Selasa, 30 Juli 2024

Kelas 2.B. "Seni Rupa dan Matematika"

 

MATERI AJAR

SENI RUPA DAN MATEMATIKA

 

 

Hari / Tanggal                 :  Rabu / 31 Juli 2024

Kelas                                :  2. B

Mata Pelajaran               :  Seni Rupa

Materi                              :  Eksplorasi Alat, Media dan Bahan Alam dan Buatan

CP                                      : 

Ø Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically)    

Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.       

Ø Menciptakan (Making/Creating)   

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Ø Berdampak (Impacting)      

Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya.    

Tujuan Pembelajaran    : Peseta Didik dapat mengenal dan mengeksplorasi warna primer dan sekunder. Mengenal dan mengeksplorasi alat untuk membuat garis. Mengenali dan mengeksplorasi elemen rupa dalam sebuah karya.

 

 

Elemen & Prinsip Seni

Jenis Garis :

1.    Horizontal adalah garis yang menyamping ke kiri dan ke kanan.

 

 



2.    Vertikal adalah garis yang naik turun ke atas dan ke bawah.

 

 

3.    Diagonal adalah garis yang mendaki dan menurun.

 

 


 

 

4.    Spiral adalah (dalam bentuk) keluk atau putaran mengelilingi titik pusat.

 

 5.    Cekung adalah melengkung ke dalam.

 

  

6.    Cembung adalah melengkung ke luar.



Warna:

1.       Primer : warna  dasar yang tidak bisa didapat dari mencampurkan warna lain yaitu Merah, Kuning dan Biru

2.       Sekunder :  warna yang didapat dengan cara mencampurkan dua warna primer yaitu Jingga/Oranye, Hijau dan Nila/Ungu.

 

Alat dan Bahan:






Mata Pelajaran                 :  Matematika

Materi                                :  Menentukan Nilai Tempat Bilangan

CP                                       : 

Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Tujuan Pembelajaran    : Memahami komposisi, susunan, cara menulis, dan cara membaca bilangan 3 angka.

Memahami besarnya dan nilai tempat bilangan 3 angka.


29  =  2 puluhan   +  9 satuan

29  =         20          +  9

 

 

Yumna mengukur tinggi badannya.

Tinggi badannya 97 cm.

97 terdiri atas dua angka.

Bilangan 97 punya dua nilai tempat.

Nilai tempat angka 9 sebagai puluhan.

Jadi, ditulis 90.

Nilai tempat angka 7 sebagai satuan.

Jadi, ditulis 7.




Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "P5 dan Bahasa Indonesia"

                                                                     MATERI AJAR P5 dan Bahasa Indonesia Hari / Tanggal                   : ...