Jumat, 28 Oktober 2022

Kelas 2. Tema 4 Subtema 1 PB 5 dan 6, serta Penilaian Harian Bahasa Lampung

 MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                     : Kamis, 27 Oktober 2022

Tema 1                                : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 1                          : Hidup Bersih dan Sehat di Rumah

Pembelajaran                   : 4

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamualaikum anak sholih/ah..

Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?

Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..

Bagaimana perasaannya hari ini? Bahagia semua ya nak masyallah..

Alhamdulillah kita sudah selesai belajar di tema 3, sekarang kita masuk ke tema 4 ya nak..

Harus lebih semangat belajarnya yaa nak...

Ayo anak ibu guru,  sudah siap semua untuk belajar hari ini?

Coba yuk kita tepuk semangat dulu..

“Tepuk Semangat”.......

 

 

Berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Kemarin kalian sudah belajar di Pembelajaran ke 4 sayang..

Apakah anak-anak masih ingat tentang pembelajaran kemarin?

Iyaaaa pinter, kalian dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga secara benar, dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan secara benar, dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca secara benar, dan siswa dapat mengenal sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar secara benar.

 

Nah, hari ini juga, kalian akan melaksanakan Penilaian Harian terakhir yaitu PH Bahasa Lampung ya sayang..

Tapi sebelumnya, silahkan anak-anak Ibu Guru menyimak materi terlebih dahulu.

Apakah kalian sudah siap?

 

Jika sudah siap, mari kita Hari ini kita  akan melanjutkan pembelajaran berikutnya. Dimana, pembelajaran hari ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa  menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan secara benar, dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat, dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di rumah secara tepat, dapat mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara benar.

 

 

INTI (50 menit)


Petugas kesehatan berkunjung ke rumah Dayu.

Mereka menjelaskan cara menjaga kebersihan lingkungan.

Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!


Sudah di baca nak..?

Okay sekarang kita berlatih.

Temukan kata-kata dalam tabel yang mempunyai makna sebagai berikut!

1. Bagian bawah dari ruangan.

2. Tingkap.

3. Tempat udara dapat keluar masuk.










Apa yang dilakukan Dayu dan keluarga?

Apakah kamu mengerti masing-masing isi gambar tersebut?

 

Dayu dan keluarga sudah tahu cara menjaga kebersihan rumah.

Mereka selalu membersihkan rumah bersama.

Kebersamaan dalam keluarga harus selalu dijaga.



Dayu dan adik suka bermain bersama.

Mereka bermain melatih keseimbangan dalam posisi duduk.



Dayu bermain peran menjadi dokter cilik.

Ia menjelaskan tentang cara menjaga kebersihan

pekarangan rumah kepada adiknya.

Misalnya menjaga kebersihan halaman depan dan

belakang rumah.





Okay sekarang kalian Kemukakan pendapatmu tentang  isi gambar!

 

Dayu dan keluarga menjaga kebersihan pekarangan rumah bersama.

Mereka telah menunjukkan persatuan dalam Keluarga.

 

Persatuan dalam keluarga banyak manfaatnya.

Sebaliknya, hidup tidak bersatu ada akibatnya.

Diskusikan bersama temanmu manfaat hidup bersatu dalam keluarga!

Diskusikan pula akibat jika tidak ada persatuan dalam keluarga!                          




Amati apa yang dapat kamu kemukakan terhadap isi gambar?


Konblok berbentuk segi enam.

Permukaan konblok berupa bangun datar.

Bangun datar mempunyai sisi, sudut, dan titik sudut.

Masih ingatkah kamu sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar?




Amati berbagai benda yang berupa bangun datar di sekitarmu!

Hitung banyak sisi, sudut, dan titik sudut setiap benda!



PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah dapat bisa menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan secara benar, dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat, dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di rumah secara tepat, dapat mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional secara benar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...