MATEMATIKA
Hari / Tanggal : Kamis / 24 Juli 2025
Kelas : Zubair bin Awwam
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Bilangan 1 sampai dengan 100
CP : Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
TP :
1. Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.
2. Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.
3. Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.
4. Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.
Media : Kartu Bilangan
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Hari ini, adalah hari kedua kegiatan aktif pembelajaran di semester 1. Ibu guru harapkan, kalian bisa lebih bersemangat dan bahagia dalam melaksanakan pembelajaran selama 1 semester ya sayang..
Baik, hari ini kita akan belajar Matematika dengan materi Bilangan 1 sampai dengan 1.000. Disini Ibu Guru harapkan nantinya kalian bisa memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan, dapat membilang dengan mengelompokkan benda.
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Jika sudah, berikut materi pembelajaran Matematika yang akan kalian pelajari hari ini.
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
1. Ada berapa benih padi? (bisa diganti dengan manik-manik atau yang lain)
2. Memikirkan cara membilang banyaknya kue dan benih padi pada halaman 3, 4, dan 5. Berikan kesempatan peserta didik memperkirakan banyaknya benih padi dan kue.
3. Memikirkan cara membilang banyaknya benda.
4. Praktek membilang benda konkret seperti benih padi, dapat dibuat menjadi kegiatan kelompok dan pastikan banyaknya benda tersebut tidak lebih dari 1.000.
5. Jika kegiatan di atas dilakukan, kegiatan membilang banyaknya kue pada halaman 4 dan 5 dihilangkan. Untuk selanjutnya, pembelajaran dilanjutkan dengan mengganti benda konkret tersebut dengan benda semi konkret seperti balok satuan.
Bilangan yang Lebih Besar dari 100
Ada berapa banyak kue seluruhnya?
Mari kita hitung banyak kue tersebut dengan metode hitung lompat 2, 5 atau 10!
Kemudian, kalian kumpulkan kue setiap 10 potong dan dijadikan kelompok-kelompok yaa Nak…
Agar tidak ada yang salah saat membilang, silahkan kalian catat di buku.
Naahh… bagaimana mudah bukan?
Ternyata, membilang dengan mengumpukan terlebih dahulu lebih mudah daripasa membilang satu per satu.
Sekarang, kelompok puluhan yang telah kalian bentuk, kita kumpulkan kembali menjadi satu, sehingga membentuk ratusan. Saat membilang banyak benda, lakukan pengumpulan menjadi puluhan yang akan mempermudah proses membilang. Jika 10 buah puluhan itu digabungkan akan menjadi ratusan, maka proses membilang akan menjadi semakin mudah.
Bagaimana anak-anak, apakah sudah bisa menentukan bilangan yang lebih dari 100?
Jika sudah, mari kita berlatih!
3.
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar