MATERI AJAR
SENI RUPA
DAN MATEMATIKA
Hari / Tanggal : Rabu / 24 Juli 2024
Kelas : 2. B
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Bab 1 : Melihat dan Menggunakan Warna
CP
: Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur
rupa.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana
kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Hari ini, adalah hari ketiga kegiatan aktif
pembelajaran di semester 1. Ibu guru harapkan, kalian bisa lebih bersemangat
dan bahagia dalam melaksanakan pembelajaran selama 1 semester ya sayang..
Baik,
hari ini kita akan belajar Seni Rupa dengan materi Melihat
dan Menggunakan Warna. Disini Ibu Guru harapkan nantinya kalian bisa mengenal dan mengekplorasi
elemen rupa dalam sebuah karya peserta didik mampu memahami penggunakan warna
pada seni rupa.
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^
Silahkan anak-anak menyimak video
di bawah ini yaa…
https://www.youtube.com/watch?v=ymwBc-dpZHo
Apa saja yang kalian temukan
dalam video tersebut?
Kemudian, silahkan anak-anak
melihat di sekeliling kalian, dan tentukan sudut mana yang menurut kalian
indah!
Amati warna-warna yang karya seni
atau pandangan yang menurut kalian indah.
Indah bukan?
Apa saja yang kalian amati?
Dedaunan? Rumput? Bunga? Atau yang
lain?
Apakah ada perbedaan warna dari
benda-benda yang kalian amati?
Naahh…
Sekarang, silahkan kalian
menentukan 1 warna yang kalian suka.
Jika sudah, mari kita berkeliling
kembali mencari benda yang berwarna yang sudah kalian tentukan.
Kalian sudah berkeliling. Sekarang,
silahkan anak-anak untuk memejamkan mata sejenak, dan silahkan kalian bayangkan
suatu tempat yang indah. Fikirkan warna-warna yang ada pada tempat tersebut.
Jika sudah, silahkan kalian buka
mata kalian, dan silahkan anak-anak menggambar gambar yang sudah kalian
bayangkan tadi. Beri warna sesuai dengan warna yang telah kalian lihat dalam
bayangan kalian.
Jika sudah..
Dari sini kalian sudah memahami,
bahwa di dunia ini memiliki bermacam-macam warna. Dan dengan adanya warna-warna
tersebut, membuat sekeliling kita menjadi lebih indah bukan?
Okee..
Cukup untuk pembelajaran seni
rupa hari ini, selanjutnya kita akan melanjutkan dengan pembelajaran
Matematika.
Mata Pelajaran : Matematika
Bab 1 : Bilangan 1 sampai dengan 1.000
CP : Peserta didik
menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada
bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai
tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan
dekomposisi (mengurai) bilangan.
Kemarin kalian sudah belajar
mengenai perhitungan benda sampai 100 dengan cara mengelompokkan benda-benda
tersebut ke dalam puluhan terlebih dahulu.
Sekarang, simak penjelasan mengenai
bilangan tempat di bawah ini!
Mengingat ada 23 buah kelompok puluhan dan
lebihnya sebanyak 5 buah.
Mengingat
kelompok puluhan dan ratusan sesuai dengan gambar.
Ganti 1 kue dengan 1 balok satuan dan
atur sedemikian rupa agar proses membilang lebih mudah.
Pertama, pastikan bahwa kumpulan 10 buah
kue terdiri dari 10 buah balok satuan. Kemudian saat semua diganti dengan balok
satuan, kelompok puluhan ada 23 kelompok dan terdapat sisa 5 buah.
Selanjutnya, pertimbangkan untuk
mengelompokkan 10 kelompok puluhan menjadi satu kelompok dengan isi 100 balok
satuan. Sehingga, dapat diketahui 2 kelompok berisi 100 balok satuan, 3
kelompok berisi 10 balok satuan dan sisa 5 balok satuan.
Berapa total yang sebaiknya dikatakan?
Siapkan bagan nilai tempat untuk
menyusun balok Dienes, 2 balok ratusan, 3 balok puluhan, serta balok satuan 5
buah.
Kemudian pikirkan hubungan banyaknya
balok satuan di kelompok ratusan, kelompok puluhan, dan sisanya 5 balok satuan
dengan nilai tempat bilangan
Memahami bahwa jumlah 2 kelompok berisi
100 yang dikumpulkan adalah 200.
Jumlah total dua ratus, tiga puluh, dan
lima disebut dua ratus tiga puluh lima dan ditulis 235.
Memahami nilai tempat ratusan setelah
satuan dan puluhan.
Kuatkan pemahaman peserta didik tentang
hubungan di mana 1 sebanyak 10 buah menjadi puluhan, dan puluhan sebanyak 10
buah menjadi ratusan.Untuk itu, konfirmasi hal-hal berikut kepada peserta didik
sambil menggunakan bagan nilai tempat untuk menyusun balok Dienes.
·
[1] Bagian nilai satuan hanya
memuat hingga angka 9 saja.
·
[2] Bila ada 10 balok satuan,
simpan dalam kelompok puluhan, dan masukkan di bagian puluhan.
·
[3] Bagian puluhan hanya memuat
maksimal 9 kelompok puluhan.
·
[4] Jika kelompok puluhan
terkumpul sebanyak 10 kelompok, kumpulkan menjadi kelompok ratusan, dan masuk
ke bagian ratusan.
Pada soal nomor
Pada soal nomor
Pada soal nomor
Bagi anak yang kesulitan di nomor
Bilangan ratusan, puluhan, dan satuan
dinyatakan dengan bilangan 3 a.
1.
Apa yang menarik
dari pembelajaran yang terjadi?
2.
Apakah penting mempelajari konsep berhitung?
3.
Apa tantangan yang kalian temui
selama proses pembelajaran?
Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini
ya Nak..
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua
hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya
sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar