MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Senin, 03
Oktober 2022
Semester
: I
Tema 3 : Tugasku
Sehari-hari
Subtema
3 : Tugasku Sebagai Umat Beragama
Pembelajaran : 1
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamualaikum
anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan
sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah
subhanahu wata'ala ya sayang..
Bagaimana perasaannya hari ini? Bahagia semua ya nak
masyallah..
Harus lebih semangat belajarnya yaa nak...
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk
belajar hari ini?
Coba yuk kita tepuk semangat dulu..
“Tepuk Semangat”.......
Jika sudah siap,
mari kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Satu minggu ini
kita akan melanjutkan pembelajaran di Subtema 3. Apakah anak-anak masii ingat tentang
pembelajaran yang telah kalian dapatkan minggu yang lalu?
Iyaaaa pinter,
minggu yang lalu kalian telah belajar mengenai pecahan mata uang baik dalam
bentuk logam ataupun uang kertas ya Nak. Kemudian belajar menyebutkan nilai pecahan uang kertas serta dapat
membedakan jenis kelamin dan mengelompokkanya…
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran berikutnya. Dimana, pembelajaran hari
ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa mengamati
gambar kegiatan tolong menolong, memahami isi teks kegiatan tolong menolong,
dapat mengelompokkan pecahan uang, serta mampu memahami gambar imajinasi.
INTI (50
menit)
Baik
anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar di bawah ini!
Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan gambar sedang bersedekah
atau memberi sebagian harta atau bendanya. Gambar tersebut merupakan salah satu
kegiatan Tolong Menolong.
Oke
nak sekarang,
silahkan anak-anak menyimak cerita
di bawah ini!
Budaya
Tolong-Menolong
Hari
ini, Siti belajar dengan ceria.
Siti
bersama teman-teman berdoa dan memberi
salam
kepada ibu guru. Ibu guru menyampaikan
pengumuman.
Pengumuman
itu berisi berita tentang banjir di
lingkungan
sekolah.
Seluruh
siswa ikut membantu.
Mereka
mengumpulkan uang sumbangan.
Sumbangan
dari siswa dikumpulkan setiap kelas.
Kemudian,
dari setiap kelas dikumpulkan untuk
disalurkan.
Seluruh siswa merasa senang dapat
membantu korban banjir.
Kemudian, silahkan anak-anak mengamati kembali gambar dan cerita serta diskusikan!
Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan gambar sedang bersedekah
atau memberi sebagian harta atau bendanya. Gambar tersebut merupakan salah satu
kegiatan Tolong Menolong.
Oke
nak sekarang,
silahkan anak-anak menyimak cerita
di bawah ini!
Budaya
Tolong-Menolong
Hari
ini, Siti belajar dengan ceria.
Siti
bersama teman-teman berdoa dan memberi
salam
kepada ibu guru. Ibu guru menyampaikan
pengumuman.
Pengumuman
itu berisi berita tentang banjir di
lingkungan
sekolah.
Seluruh
siswa ikut membantu.
Mereka
mengumpulkan uang sumbangan.
Sumbangan
dari siswa dikumpulkan setiap kelas.
Kemudian,
dari setiap kelas dikumpulkan untuk
disalurkan.
Seluruh siswa merasa senang dapat
membantu korban banjir.
Kemudian, silahkan anak-anak mengamati kembali gambar dan cerita serta diskusikan!
Apakah anak-anak masih ingat menentukan nilai sekelompok mata uang
pecahan?
Ayoo nak silahkan amati gambar uang pecahan di bawah ini!
Hasil
sumbangan dari siswa terdapat berbagai pecahan uang.
Siti
dan teman-teman mengelompokkan mata uang.
Setiap
kelompok bernilai sama.
Ayo nak diamati gambarnya masing-masing sekelompok pecahan uang
bernilaii berapa..?
Masha allah pinter godjob! Masing-masing kelompok bernilai sama yaitu
lima ratus rupiah.
Gimana anak-anak apakah sudah paham mengenaik kelompok pecahan uang
logam?
Kalau sudah paham anak-anak sholeh dan sholehah silahkan berlatih
dengan mengerjakan soal di bawah ini ya nakkk...
Apakah sudah selesai nak? Goodjob!
Sekarang, kita akan melanjutkan materi
selanjutnya ya Nak.
Mari perhatikan dan amati!
Budaya
tolong-menolong sangat penting.
Siti
bersama beberapa teman dan ibu guru
memberikan bantuan kepada korban banjir.
Sudah diamati nak ayo sekarang silahkan kalian semua keluarkan alat
gambarnya yaitu
Buku gambar, Pensil, Krayon, dan Penghapus. Silahkan kalian semua
berkreasi menggambarkan peristiwa kejadian yang ada pada gambar yaitu keadaan
lingkungan yang terkena banjir.
Gambar dan warnai yang bagus ya anak hebat bu guru....
PENUTUP (10
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian
telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah mempelajari mengenai budaya tolong-menolong, memahami sekelompok nilai pecahan uang logam,
dan berkreasi menggambar keadaan lingkungan yang terkena banjir.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami
materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan
berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk
jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang
baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar