menaksir
harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara, dan
memahami dan membuat prakarya dari bahan alam.
INTI (50
menit)
Baik
anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar di bawah ini!
Siswa
kelas 2 rajin belajar.
Mereka
sering belajar kelompok.
Ibu
guru membimbing siswa dalam kerja kelompok.
Semua
siswa menghormati guru. Semua guru menyayangi siswa.
Selama
kerja kelompok, antarsiswa saling bekerja
sama.Menghormati
guru dan menyayangi teman adalah
tugas siswa.
Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan gambar sedang siswa dan
siswi sedang belajar dalam kerja kelompok dan guru membimbingnya.
Oke
nak sekarang,
silahkan anak-anak mengamati
dan menyimak cerita bermain peran bawah ini!
Bacalah
teks drama berikut dengan saksama!
Si Ulat & Si Semut
Oleh: Agung Hastomo
(Suatu
ketika, Si Ulat menemukan buah apel manis
di
ranting pohon yang tidak begitu tinggi)
Si
Ulat : Waaah…apel! hmm nyam-nyam pasti
rasanya manis, coba aaahh … Si Ulat
bersiap menyantap apel itu…)
Si
Semut : Hei… Ulat! Apa kamu tidak melihat, ada aku di sini? Apel ini milikku,
aku yang lebih dulu menemukannya.
Jadi, aku yang berhak memilikinya! Pergi kamu dari sini! Sebelum kupanggilkan teman-temanku
untuk mengusirmu!
Si
Ulat : Hei… Semut! Jangan begitu dong! Apel ini kan besar dan bulat, jadi cukup
untuk kita makan berdua.
Si
Semut : Tidak bisa! Apel ini milikku!
Aku yang pertama kali menemukannya. Jangan coba-coba kamu
memakannya!
Pergi sana! Cari apel yang lain!
Si
Ulat :
Apa kamu bilang? Sini kalau berani!
Si
Semut : Siapa takut!
Si
Ulat :
Rasakan gatalnya bulu-buluku nanti. (Si Semut dan Si Ulat yang hendak berkelahi saling gigit,
tiba-tiba mereka kaget.)
Si
Anak :
Wah … ada apel besar, lumayan siang-siang begini. (Si Semut dan Si Ulat
berhenti berkelahi, mereka
saling
memandang.)
Si
Semut : Ada juga yang mau makan apel
ini.
Si
Ulat :
Bagaimana kalau dia yang makan, kita tidak dapat apa-apa, dong!
Si
Semut dan Si Ulat : (diam … berpikir).
Si
Semut : Aku ada ide! Kita takut-takuti saja dia. Bagaimana?
Si
Ulat : Baiklah, aku setuju ide itu!
(Begitu Si Anak hendak memakan apel itu, Si Semut dan Si Ulat segera beraksi.
Semut berdiri di atas kepala Si Ulat, menjadi hewan baru yang mengerikan.)
Si
Anak :
Toloong... ada hewan aneh! Toloong! (lari terbirit-birit)
Si
Semut dan Si Ulat : Ha ... ha ... . Ini
gunanya berteman! Yuk, kita makan apel
ini bersamasama.
Bacalah percakapan di atas dengan beberapa
temanmu. Bagilah tugas untuk berperan sebagai Si Anak, Si Ulat, dan Si Semut
serta seorang siswa sebagai narator!
Berdasarkan cerita drama di atas, jawablah
pertanyaan berikut!
1. Mengapa Si Ulat dan Si Semut bertengkar?
2. Mengapa akhirnya Si Ulat dan Si Semut bekerja
sama?
3. Apakah akibat dari bersikap sombong
kepada teman?
4. Apakah akibat sikap serakah kepada teman?
5. Dapatkah kamu hidup sendiri tanpa
bantuan teman?
Ibu
guru mengingatkan Siti dan teman-teman untuk selalu bekerja sama.
Kita
tidak dapat hidup sendiri.
Semua
orang membutuhkan orang lain.
Manusia
adalah makhluk sosial.
Hari
ini, ibu guru memberi tugas secara kelompok.
Setiap
kelompok harus bekerja sama.
Tugasnya
adalah membuat prakarya dengan bahan alami.
Sebelum
membuat prakarya, setiap kelompok menyiapkan bahan.
Bahan-bahan
yang digunakan adalah biji-bijian.
Okay
apakah ada yang ingin bertanya setelah kalian melakukan pengamatan dan membaca
isi teks?
Baik
selanjutnya ibu yang ingin bertanya...
Apasaja yang dibeli siti dan teman-temanya, pinter..
berapakah harga dari kacang tanah..?
mashaAllah anak-anak ibu guru pinter.
Selain
membeli biji-bijian, Siti dan kelompoknya membeli alat dan bahan lainnya.
Berikut bahan-bahan lainnya!
Apakah sudah selesai nak...
Godjob masha allah pinter!
Okey sekarang kita akan belajar membuat kreasi , kita akan membuat dan
menghias bingkai foto dari biji-bijian.
Silahkan kalian siapkan bahan-bahan dan alat yang diperlukan.
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian
telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah mempelajari isi teks berkaitan kehidupan social, mampu menemukan kosa kata berkaitan kehidupan social, mampu menghitung nilai sekelompok pecahan uang, mampu menaksir harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara,
dan memahami dan membuat prakarya dari bahan alam.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami
materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan
berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk
jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang
baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar