MATERI AJAR
Hari/
Tanggal : Kamis, 7 Maret 2024
Tema
7 : Kebersamaan
Subtema
1 : Kebersamaan
di Rumah
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum
Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana
kabarnya hari ini?
Masih
semangat kah Nak?
Inshaa
Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya
Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada
Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 1 Kebersamaan di Rumah akan mempelajarai tentang
mendengarkan dongeng dan mengamati teks bacaan, menjawab pertanyaan, diskusi,
menyebutkan pecahan, menuliskan pecahan, menentukan pecahan, memahami kuat
lemah bunyi pada lagu dan menyuarakan kuat lemah bunyi pada lagu. Sebagai
catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan
pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Kebersamaan di Rumah Siti
Ayo Mengamati
Ayah Siti
pandai mendongeng.
Siti sangat
suka dengan dongeng.
Hampir setiap
minggu ayah Siti mendongeng.
Seusai
mendongeng, ayah Siti menceritakan isi dongeng.
Banyak sekali
contoh yang baik dalam dongeng.
Pertanyaan :
Informasi apa
yang kamu peroleh?
Informasi yang
saya peroleh adalah tentang kebersamaan di rumah Siti.
Apa saja
contoh kebersamaan di rumah?
Beberapa
contoh kebersamaan di lingkungan rumah antara lain :
1.
Makan bersama keluarga
2.
Melakukan ibadah keagamaan bersama
3.
Menonton televisi bersama
4.
Membersihkan rumah bersama
5.
Mengobrol bersama anggota keluarga
Ayo Bercerita
Dengarkan
dongeng “Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan” yang disampaikan oleh guru!
Kecerdikan
Menumbuhkan Kebaikan
Di sebuah
gurun pasir, hiduplah Ular dan Tikus pasir.
Sebenarnya
sang Ular sangat ingin memangsa tikus, sedangkan tikus berusaha mencari akal
agar ular tidak lagi berniat memangsanya. Saat itu sang Ular sangat lapar,
padahal ia sedang tidak mempunyai sedikit pun makanan. Sedangkan tikus yang
berada tidak jauh dari sang Ular sedang asyik melahap makanannya. Sang Ular
merasa tidak senang melihat kelakuan Tikus.
Ular |
: |
“Dengarkan
ucapanku, wahai Tikus yang angkuh! Aku pasti akan mendapatkan tubuhmu yang
mungil dan lezat itu!” |
Tikus |
: |
“Hei, Ular. Berusaha
dan bekerjalah. Jangan hanya berani mengancam. Kalau hanya mengancam, seekor
semut pun bisa!” |
Sang Ular
sangat marah mendengar ejekan Tikus. Ia lalu kembali ke sarangnya dengan perut
yang lapar.
Sedangkan
Tikus masih lahap dengan makanannya.
Waktu terus
berjalan, tetapi ular tidak juga menemukan makanan. Ia juga enggan untuk keluar
dari sarangnya. Sementara itu Tikus sudah lelap dalam sarangnya. Ular yang
masih dalam keadaan lapar segera mengandapendap mendekati sarang Tikus meski ia
masih sangat kesal terhadap Tikus.
Dan kini ular
telah berada di sisi Tikus yang sedang tidur pulas.
Ular |
: |
Hei, Tikus.
Aku sudah berada di sebelahmu dan siap untuk menyantapmu!” |
Tikus segera
terbangun dari tidurnya. Sambil berpura-pura menguap, ia mulai memutar otak
agar bisa lolos dari cengkeraman sang Ular.
Tikus |
Tunggu dulu
Ular, sahabatku. Kalau kau ingin memakanku, kau harus berpikir dulu. Kita
hanya berdua di sini, tidak ada hewan lain. Jika kau memakanku maka kau akan
sendiri. Kau tidak akan mempunyai teman yang dapat kauajak mencari makan.
Kalau begitu kau tidak akan makan dan akhirnya kau akan mati!” |
Sejenak sang
Ular terdiam. Ia mencoba merenungkan nasihat Tikus.
Ular |
“Jadi, kita
tidak bisa hidup sendiri?” |
|
Tikus |
“Tentu.
Bukankah kita bisa berteman dan tentunya kita dapat mencari makan bersama.
Bukankah itu lebih menyenangkan daripada nantinya setelah kau memakanku kau
hanya akan hidup sendiri.” |
Ular
mengangguk tanda mengerti.
Ular |
Baiklah
kalau begitu, maafkan aku!” |
Tikus pun
memaafkan ular. Mereka tersenyum bahagia, kemudian beranjak mencari makanan
bersama-sama.
Ayo Mencoba
Ayo cari tahu
tentang isi dongeng yang disampaikan oleh guru!
Jawablah
pertanyaan di bawah ini!
1. Siapakah
yang diceritakan dalam dongeng tersebut?
Dongeng di atas
menceritakan kisah ular dan tikus
2. Bagaimana
kecerdikan Tikus?
Kecerdikan
tikus adalah tikus berusaha mencari akal agar ular tidak lagi berniat
memangsanya
3. Mengapa
Ular dan Tikus dapat hidup bersama?
Ular dan tikus
dapat hidup bersama karena karena mereka saling memaafkan dan memutuskan untuk
bersahabat serta mencari makan bersama.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan tentang isi dongeng yang telah kamu dengar dari guru! Sampaikan di
depan kelas!
Dongeng
tersebut menceritakan kisah ular yang ingin memakan tikus. Karena tikus
memiliki banyak akal, tikus mengatakan kepada ular kalau dia akan sendiri jika
dia memakan tikus. Ular setuju dan memutuskan berteman dengan tikus, dan mereka
mencari makan bersama.
Ayo Mengamati
Ibu
menghidangkan 3 buah kue donat.
Setiap kue
dipotong menjadi dua potongan sama besar.
Siti, Ali, dan
Ayah mengambil masing-masing 1 potong.
Siti sangat
senang bersama keluarga di rumah.
Mengenal
Pecahan
- Pecahan merupakan bagian dari keseluruhan.
- Terdapat 1 buah donat, kemudian dibagi menjadi 2
bagian yang sama besar. 1 bagian dari 2 bagian disebut ½ .
- Jika membagi donat menjadi 2 bagian tidak sama,
maka 1 bagian tidak dapat disebut ½ .
- ½ : dibaca “setengah” atau “satu per dua” atau
“seperdua”.
Ayo Berdiskusi
1. Mengapa
dua bagian donat di samping masing-masing disebut setengah? Karena dari
satu donat utuh dibagi 2 sehingga memiliki 2 bagian donat yang sama besar. |
|
2. Mengapa
dua bagian donat di samping masing masing tidak disebut setengah? Bagian donat
tersebut tidak dapat disebut setengah karena tidak dibagi setengah dengan
ukuran yang sama besar |
|
Tulislah hasil
diskusimu!
Pada soal
nomor 1 merupakan contoh pecahan setengah karena dari satu donat utuh dibagi 2
sehingga memiliki 2 bagian donat yang sama besar. Sedangkan pada soal nomor 2
bagian donat tersebut tidak dapat disebut setengah karena tidak dibagi dua
dengan ukuran yang sama besar.
Ayo Berlatih
Lengkapilah
pernyataan berikut ini dengan tepat!
Arsirlah
setengah bagian dari gambar berikut!
Di dekat rumah
Siti terdapat Pos Penjagaan.
Di sana
terdapat kentongan.
Kita dapat
membuat bunyi kentongan bervariasi.
Bunyi yang
teratur berulang disebut birama.
Pola Ketukan
Birama
Membedakan
Bunyi Kuat dan Bunyi Lemah
Jika dua bunyi
di atas dibandingkan maka bunyi 1 lebih kuat daripada bunyi 2
Ayo Berlatih
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah!
1. Sebutkan
dua bunyi yang ada di sekitarmu! Kemudian, tentukan bunyi yang lebih kuat dan
bunyi yang lemah!
Bunyi pukulan
telapak tangan ke meja (1) dan tepuk tangan (2). Bunyi yang lebih kuat adalah
pukulan telapak tangan ke meja . Bunyi yang lebih lemah adalah tepuk tangan .
2. Siti
menyebutkan bunyi yang dihasilkan benda-benda berikut:
Bunyi yang
paling kuat adalah nomor 3 (kenthongan) Bunyi yang paling lemah adalah
nomor 2
Ayo Mencoba
Lakukan
kegiatan seperti gambar untuk membedakan bunyi kuat dan bunyi lemah!
Coba kamu
menyanyikan lagu "Cicak" dengan iringan bunyi kuat dan bunyi lemah,
bunyi kuat di bagian depan! Beberapa irama dapat digabungkan. Misalnya, irama
dari kentungan dan tongkat kayu yang dipukul.
Kalian juga
dapat membuat irama dengan memukul meja dan tepuk tangan.
Ayo
Mencoba
Ayo lakukan
permainan “Menjaring Ikan” di kolam renang bersama teman-temanmu!
Setelah
bermain “Menjaring Ikan”, Ali dan teman-temannya duduk di tepi kolam.
Ali bercerita
tentang dongeng Ular dan Tikus.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan
sikap kebersamaan yang dilakukan oleh Ular dan Tikus!
Tulis hasil
diskusi kalian!
Sikap
kebersamaan tikus dan ular adalah sebagai berikut :
1. Ular dan Tikus
pasir sama-sama hidup di gurun
2. Tikus dan ular
mencari makanan bersama-sama
Ayo Menulis
Pada kegiatan
ini siswa akan melakukan pengelompokkan jenis-jenis keberagaman
karakteristik individu di sekolah. Misalnya berdasarkan menggunakan kacamata
atau tidak, berdasarkan jenis rambut, tinggi-rendah, besar-kecil, tanggal lahir
genap-ganjil, bulan lahir, dan sebagainya.
Coba kamu
tulis nama temanmu yang membacakan dongeng tersebut berdasarkan nomor urut
presensi! (ini hanya contoh, silahkan sesuaikan dengan jumlah siswa yang ada di
kelas masing-masing)
No. |
Peran |
Presensi |
1. |
Pencerita |
1, 4, 7,
… |
2. |
Ular |
2, 5, 8, … |
3. |
Tikus |
3, 6, 9, … |
Kamu juga
dapat mengelompokkan temantemanmu berdasarkan siswa yang berbeda jenis rambut.
No. |
Pengelompokkan |
Nama Siswa |
1. |
Siswa
berambut keriting |
Membaca
naskah teks sang Ular: |
2. |
Siswa
berambut lurus |
Membaca
naskah teks Tikus: |
Selain
pengelompokan berdasarkan perbedaan tersebut, dapatkah kamu melakukan
pengelompokan berdasarkan perbedaan yang lain?
Coba amati
teman-temanmu!
Tuliskan hasil
pengamatanmu!
Hasil
pengelompokan berdasarkan: Tinggal lahir (ini hanya contoh saja, sesuaikan
dengan tanggal lahir teman-teman kalian)
No. |
Pengelompokkan |
Nama Siswa |
1. |
Siswa
bertanggal lahir genap |
Meli, Udin,
Beni, dan Dayu |
2. |
Siswa
bertanggal lahir ganjil |
Lani, Siti,
Edo dan Ali |
Alhamdulillah
untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah
anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah
anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa
yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih
atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari
kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu
guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar