Selasa, 23 Juli 2024

Kelas 2.B. "Seni Rupa dan Matematika"

 

MATERI AJAR

SENI RUPA DAN MATEMATIKA

 

Hari / Tanggal                   :  Rabu / 24 Juli 2024

Kelas                                  :  2. B

Mata Pelajaran                 :  Seni Rupa

Bab 1                                  :  Melihat dan Menggunakan Warna

CP                                       :  Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan  menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

 

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Hari ini, adalah hari ketiga kegiatan aktif pembelajaran di semester 1. Ibu guru harapkan, kalian bisa lebih bersemangat dan bahagia dalam melaksanakan pembelajaran selama 1 semester ya sayang..

 

Baik, hari ini kita akan belajar Seni Rupa dengan materi  Melihat dan Menggunakan Warna. Disini Ibu Guru harapkan nantinya kalian bisa mengenal dan mengekplorasi elemen rupa dalam sebuah karya peserta didik mampu memahami penggunakan warna pada seni rupa.

 

Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?

Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^

 

Silahkan anak-anak menyimak video di bawah ini yaa…

https://www.youtube.com/watch?v=ymwBc-dpZHo

 

Apa saja yang kalian temukan dalam video tersebut?

Kemudian, silahkan anak-anak melihat di sekeliling kalian, dan tentukan sudut mana yang menurut kalian indah!

Amati warna-warna yang karya seni atau pandangan yang menurut kalian indah.

Indah bukan?

Apa saja yang kalian amati?

Dedaunan? Rumput? Bunga? Atau yang lain?

Apakah ada perbedaan warna dari benda-benda yang kalian amati?

 

Naahh…

Sekarang, silahkan kalian menentukan 1 warna yang kalian suka.

Jika sudah, mari kita berkeliling kembali mencari benda yang berwarna yang sudah kalian tentukan.

Kalian sudah berkeliling. Sekarang, silahkan anak-anak untuk memejamkan mata sejenak, dan silahkan kalian bayangkan suatu tempat yang indah. Fikirkan warna-warna yang ada pada tempat tersebut.

Jika sudah, silahkan kalian buka mata kalian, dan silahkan anak-anak menggambar gambar yang sudah kalian bayangkan tadi. Beri warna sesuai dengan warna yang telah kalian lihat dalam bayangan kalian.

 

Jika sudah..

Dari sini kalian sudah memahami, bahwa di dunia ini memiliki bermacam-macam warna. Dan dengan adanya warna-warna tersebut, membuat sekeliling kita menjadi lebih indah bukan?

 

Okee..

Cukup untuk pembelajaran seni rupa hari ini, selanjutnya kita akan melanjutkan dengan pembelajaran Matematika.

 

  

Mata Pelajaran                 :  Matematika

Bab 1                                  :  Bilangan 1 sampai dengan 1.000

CP                                   :  Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

 

Kemarin kalian sudah belajar mengenai perhitungan benda sampai 100 dengan cara mengelompokkan benda-benda tersebut ke dalam puluhan terlebih dahulu.

Sekarang, simak penjelasan mengenai bilangan tempat di bawah ini!

Mengingat ada 23 buah kelompok puluhan dan lebihnya sebanyak 5 buah.

Mengingat kelompok puluhan dan ratusan sesuai dengan gambar.

Ganti 1 kue dengan 1 balok satuan dan atur sedemikian rupa agar proses membilang lebih mudah.

Pertama, pastikan bahwa kumpulan 10 buah kue terdiri dari 10 buah balok satuan. Kemudian saat semua diganti dengan balok satuan, kelompok puluhan ada 23 kelompok dan terdapat sisa 5 buah.

Selanjutnya, pertimbangkan untuk mengelompokkan 10 kelompok puluhan menjadi satu kelompok dengan isi 100 balok satuan. Sehingga, dapat diketahui 2 kelompok berisi 100 balok satuan, 3 kelompok berisi 10 balok satuan dan sisa 5 balok satuan.

Berapa total yang sebaiknya dikatakan?

Siapkan bagan nilai tempat untuk menyusun balok Dienes, 2 balok ratusan, 3 balok puluhan, serta balok satuan 5 buah.

Kemudian pikirkan hubungan banyaknya balok satuan di kelompok ratusan, kelompok puluhan, dan sisanya 5 balok satuan dengan nilai tempat bilangan

Memahami bahwa jumlah 2 kelompok berisi 100 yang dikumpulkan adalah 200.



Jumlah total dua ratus, tiga puluh, dan lima disebut dua ratus tiga puluh lima dan ditulis 235.

Memahami nilai tempat ratusan setelah satuan dan puluhan.

Kuatkan pemahaman peserta didik tentang hubungan di mana 1 sebanyak 10 buah menjadi puluhan, dan puluhan sebanyak 10 buah menjadi ratusan.Untuk itu, konfirmasi hal-hal berikut kepada peserta didik sambil menggunakan bagan nilai tempat untuk menyusun balok Dienes.

·         [1]  Bagian nilai satuan hanya memuat hingga angka 9 saja.

·         [2]  Bila ada 10 balok satuan, simpan dalam kelompok puluhan, dan masukkan di bagian puluhan.

·         [3]  Bagian puluhan hanya memuat maksimal 9 kelompok puluhan.

·         [4]  Jika kelompok puluhan terkumpul sebanyak 10 kelompok, kumpulkan menjadi kelompok ratusan, dan masuk ke bagian ratusan.

Pada soal nomor  tuliskan bilangan yang mewak  ili banyaknya benda.

Pada soal nomor , jika ada anak yang menulis barisan angka 300, 20, 2 dengan 300202, berikan penjelasan ulang cara menyatakan bilangan misalnya dengan meletakkan balok Dienes pada bagan nilai tempat.

Pada soal nomor  tulis cara membaca bilangan.

Bagi anak yang kesulitan di nomor  gunakan bagan nilai tempat dan balok Dienes untuk membuat representasi bilangan tersebut secara visual.

Bilangan ratusan, puluhan, dan satuan dinyatakan dengan bilangan 3 a.


1.         Apa yang menarik dari pembelajaran yang terjadi?

2.         Apakah penting mempelajari konsep berhitung?

3.         Apa tantangan yang kalian temui selama proses pembelajaran?


 

Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kelas 2.B. "Matematika dan Seni Rupa"

                                                                                       MATERI AJAR MATEMATIKA DAN SENI RUPA     Hari / Tangg...