MATERI PEMBELAJARAN
Hari/
Tanggal : Kamis, 27
Oktober 2022
Tema 1 : Hidup Bersih dan
Sehat
Subtema
1 : Hidup Bersih dan Sehat
di Rumah
Pembelajaran : 4
PEMBUKAAN
(10 menit)
Bismillah..
Assalamualaikum
anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan
sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah
subhanahu wata'ala ya sayang..
Bagaimana perasaannya hari ini? Bahagia semua ya nak
masyallah..
Alhamdulillah kita sudah selesai belajar di tema 3,
sekarang kita masuk ke tema 4 ya nak..
Harus lebih semangat belajarnya yaa nak...
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk
belajar hari ini?
Coba yuk kita tepuk semangat dulu..
“Tepuk Semangat”.......
Berdoa
terlebih dahulu ya Nak..
Kemarin
kalian sudah belajar di Pembelajaran ke 4 sayang..
Apakah
anak-anak masih ingat tentang pembelajaran kemarin?
Iyaaaa
pinter, kalian dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama
dua atau tiga secara benar, dapat
menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
berdasarkan teks yang dibacakan secara benar, dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat
dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar,
dan siswa dapat mengenal sisi, sudut, dan titik sudut
bangun datar secara benar.
Nah, hari ini juga, kalian akan melaksanakan Penilaian
Harian terakhir yaitu PH Bahasa Lampung ya sayang..
Tapi sebelumnya, silahkan anak-anak Ibu Guru menyimak
materi terlebih dahulu.
Apakah kalian sudah siap?
Jika
sudah siap, mari kita Hari ini kita akan melanjutkan
pembelajaran berikutnya.
Dimana, pembelajaran hari ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa menjelaskan makna kosakata yang
berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang
dibacakan secara benar, dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan
lafal dan intonasi yang tepat, dapat
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman
di rumah secara tepat, dapat
mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara
benar.
INTI (50
menit)
Petugas kesehatan
berkunjung ke rumah Dayu.
Mereka menjelaskan cara menjaga
kebersihan lingkungan.
Sudah di baca nak..?
Okay sekarang kita berlatih.
Temukan kata-kata
dalam tabel yang mempunyai makna sebagai berikut!
1. Bagian bawah dari ruangan.
2. Tingkap.
3. Tempat udara dapat keluar
masuk.
Apa yang dilakukan Dayu dan
keluarga?
Apakah kamu mengerti
masing-masing isi gambar tersebut?
Dayu dan keluarga sudah tahu
cara menjaga kebersihan rumah.
Mereka selalu membersihkan rumah
bersama.
Kebersamaan dalam keluarga harus selalu dijaga.
Dayu dan adik suka bermain
bersama.
Mereka bermain melatih
keseimbangan dalam posisi duduk.
Dayu bermain peran menjadi
dokter cilik.
Ia menjelaskan tentang cara
menjaga kebersihan
pekarangan rumah kepada adiknya.
Misalnya menjaga kebersihan
halaman depan dan
belakang rumah.
Okay
sekarang kalian Kemukakan pendapatmu tentang isi gambar!
Dayu dan keluarga menjaga
kebersihan pekarangan rumah bersama.
Mereka telah menunjukkan
persatuan dalam Keluarga.
Persatuan
dalam keluarga banyak manfaatnya.
Sebaliknya,
hidup tidak bersatu ada akibatnya.
Diskusikan bersama temanmu manfaat hidup bersatu dalam keluarga!
Diskusikan pula akibat jika tidak
ada persatuan dalam keluarga!
Amati apa yang dapat kamu
kemukakan terhadap isi gambar?
Konblok
berbentuk segi enam.
Permukaan konblok berupa
bangun datar.
Bangun datar mempunyai sisi,
sudut, dan titik sudut.
Masih ingatkah kamu sisi, sudut,
dan titik sudut pada bangun datar?
Amati berbagai benda yang berupa
bangun datar di sekitarmu!
Hitung banyak sisi, sudut, dan
titik sudut setiap benda!
PENUTUP (50
menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan
baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah dapat bisa menjelaskan makna
kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks
yang dibacakan secara benar, dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan
lafal dan intonasi yang tepat, dapat
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman
di rumah secara tepat, dapat
mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara
benar.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi
hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam
pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari
terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di
rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar