MATEMATIKA
DAN PENDIDIKAN PANCASILA
Hari / Tanggal : Selasa / 23 Juli 2024
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Bilangan 1 sampai dengan 1.000
CP : Peserta didik
menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai
tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan
dekomposisi (mengurai) bilangan.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana
kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Hari ini, adalah hari kedua kegiatan aktif
pembelajaran di semester 1. Ibu guru harapkan, kalian bisa lebih bersemangat
dan bahagia dalam melaksanakan pembelajaran selama 1 semester ya sayang..
Baik,
hari ini kita akan belajar Matematika dengan materi Bilangan
1 sampai dengan 1.000. Disini Ibu Guru harapkan nantinya kalian bisa memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan
penggunaan bilangan, dapat membilang dengan mengelompokkan benda.
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Jika sudah, berikut materi pembelajaran Matematika
yang akan kalian pelajari hari ini.
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
1.
Ada berapa benih
padi? (bisa
diganti dengan manik-manik atau yang lain)
2. Memikirkan cara membilang banyaknya kue dan benih padi pada halaman 3, 4,
dan 5. Berikan kesempatan peserta didik memperkirakan banyaknya benih padi dan
kue.
3. Memikirkan cara
membilang banyaknya benda.
4. Praktek membilang
benda konkret seperti benih padi, dapat dibuat menjadi kegiatan kelompok dan
pastikan banyaknya benda tersebut tidak lebih dari 1.000.
5. Jika kegiatan di
atas dilakukan, kegiatan membilang banyaknya kue pada halaman 4 dan 5
dihilangkan. Untuk selanjutnya, pembelajaran dilanjutkan dengan mengganti benda
konkret tersebut dengan benda semi konkret seperti balok satuan.
Bilangan yang Lebih Besar dari 100
Ada berapa banyak kue seluruhnya?
Mari kita hitung banyak kue tersebut dengan metode
hitung lompat 2, 5 atau 10!
Kemudian, kalian kumpulkan kue setiap 10 potong dan
dijadikan kelompok-kelompok yaa Nak…
Agar tidak ada yang salah saat membilang, silahkan
kalian catat di buku.
Naahh… bagaimana mudah bukan?
Ternyata, membilang dengan mengumpukan terlebih
dahulu lebih mudah daripasa membilang satu per satu.
Sekarang, kelompok puluhan yang telah kalian bentuk,
kita kumpulkan kembali menjadi satu, sehingga membentuk ratusan. Saat membilang banyak benda, lakukan pengumpulan menjadi puluhan yang
akan mempermudah proses membilang. Jika 10 buah puluhan itu digabungkan akan
menjadi ratusan, maka proses membilang akan menjadi semakin mudah.
Bagaimana anak-anak, apakah sudah bisa menentukan
bilangan yang lebih dari 100?
Jika sudah, mari kita berlatih!
3.
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Bab 1 : Pancasila Dasar Negara
CP : Peserta
didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila
dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di
lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
Selanjutnya
adalah pelajaran Pendidikan Pancasila
ya Nak…
Disini Ibu Guru
harapkan nantinya kalian bisa memahami bendera
Negara Republik Indonesia melalui tampilan video pelaksanaan upacara bendera.
Lagu Bendera
Merah Putih
Ciptaan Ibu
Sud
Bendera merah putih
Bendera tanah airku
Gagah dan jernih tampak warnamu
Berkibarlah di langit yang biru
Bendera merah putih
Bendera bangsaku
Bendera merah putih
Pelambang berani dan suci
Siap selalu kami berbakti
Untuk bangsa dan Ibu Pertiwi
Bendera merah putih
Terimalah salamku
Berikut link lagunya ya sayang…
https://www.youtube.com/watch?v=QmbDaxJD9vo
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua
hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya
sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar