MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Kamis,
22 Maret 2024
Tema
7 : Kebersamaan
Subtema
2 : Kebersamaan
di Sekolah
Pembelajaran : 6
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 6 Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah akan mempelajari tentang
menyebutkan isi dongeng binatang yang menggambarkan sikap hidup rukun, menuliskan
kembali dongeng binatang yang menggambarkan sikap hidup rukun, menyatakan
bagian suatu daerah terhadap keseluruhan dengan pecahan setengah, sepertiga,
dan seperempat, menyatakan pecahan, menyajIkan pecahan, mengidentifikasi arah
gerak kepala, tangan, dan mengidentifikasi kombinasi gerak, melakukan gerak
tangan dan gerak kaki, melakukan kombinasi gerak, Sebagai catatan tulisan ini
hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti pembelajaran bersama Bapak/Ibu
guru.
Ayo
Mengamati
Lomba
Kebersihan
Hari
ini, kelas Siti mengikuti lomba kebersihankelas.
Sebagian
siswa bekerja sama membersihkan kelas.
Sebagian
siswa menghias kelas.
Edo
membersihkan kaca jendela.
Lani
membuat beberapa hiasan.
Dayu
menata hasil karya menulis cerita dongeng dengan temannya.
Ayu
merapikan hasil karya teman-temannya tentang pecahan.
Suasana
kelas menjadi semarak.
Setelah
siap, Siti mengundang Ibu guru dan kepala sekolah untuk berkunjung ke kelas.
Mereka
melakukan penilaian.
Beberapa
siswa menampilkan tarian untuk menyambut kepala sekolah.
Semua
siswa sangat senang mengikuti kegiatan lomba kebersihan.
Mereka
menunjukkan rasa kebersamaan untuk kelasnya.
Ayo
Menulis
Tulislah
cerita dongeng yang pernah disampaikan guru! Kemudian, beri hiasan yang
menarik!
Judul
dongeng : Ikan dan Burung
Di
sebuah hutan burung dan ikan yang bersahabat dekat. Kedekatan keduanya melalui
suatu kejadian yang mengubah mereka.
Waktu
beristirahat di pinggiran sungai ikan berusaha mendapatkan biji-bijian, namun
tidak berhasil. Ia hanya bisa memandangi biji-bijian itu.
Perhatiannya
teralihkan oleh seekor burung yang sedang terbang. Dalam hati ikan mengatakan
mengapa Tuhan tidak memberinya sayap untuk terbang agar bisa meraih biji-bijian
itu.
Setelah
beterbangan, burung hinggap di dahan pohon untuk beristirahat. Ia melihat
banyak sekali cacing bergeliatan di dalam air. Burung berusaha masuk ke dalam
air untuk menyelam, namun tidak berhasil karena ia tidak bisa berenang.
Ia
hanya bisa memandangi cacing itu dari atas pohon. Perhatiannya teralihkan pada
ikan. Dalam hati burung mengatajkan mengapa Tuhan tidak memberinya ekor dan
sirip untuk berenang.
Akhirnya
ikan dan burung saling tahu kesulitan masing-masing. Lalu mereka berkenalan.
Ikan menginginkan biji-bijian, namun tidak bisa bisa terbang. Burung menginginkan
cacing, namun ia tidak bisa berenang.
Akhirnya
burung membantu ikan mengambil biji-bijian dan ikan membantu burung mendapatkan
cacing-cacing. Merekapun akhirnya menjadi sahabat dan saling membantu.
Ayo
Berlatih
Tentukan
nilai pecahan yang sesuai dengangambar berikut!
Ayo
Berkreasi
Buatlah
gambar persegi dan lingkaran! Kemudian, bagilah gambar tersebut sehingga
menunjukkan pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat! Kemudian, hiaslah yang
menarik!
Setelah
kelas 2 siap dengan hiasan, Siti mengundang kepala sekolah dan beberapa guru
untuk menilai kelas. Ketika kepala sekolah dan guru masuk kelas, beberapa siswa
menyambut dengan tampilan "Tari Kijang“.
Ayo
Menari
Ayo menari
tarian “Tari Kijang” sesuai iringan musik!
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar