MATERI AJAR
BAHASA
INDONESIA
Hari / Tanggal : Senin / 28 Juli 2025
Kelas : 2 Zubair bin Awwam
Materi :
Mengenal Berbagai Jenis Perasaan dan
Penyebabnya
CP :
·
Menyimak
1.
Murid mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
2.
Murid mampu memahami pesan lisan dan informasi dari
media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang
berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
·
Membaca dan Memirsa
1.
Murid mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat
yang baik.
2.
Murid mampu memahami informasi dari bacaan dan
tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi
anak.
3.
Murid mampu menambah kosakata baru dari teks yang
dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
·
Berbicara dan Mempresentasikan
1.
Murid mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara
dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2.
Murid mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan
menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan
santun dalam suatu percakapan.
3.
Murid mampu mengungkapkan gagasan secara lisan
dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.
4.
Murid mampu menceritakan kembali suatu informasi
yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang
dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
·
Menulis
1.
Murid mampu menunjukkan keterampilan menulis
permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku,
menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2.
Murid mengembangkan tulisan tangan yang semakin
baik.
3. Murid mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
TP :
1.
Melalui membaca
berulang, murid dapat menyimpulkan perasaan tokoh cerita.
2.
Melalui membaca
bersama teman secara bergantian, murid dapat menyebutkan kata yang sering
ditemui sehari-hari.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana
kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Baik, hari ini kita
akan belajar Bahasa Indonesia. Disini Ibu Guru harapkan nantinya kalian bisa
menceritakan pengalaman tentang berbagai perasaan, menyimpulkan tokoh cerita,
serta kalian dapat menyebutkan fungsi tanda baca titik. dapat mengenali kata-kata
baru pada tabel dengan menggunakan petunjuk visual.
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Jika sudah, berikut materi pembelajaran Bahasa
Indonesia yang akan kalian pelajari hari ini.
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
Amati judul cerita dan gambar di
atas.
Menurut kalian, mengapa Mimi
marah?
Simaklah petunjuk guru untuk
melakukan percobaan sederhana.
Sesudahnya, sampaikan pendapat
kalian.
Keadaan mana yang lebih nyaman
bagi tubuh kalian?
Membaca
Bacalah cerita berikut!
Mimi dan adiknya ingin bermain boneka.
Namun, tidak ada yang mau mengalah.
Mereka pun berebut hingga boneka rusak
Kosa Kata Baru
Berlatih
Berlatihlah menggunakan kosakata
baru.
1. Ibu membantu Vero __________
buku yang sobek.
2. Tisa sering _______ saat
bermain dengan adiknya.
3. Roni merasa ______ karena
penilaian harian sudah selesai.
Kalimat diawali dengan huruf kapital.
Menulis
1.
Tuliskan huruf kapital dan tanda
titik (.) di tempat yang tepat.
1) boneka penguin rusak
2) mimi tidak lagi marah
2.
Tuliskan
jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut di buku tulis kalian.
1) Mengapa Mimi dan adiknya
bertengkar?
2) Perasaan apa saja yang dialami
Mimi dan adiknya?
3) Bagaimana cara Mimi
menunjukkan kemarahannya?
4) Apakah kalian setuju dengan
cara itu? Mengapa?
5) Jika menjadi adik Mimi, apa
yang akan kalian lakukan?
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini
ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua
hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya
sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar